Apa Arti GWS dalam Bahasa Gaul? Ketahui Pula Doa dan Contoh Ucapannya

Rabu, 24 November 2021 12:44
Apa Arti GWS dalam Bahasa Gaul? Ketahui Pula Doa dan Contoh Ucapannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Mungkin kalian sudah cukup sering mendengar ungkapan "GWS" ketika sedang sakit atau kebetulan berada di sekitar orang yang sakit. Lalu sebenarnya, apa arti GWS dan mengapa sering diucapkan kepada orang yang sakit?

Pertanyaan mengenai apa arti GWS bisa dijawab secara singkat dengan "Get Well Soon". Ya, istilah tersebut memang singkatan yang berasal dari bahasa Inggris. Namun sekarang ini, singkatan tersebut sudah begitu lazim digunakan dalam bahasa Indonesia.

Meski begitu, kata ini masuk golongan bahasa slang alias tidak resmi atau tidak baku. Karena digunakan oleh banyak penutur secara terus-menerus, akhirnya istilah GWS pun makin lazim digunakan. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan apa arti GWS dan kata-kata ucapan agar cepat sembuh, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Apa Arti GWS?

"GWS" merupakan istilah yang mungkin sering kalian dengar saat berada di sekitar orang yang sedang. Jika kalian bertanya-tanya apa arti GWS, jawabannya adalah "semoga cepat sembuh" dalam bahasa Indonesia.

GWS merupakan singkatan dari "Get Well Soon" yang berasal dari bahasa Inggris. Seiring perkembangan waktu, singkatan dari istilah untuk mengungkapkan kepedulian ini justru lebih populer. Orang yang tahu maknanya pun juga semakin banyak, jadi penggunaan singkatan ini pun tak jadi masalah.

Makna baik yang terkandung dalam ungkapan GWS pun cocok diikuti dengan doa-doa baik bagi orang yang sedang sakit. Sebagai bahasa gaul, GWS kini tak hanya digunakan untuk mendoakan orang yang sedang sakit.

Mungkin, kalian juga sudah sering melihat seseorang yang menulis status sebagai ucapan GWS bagi diri sendiri. Biasanya, hal itu digunakan untuk menggambarkan kondisinya yang sedang tidak baik-baik saja. Entah karena sakit atau sedang menghadapi masalah yang cukup berat.

Setelah itu, biasanya status tersebut akan disambut komentar berisi doa-doa baik dari teman-temannya atau para warganet lain.

2. Manfaat Mengucapkan GWS

Setelah memahami apa arti GWS, kalian mungkin juga penasaran dengan manfaat jika mengucapkannya. Seperti halnya ucapan baik lainnya, memberikan doa bagi kesembuhan juga bisa memberi dampak positif. Dampak positif itu antara lain:

- Seseorang yang menerima ucapan GWS akan merasa diperhatikan dan disayangi. Perasaan itu akan menjadi kekuatan untuk segera sembuh.

- Ucapan GWS yang diikuti dengan doa bisa menjadi spirit untuk orang yang sakit untuk melawan penderitaan.

- Hubungan antara orang yang memberi dan menerima ucapan akan menjadi lebih dekat. Keduanya akan menyadari bahwa kepedulian satu sama lain memang sangat dibutuhkan.

3. Doa untuk Orang Sakit dalam Islam

Bagi kalian yang beragama Islam, terdapat doa yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW untuk orang yang sedang sakit. Selain mengetahui apa arti GWS, alangkah lebih baik jika kalian juga menerapkan ajaran sesuai agam dengan mengikuti doa-doa berikut ini.

1. Allahumma rabban nasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqaman.

(Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,)

2. As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

(Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.)

3. Menurut Riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW saat menjenguk Sa'ad bin Abi Waqqash membaca doa berikut ini:

Allahummasyfi Sa'dan. Allahummasyfi Sa'dan. Allahummasyfi Sa'dan.

(Tuhanku, sembuh kan Sa'ad. Tuhanku, sembuhkan Sa'ad. Tuhanku, sembuh kan Sa'ad,)

Dengan doa di atas, kalian bisa mengganti nama orang yang ingin didoakan.

4. Contoh Ucapan GWS

Beberapa contoh ucapan GWS ini bisa jadi referensi bagi kalian saat ingin menyampaikan doa kepada teman atau kerabat yang sedang sakit. Meski sudah mengetahui apa arti GWS, terkadang menyusun kata-kata tetap menjadi sesuatu yang tak mudah.

1. "Aku harap kamu menemukan kekuatan setiap hari. GWS ya."

2. "Sakit ini bukan penghalang untukmu. Kamu harus percaya bisa melewati semuanya, GWS ya!"

3. "Kesembuhan memang butuh waktu dan kerja keras, tapi kamu tidak sendiri. Kami selalu memikirkanmu dan berdoa untuk kesembuhanmu."

4. "Setiap hari aku memikirkan keadaanmu, aku sangat khawatir. Cepatlah sembuh, aku tahu kamu kuat."

5. "Aku yakin kesembuhan akan datang kepadamu untuk menumpas semua penyakit-penyakit itu. Jadi, mulai sekarang jangan lagi sedih atau menangis karena kamu sedang sakit. Aku di sini akan selalu menyemangatimu."

6. "Jangan lagi bersedih karena kamu sedang sakit. Tapi, kamu harus bersemangat agar segera bangun dari tempat tidur rumah sakit ini. Kita harus merayakannya apabila kamu sudah sembuh nanti."

7. "Orang-orang sudah menunggumu pulang. Suasana di rumah sakit pasti membuatmu penat. Jadi, cepatlah sembuh."

8. "Percayalah bahwa setiap penyakit selalu ada obatnya. Kamu hanya perlu berpikir positif dan bangkit dari keputusasaan."

9. "Menderita sakit bukanlah keinginan dan cita-cita manusia. Ia datang tanpa kita sadari, menghampiri diri tanpa kita inginkan. Semoga sakitmu cepat sembuh, Kawan. Segenap doa aku persembahkan demi kesembuhanmu. Amin."

10. "Semoga kamu mendapatkan jalan terbaik untuk melawan sakitmu. Di sini kami selalu berdoa untuk kesembuhanmu."

Itulah penjelasan mengenai apa arti GWS, contoh ucapan dan doa beserta manfaat yang perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI