10 Penyebab Laptop Lemot dan Bikin Ngelag, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Jum'at, 20 November 2020 14:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Laptop Lemot dan Bikin Ngelag, Lengkap dengan Cara Mengatasinya
Penyebab laptop lemot (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Laptop lemot atau berjalan dengan sangat lambat tentunya bikin greget. Terlebih jika kalian memiliki sejumlah pekerjaan yang tidak dapat ditunda dengan menggunakan laptop sebagai pendukung penyelesaian tugas. Namun ternyata ada sejumlah penyebab laptop lemot dan bikin ngelag mulai dari virus hingga penumpukan debu.

Laptop menjadi salah satu bagian dari peralatan digital yang kini keberadaannya sangat familiar di masyarakat. Laptop juga termasuk komputer namun dalam versi yang lebih simpel, sederhana serta praktis. Tak seperti komputer, laptop memiliki daya baterai yang terpasang pada bagian dalamnya hampir serupa layaknya smartphone.

Meski begitu laptop memiliki sejumlah komponen yang serupa seperti komputer mulai dari hard disk, LCD, keyboard, ataupun rangkaian lainnya. Penggunaan laptop banyak dipilih karena kepraktisan dalam menggunakan, harga terjangkau, serta lebih efisien. Aplikasi dan software dalam laptop bahkan semakin canggih serta memanjakan user atau penggunanya dengan beragam fasilitas.

Namun sayangnya ada beberapa kendala paling umum terjadi dalam penggunaan laptop seperti mengalami lemot, cepat panas atau daya baterai yang boros. Penyebab laptop lemot sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor. Laptop lemot tersebut terkadang bikin emosi pengguna serta mengalami ngelag atau bahkan hang. Kondisi ini tentunya tak diharapkan pengguna laptop terlebih jika memiliki banyak pekerjaan atau tugas menumpuk.

Untuk itu penting memahami penyebab laptop lemot agar mengetahui faktor apa yang menyebabkan laptop kalian mengalami lemot. Adapun penyebab laptop lemot sebagai berikut dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Laptop Karena Virus

Penyebab laptop lemot yang pertama dapat disebabkan karena virus. Namun virus ini bukan seperti virus yang menyerang manusia pada umumnya, melainkan bentuk virus berupa malware sejenis perangkat lunak yang membahayakan sistem operasi laptop. Adanya virus dalam laptop ini dapat diperoleh pengguna dari jaringan internet yang tidak aman atau saat membuka atau mengunduh sejumlah situs website yang mencurigakan hingga menyebabkan laptop mudah terinfeksi.

Sejenis malware tersebut bisa menyebabkan laptop lemot bahkan menyerang memori serta program file lain di laptop. Selain itu virus malware tidak dapat dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja lantaran dapat mencuri informasi pribadi kalian. Pembersihan perlu dilakukan untuk mencegah dan menghapus malware atau virus dari dalam laptop.

 

2. Laptop Lemot Karena Banyak Menjalankan Aplikasi

Penyebab laptop lemot juga dapat terjadi karena adanya program aplikasi yang berjalan di layar background. Kondisi ini dapat menyebabkan laptop mengalami lemot bahkan ngelag. Bukan hanya menyebabkan laptop lemot, melainkan juga bisa memengaruhi penggunaan baterai laptop yang boros. Terlebih jika kalian memiliki kapasitas RAN yang rendah dengan penggunaan aplikasi dalam satu waktu akan semakin membuat laptop ngelag.

Cara paling mudah mengatasi laptop lemot karena aplikasi yakni dengan menutup sejumlah aplikasi yang sekiranya memiliki daya cukup besar saat dijalankan. Caranya kalian bisa menuju task manager laptop lalu menutup aplikasi yang menghabiskan daya memori, baterai, atau CPU cukup besar.

 

3. Laptop Lemot Karena Memiliki Banyak Program Starup

Ini dapat terjadi saat kalian terlalu banyak membuka program. Sebab sejumlah program starup tersebut biasanya akan meminta izin untuk dijalankan saat kalian mem-boot komputer. Selain itu sejumlah program juga bisa secara otomatis berjalan tanpa meminta izin saat kalian menyalakan komputer.

Cara mengatasi laptop lemot karena banyak program starup tersebut bisa dilakukan dengan mengatur program yang kalian pilih untuk tetap dijalankan saat mem-boot laptop. Caranya cukup dengan buka tab starup bagian task manager, lalu pilih aplikasi yang sekiranya memakan daya, kapasitas memori cukup besar, lalu klik kolom starup impact dan pilih program lalu non-aktifkan.

 

4. Laptop Lemot Karena Perlu Update OS

Penyebab laptop lemot juga bisa terjadi karena sistem operasi jarang dilakukan update. Terlambatnya melakukan pembaruan sistem operasi bisa menyebabkan laptop menjadi lebih lambat atau lemot. Kondisi ini juga bisa membuat laptop lebih rentan terinfeksi malware atau virus yang memberi dampak buruk terhadap sistem kerja laptop kalian.

Melansir dari hellotech.com, biasanya windows meluncurkan pembaruan fitur utama dua kali setahun. Sedangkan untuk meningkatkan keamanan atau memperbaiki sistem program lainnya biasanya dirilis setiap  bulan. Untuk mengetahui apakah OS kalian perlu update terbaru bisa dilakukan dengan klik ikon kaca pembesar pada sudut kiri layar, lalu ketik update pada pencarian bar tersebut buka, dan pilih unduh jika ada pembaruan yang tersedia.

 

5. Laptop Lemot Karena Banyak File Tidak Diperlukan

Laptop dapat mengalami lemot atau lambat jika kalian juga menyimpan atau memiliki file yang tidak diperlukan. Dalam hal ini kaitannya adalah dengan file sementara yang biasanya diakhiri dengan ".tmp" atau dimulai dengan tanda tilde atau dollar. File ini biasanya akan terhapus setelah kalian menutup program atau aplikasi. Namun sejumlah kejadian, file tersebut justru disimpan hingga menumpuk dan mengakibatkan laptop mengalami lemot karena memakan kapasitas memori.

Kalian dapat mengatasinya dengan cara menghapus file sementara dengan klik ikon pencarian di sudut kiri bawah layar, lalu ketik pembersihan disk, dan bukan. Pilih drive lalu bersihkan dan klik ok. Lalu kalian dapat pilih dengan centang kotak di samping file sementara dan klik ok lagi.

 

6. Laptop Lemot Karena Hard Drive Sudah Lama

Penyebab laptop lemot juga dapat terjadi karena hardisk yang sudah lama. Sehingga diperlukan update atau pembaruan hardisk untuk mengatasi laptop lemot atau lambat. Sebab diketahui hard sik drive atau HDD memiliki batas usia selama tiga tahun hingga lima tahun. Sedangkan solid state drive atau SDD terdiri dari chip memori flash serta lebih cepat daripada hdd. Untuk mengatasinya kalian bisa menghubungi jasa servis laptop untuk memasangkan atau memperbarui hard disk kalian.

 

7. Laptop Lemot Karena RAM yang Kecil

Laptop lemot juga dapat terjadi karena memiliki daya penyimpanan atau memori RAM yang kecil. Kondisi ini bisa menyebabkan laptop mengalami lambat karena besarnya penyimpanan yang tidak sesuai dengan kapasitas RAM. Biasanya RAM 2-4 gb digunakan untuk pengolah kata dan internet. Namun jika kalian menggunakan laptop untuk multitasking daam artian berhubungan dengan grafis mungkin membutuhkan kapasitas RAM 8-16 gb. Meski begitu sejumlah kejadian penambahan laptop juga tidak selalu dapat mempercepat pengoperasian. Untuk itu diperlukan jumlah minimun RAM.

 

8. Laptop Lemot Karena Hard Disk Penuh

Hard disk yang penuh juga dapat menyebabkan laptop mengalami hang atau lemot. Biasanya kondisi ini dapat terjadi jika pemakaian hard disk hampir penuh mencapai 95 persen. Kalian dapat memilih dan mengatur file atau program yang sekiranya memakan banyak memori dan daya atau hard disk untuk menghapus file sementara.

 

9. Laptop Lemot Karena Browser Terlalu Banyak Add-On

Terlalu banyak add-on saat menjalankan browser juga berdampak pada laptop yang lemot. Kondisi ini juga memakan banyak daya baterai. Untuk itu ketelitian dalam penggunaan add-on pada browser perlu dilakukan agar mencegah laptop mengalami lemot atau lambat.

 

10. Laptop Lemot Karena Banyak Tab Browser Terbuka

Menjelajah internet saat ini sudah termasuk kebutuhan yang tak dapat terlepas dari kehidupan. Kalian pun mungkin pernah membuka banyak tab browser dalam satu waktu. Namun kondisi tersebut justru dapat menyebabkan laptop lambat dan memakan banyak memori. Kalian dapat menutup beberapa tab tersebut untuk mengatasi laptop lambat.

Nah itulah 10 penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya. Beberapa penyebab di atas mungkin dialami berbeda dengan masalah yang kalian alami terkait penggunaan laptop. Jasa servis mungkin dapat berguna untuk kalian dalam mengatasi masalah laptop yang terjadi.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI