Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Praktis, Jangan Panik dan Periksa Beberapa Komponen Ini

Rabu, 24 November 2021 15:22
Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Praktis, Jangan Panik dan Periksa Beberapa Komponen Ini
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Cara mengatasi laptop hang jadi hal penting untuk diketahui. Pasalnya, kini laptop sudah jadi satu barang vital bagi sebagian besar orang. Laptop biasa dipakai untuk mengerjakan berbagai keperluan, seperti belajar, bekerja, hingga berbisnis. Jika laptop tiba-tiba mengalami hang, tentu akan jadi hal yang sangat menyebalkan.

Saat laptop mengalami hang, pekerjaan akan jadi terganggu. Sebab saat mengalami hang, laptop tidak akan bisa dipakai sebagaimana semestinya. Kinerja laptop akan terhenti dan berbagai data penting yang ada di dalamnya juga jadi tidak bisa diakses. Lantas jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Ternyata, ada beberapa cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba. Berbagai cara ini, bisa memulihkan kembali kinerja laptop yang terhambat karena hang. Penasaran, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan cara dan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tutup Beberapa Aplikasi atau Program yang Berjalan

Cara mengatasi laptop hang yang pertama adalah menutup beberapa aplikasi atau program yang sedang berjalan. Untuk melakukannya, lebih dahulu kalian perlu menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Setelah itu, layar laptop akan menampilkan Windows Task Manager berisi berbagai program yang berjalan.

Langkah berikutnya, periksa program mana yang paling banyak menghabiskan sumber daya CPU dan RAM. Jika sudah menemukan program yang memakan banyak sumber daya laptop, pilih program tersebut, lalu klik tombol 'End Task'. Kemudian tutup Windows Task Manager, dan laptop akan bekerja seperti semula.

2. Gunakan Cooling Pad untuk Mencegah Overheating

Overheating menjadi salah satu penyebab laptop mengalami hang. Overheating biasa terjadi saat laptop memanas sehingga berdampak pada menurunnya kinerja prosesor. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi laptop hang adalah dengan mencegah overheating.

Cara terbaik untuk menghindari overheating adalah dengan menggunakan cooling pad atau bantalan pendingin. Pemakaian cooling pad akan menyedot udara panas yang muncul dari ventilasi laptop. Sehingga, laptop akan tetap dingin sehingga terhindar dari overheating dan hang.

3. Periksa Ketersediaan RAM

Kondisi RAM juga sangat mempengaruhi kinerja laptop. Dalam beberapa kasus, laptop hang bisa disebabkan karena RAM yang penuh atau tidak mendukung. Agar bisa berjalan normal, laptop harus mempunyai RAM yang cukup.

Yang sering terjadi, pemilik laptop sering kali menjalankan beberapa aplikasi berat (seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, AutoCAD, atau Visual Studio) secara bersamaan. Sementara kondisi RAM tidak mendukung. Hal ini yang kemudian membuat laptop kerap mengalami hang.

Oleh karena itu, jika laptop kalian kerap mengalami hang, periksa ketersediaan RAM. Gunakan aplikasi atau program yang benar-benar dibutuhkan saja. Sebab, jika dibiarkan terus menerus RAM yang tidak mencukupi dan dipaksakan bisa membuat laptop mengalami berbagai gangguan.

4. Periksa Kondisi Hard Drive

Selain RAM, kondisi hard drive juga jadi hal yang harus diperiksa ketika laptop mengalami hang. Pasalnya, hard drive yang rusak dapat menyebabkan laptop hang dan berbagai masalah lainnya.

Untuk mengecek kondisi hard drive, kalian bisa lakukan dengan menjalankan wmic diskdrive get model, status di Command Prompt. Namun, untuk mengetahui kondisi hard drive secara menyeluruh, kalian membutuhkan program CrystalDiskInfo untuk Windows. Apabila program CrystalDiskInfo tidak menunjukkan keterangan drive dalam kondisi "oke", kalian patut curiga. Sebab, bisa jadi hal inilah yang menyebabkan laptop sering mengalami hang.

5. Menginstal Windows Versi Terbaru

Dilansir dari onsitego.com, laptop hang juga bisa disebabkan karena tidak menginstal pembaruan windows atau sistem operasi tepat waktu. Hal ini berakibat pada laptop yang tidak bisa berfungsi dengan lancar. Untuk itu, cara mengatasi laptop hang berikutnya adalah disarankan untuk melakukan update atau pembaruan windows secara rutin.

6. Lakukan Reboot

Jika berbagai cara mengatasi laptop hang di atas tidak bekerja, tak ada pilihan lain selain melakukan reboot dan menghidupkan laptop kembali. Namun, jika kalian menekan tombol Ctrl + Alt + Delete tapi tidak berfungsi, itu berarti laptop benar-benar terkunci. Sehingga kalian, perlu melakukan hard reset.

Tekan dan tahan tombol beberapa saat hingga laptop benar-benar mati. Setelah itu, tekan kembali tombol power, hingga laptop kemudian kembali menyala. Sayangnya, pada beberapa program cara ini dapat berisiko hilangnya program yang sedang dikerjakan.

Namun pada beberapa program seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint biasanya dokumen akan tersimpan otomatis sebagai file cadangan. Kalian bisa memulihkannya cukup dengan membuka programnya atau melakukan navigasikan ke File - Info - Manage Document(s) - Recover Unsaved Document.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI