Arti Verifikasi Akun Sosial Media dan Caranya, Ketahui Juga Fungsinya

Kamis, 20 Januari 2022 15:22
Arti Verifikasi Akun Sosial Media dan Caranya, Ketahui Juga Fungsinya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Verifikasi akun sosial media bukan hal baru lagi bagi pengguna sosmed. Pasalnya, setiap platform sosial media menyediakan fitur untuk mengajukan verifikasi akun.

Salah satu tanda akun sudah terverifikasi biasanya mendapatkan ikon centang berwarna biru. Sejumlah sosial media menyebutnya dengan istilah lencana verifikasi. Buat pengguna baru sosial media mungkin saja dibuat bingung dengan arti verifikasi akun.

Karena itulah sebelum tahu apa arti verifikasi akun sosial media, pahami dulu makna dan arti verifikasi di kamus. Namun sebenarnya, arti verifikasi bisa digunakan dalam berbagai topik baik itu verifikasi data dan pernyataan.

Jika kalian masih bingung memahami apa arti verifikasi, berikut ini ulasan lengkapnya. Adapun arti verifikasi akun sosial media menurut KBBI dapat kalian simak sebagai berikut. Ini arti verifikasi yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Verifikasi di KBBI

Istilah verifikasi tentu sudah sering kalian dengar. Biasanya, istilah verifikasi ini menjadi syarat pembuatan akun ataupun pemeriksaan data. Sudah sangat familiar dengan istilah verifikasi, apakah kalian tahu apa arti verifikasi sebenarnya?

Memahami arti verifikasi juga penting kalian ketahui. Apalagi istilah ini sangat sering dipakai dalam berbagai hal baik berkaitan dengan teknologi digital ataupun keperluan administrasi umum. Untuk tahu apa arti verifikasi, kalian bisa melihatnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di mana, arti verifikasi jika merujuk pada KBBI online adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan atau pernyataan.

Sementara itu, ada arti verifikasi di KBBI yang dapat terkait dengan perhitungan uang. Meski begitu verifikasi ini juga dapat berkaitan dengan berbagai hal yang membutuhkan pemeriksaan kebenaran suatu data atau pernyataan. Itulah arti verifikasi jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

2. Arti Verifikasi Akun Sosial Media

Arti verifikasi bisa digunakan untuk berbagai hal dan keperluan. Salah satunya tentang verifikasi akun sosial media yang kerap digunakan oleh kalangan publik figure. Cara menandakan akun sosial media yang sudah terverifikasi biasanya terdapat tanda centang biru. Ya, kalian mungkin sudah sangat familiar dengan tanda centang biru sejumlah akun sosial media yang dikenal dengan istilah verifikasi.

Namun apa sebenarnya arti verifikasi akun sosial media? Arti verifikasi akun sosial media adalah menandakan bahwa akun tersebut terpercaya, asli, resmi, atau akun yang dimiliki seorang publik figure, tokoh, selebgram, ataupun artis.

Meski begitu, sejumlah akun sosial media milik publik figure terkadang juga tidak terdapat tanda verifikasi atau centang biru di samping nama akun. Pasalnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pemilik akun sosial media untuk melakukan verifikasi akun mereka.

Di antara syarat verifikasi akun sosial media ini juga tergantung pada platform yang ingin kalian buat. Misalnya saja melakukan verifikasi akun sosial media untuk Instagram, Facebook, dan Twitter punya cara dan syarat yang ditetapkan.

Contohnya saja jika kalian akan melakukan verifikasi akun Facebook, maka ada uji kelayakan akun. Melalui uji kelayakan akun ini nantinya pihak Facebook akan mengecek apakah akun kalian layak untuk mendapatkan lencana terverifikasi berwarna biru ataupun tidak. Itulah arti verifikasi akun sosial media yang perlu diketahui.

3. Kegunaan dan Fungsi Verifikasi

Setelah mengetahui apa arti verifikasi di KBBI dan akun sosial media, pahami juga apa sebenarnya kegunaan serta fungsi melakukan verifikasi. Seperti penjelasan mengenai apa arti verifikasi sebelumnya yakni pemeriksaan kebenaran data dan pernyataan, maka melakukan verifikasi juga punya kegunaan.

Ya, arti verifikasi dan fungsinya pada sebuah akun sebenarnya bermanfaat untuk mengamankan akun kalian. Sehingga dapat meminimalisir tindak kejahatan dan pencurian data. Misalnya saja untuk akun Whatsapp ada fitur melakukan verifikasi 2 langkah. Nah, fungsinya adalah untuk meningkatkan keamanan akun.

Sedangkan arti verifikasi dan fungsinya untuk akun sosial media dapat menandakan jika akun tersebut resmi dan asli. Artinya, pengguna lain akan mudah menemukan akun kalian serta bisa meyakinkan pengikut. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika kalian melakukan verifikasi akun sosial media untuk bisnis.

Selain itu ada juga verifikasi data untuk penelitian. Di mana ada beberapa tujuan melakukan verifikasi data penelitian. Melansir dari liputan6.com bersumber dari penelitianilmiah.com, di antara tujuan verifikasi dapat berfungsi mengecek data apakah akurat atau tidak. Kedua, verifikasi data bisa membantu menekan biaya penelitian. Selain itu verifikasi juga bisa membantu memilih data yang berkualitas ataupun kredibel. Hasilnya nanti dapat berpengaruh pada penelitian yang lebih berkualitas dan baik.

Itulah arti verifikasi dan kegunaannya yang perlu diketahui. Sehingga menjadi informasi buat kalian dalam memahami apa arti verifikasi.

4. Cara Verifikasi Akun Sosial Media

Ada beberapa cara melakukan verifikasi akun sosial media. Cara verifikasi akun sosial media ini tergantung pada platform sosial media yang kalian pilih. Pasalnya langkah untuk cara verifikasi akun sosial media berbeda di setiap platformnya. Nah, berikut ini informasi mengenai cara verifikasi akun sosial media yang bisa dijadikan referensi buat kalian.

1. Cara Verifikasi Akun Facebook

Untuk melakukan verifikasi akun Facebook pastikan akun kalian sudah memenuhi uji kelayakan mendapatkan lencana verifikasi. Di antaranya yakni akun unik, akun sudah lengkap, akun autentik, akun mudah dikenali orang lain.

Selanjutnya kalian bisa mengisi data yang disediakan oleh Facebook untuk melakukan verifikasi. Nantinya ada beberapa data yang perlu kalian siapkan untuk proses verifikasi. Di antaranya seperti identitas diri, kategori akun, negara, dan lain sebagainya. Setelah melengkapi data-datanya, klik Send untuk mendapatkan lencana verifikasi akun Facebook. Nantinya pengajuan verifikasi akun Facebook kalian akan diproses dalam beberapa waktu. Pemberitahuan berhasil tidaknya melakukan verifikasi juga akan dikirimkan pihak Facebook.

2. Cara Verifikasi Akun Instagram

Sedangkan untuk melakukan verifikasi akun Instagram, langkahnya juga cukup simpel. Kalian hanya perlu masuk ke akun yang akan diverifikasi lalu membuka menu Pengaturan. Nantinya akan ada opsi Minta Verifikasi. Nah, masukkan data-data yang dibutuhkan dan mengisi formulir verifikasi. Apabila sudah lengkap bisa klik Kirim atau Send.

Itulah pembahasan mengenai arti verifikasi di KBBI dan akun sosial media. Semoga dapat membantu kalian memahami makna dari arti verifikasi.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI