Cara Mengeluarkan Akun Gmail di Laptop atau HP yang Hilang

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

Cara Mengeluarkan Akun Gmail di Laptop atau HP yang Hilang
Cara mengeluarkan akun Gmail (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Akun Gmail berfungsi sebagai master info untuk masuk Google. Akun Gmail sendiri terdiri atas alamat email dan sandi tunggal. Akun Gmail penting untuk dimiliki karena untuk menjadi syarat mendaftarkan akun di berbagai aplikasi. Sehingga menjaga kerahasiaan Gmail harus dilakukan namun bagi kalian yang ingin tahu cara mengeluarkan akun Gmail milik kalian di perangkat orang lain atau pada perangkat yang sudah hilang, bisa juga dilakukan.

Gmail menjadi salah satu aplikasi komunikasi dalam berbagai hal penting, seperti bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi. Sehingga penting untuk kita tahu cara mengeluarkan akun Gmail di perangkat orang lain, sehingga informasi milik kalian tidak tersampaikan pada orang tersebut. Karena Google akan mengirimkan berbagai kode penting saat kita melakukan berbagai transaksi secara mobile.

Lupa mengeluarkan Gmail akan sangat berbahaya. Karena ada banyak data pribadi yang mungkin sangat rahasia milik kalian. Sehingga kalian perlu tahu dan mengerti cara mengeluarkan akun Gmail, baik di handphone, PC, hingga laptop. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa mengeluarkan akun Gmail melalui aplikasi hingga berangkat yang hilang. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Fungsi Akun Gmail

Akun Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Di mana pengguna bisa menikmati berbagai manfaat ketika memiliki akun Gmail. Misalnya saja untuk komunikasi, transaksi bahkan mengunduh aplikasi tertentu di Play Store.

Selain itu juga akun Gmail terhubung dengan beberapa layanan. Kalian juga bisa log in ke berbagai situs web resmi dengan menggunakan akun Gmail. Selain itu masih banyak lagi fungsi akun Gmail, apa saja itu? Berikut beberapa fungsi akun Gmail yang bisa kalian ketahui:

1. Memudahkan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store.

2. Mengamankan dan Melacak ponsel ketika hilang.

3. Dapat melakukan log in ke berbagai situs web resmi dengan menggunakan akun Gmail.

4. Menyimpan data di Google Drive tanpa khawatir rusak ataupun hilang.

5. Memudahkan menggunakan aplikasi media sosial yang memerlukan akun Gmail.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Mengeluarkan Akun Gmail Melalui Aplikasi

Cara mengeluarkan akun Gmail yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi. Yup! Setiap HP pasti sudah memiliki aplikasi Gmail, dan kalian bisa mengeluarkan akun Gmail ini melalui aplikasi. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan sebagai cara mengeluarkan akun Gmail melalui aplikasi:

1. Pertama, silahkan kalian buka aplikasi Gmail pada smartphone android kalian.

2. Setelah itu, kalian bisa klik ikon garis tiga pada pojok kiri atas.

3. Lalu klik pada foto profil akun Gmail yang ingin kalian keluarkan sampai muncul tulisan "Kelola Akun", lalu klik tulisan tersebut.

4. Kemudian akan muncul akun gmail yang ada pada smartphone kalian. Bila sudah, kalian bisa langsung klik akun Gmail yang ingin kalian logout atau keluarkan.

5. Selanjutnya, untuk mengeluarkan akun tersebut, kalian bisa langsung dapat klik "Hapus Akun".

6. Setelah selesai, maka akun Gmail kalian sudah berhasil logout dari smartphone android melalui aplikasi.

 

3. Cara Mengeluarkan Akun Gmail di iPhone dan iPad (iOS)

Bagi kalian yang merupakan pengguna Iphone, maka cara log out akun Gmail agak sedikit berbeda dibanding melalui android ya KLovers. Namun tidak sesulit itu kok, berikut ini beberapa cara mengeluarkan akun Gmail di Iphone dan iPad (iOS):

1. Cara yang pertama yaitu dengan membuka aplikasi Gmail. Setelah itu, klik opsi menu di kiri atas.

2. Lalu kalian bisa klik akun kamu yang berbentuk foto.

4. Dilanjutkan dengan klik "Kelola Akun" atau "Manage Account".

5. Dan yang terakhir, kalian bisa klik edit lalu hapus. Selesai, maka akun Gmail kalian akan keluar.

 

4. Cara Mengeluarkan Akun Gmail Lewat Pengaturan

Selain melalui aplikasi, kalian juga bisa mengeluarkan akun Gmail melalui setelan atau setting di HP kalian. Tentu saja, cara mengeluarkan akun Gmail ini juga sangat mudah dan praktis. Berikut beberapa cara mengeluarkan akun Gmail melalui setting atau setelan di HP:

1. Cara yang pertama yaitu, kalian bisa membuka menu setelan pada smartphone android kalian.

2. Kemudian setelah itu kalian bisa pilih "Pengguna & Akun". Maka akan muncul beberapa akun yang ada pada smartphone.

3. Pilihlah akun Gmail yang ingin kalian keluarkan. Lalu untuk logout silahkan kalian pilih "Hapus Akun".

4. Selesai, akun Gmail milik kalian akan terhapus atau keluar di HP tersebut.

 

5. Cara Mengeluarkan Akun Gmail Melalui Browser

Sebagian orang yang biasa akses Gmail melalui browser. Maka kalian bisa kok mengeluarkan akun Gmail melalui browser. Tentu ini berguna sebagai bentuk keamanan, tak ada salahnya kalian melakukan logout Gmail yang sebelumnya kalian akses lewat browser. Cara mengeluarkan akun Gmail juga sangatlah mudah dan praktis loh. Berikut ini cara mengeluarkan akun Gmail tersebut:

1. Cara pertama yaitu, kalian cukup tap nama akun Google atau Gmail kalian. Selanjutnya, pada halaman utama gmail, tap ikon opsi yang terletak di sudut kiri atas.

2. Bila sudah, setelah itu tap nama akun Gmail milik kalian.

3. Lanjut, pilih sign out. Dengan begitu kalian akan diarahkan ke halaman awal, yaitu posisi dimana kalian harus memasukkan sandi jika ingin masuk.

4. Setelah sandi dimasukkan otomatis maka kalian akan keluar dari gmail kalian.

 

6. Cara Mengeluarkan Akun Gmail di Perangkat yang Hilang

Bagi kalian yang kehilangan akun Gmail di perangkat kalian, maka tetap bisa kok mengeluarkan akun tersebut. Dan cara mengeluarkan akun Gmail di perangkat yang sudah hilang tidak sulit. Berikut ini beberapa cara mengeluarkan akun Gmail di perangkat yang hilang tersebut:

1. Buka browser dan akses akun Gmail tersebut.

2. Kemudian, klik bagian foto profil di pojok kanan atas.

3. Setelah itu, kalian bisa pilih "manage your Google account".

4. Lalu, pilih tab "security", lalu klik tombol "manage devices" yang ada di sisi kiri bawah.

5. Selanjutnya, akan muncul daftar perangkat yang telah log in menggunakan akun Gmail tersebut.

6. Kalian bisa cari perangkat yang telah hilang tersebut. Setelah ketemu, klik tombol "menu" (ikon titik tiga horisontal) yang ada di sisi atas kanan.

7. Terakhir, kalian bisa langsung pilih "sign out".

 

7. Cara Mengeluarkan Akun Gmail di PC atau Laptop

Dan yang terakhir yaitu ada cara mengeluarkan akun Gmail. Cara mengeluarkan akun Gmail tidak jauh berbeda bila melalui HP ya KLovers. Berikut ini beberapa cara mengeluarkan akun Gmail melalui PC atau Laptop:

1. Pertama, kalian cukup klik foto profil akun Gmail kalian. Posisi foto profil itu letaknya ada di sudut kanan atas.

2. Kemudian setelah itu akan muncul pop-up, dan kalian bisa pilih saja "Sign Out".

3. Selesai, dengan begitu kalian sudah logout dari akun Gmail yang ada di laptop ataupun PC.

Itulah beberapa cara mengeluarkan akun Gmail yang bisa kalian lakukan, baik menggunakan aplikasi hingga menggunakan PC atau Laptop. Bahkan kalian bisa mengeluarkan akun Gmail di perangkat yang hilang. Selamat mencoba KLovers.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending