Cara Registrasi Kartu Axis untuk Pelanggan Baru Maupun Pelanggan Lama

Senin, 13 September 2021 14:55 Penulis: Dhia Amira
Cara Registrasi Kartu Axis untuk Pelanggan Baru Maupun Pelanggan Lama
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Axis menjadi salah satu kartu perdana yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali layanan yang dimiliki oleh Axis, dan saat ini layanan Axis mencakup 80% wilayah di Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi serta tersedia lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia. Bagi kalian yang menggunakan kartu perdana Axis, tentu harus mengetahui cara registrasi kartu Axis tersebut.

Axis merupakan layanan seluler di Indonesia yang dimiliki oleh XL Axiata, anak perusahaan Grup Axiata. Axis menyediakan layanan 2G, 3G, 4G dan BlackBerry secara nasional dan internasional, mencakup 382 mitra roaming internasional di 159 negara. Salah satunya yaitu negara Indonesia, namun untuk menggunakan kartu ini atau kartu perdana lainnya kita harus mengetahui cara registrasi, terutama untuk kartu Axis.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tahapan atau cara registrasi kartu Axis yang bisa kalian lakukan sendiri dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara tersebut. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Registrasi Kartu Axis Secara Manual

Untuk cara registrasi kartu Axis yang pertama yaitu, kalian bisa mulai registrasi kartu Axis secara manual. Dan berikut ini cara yang bisa dilakukan saat kalian mengaktifkan nomor perdana tersebut secara pertama kali:

1. Nantinya akan muncul jendela pop up yang meminta kalian untuk melakukan registrasi kartu. Tekan opsi "OK" untuk menutup jendela tersebut.

2. Lalu kalian hanya perlu mengisi formulir yang tersedia dengan nomor NIK dan nomor KK. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar ya KLovers, dan sesuai dengan guideline yang diberikan. Setelah itu bisa tekan "OK".

3. Bila sudah berhasil, kalian bisa melakukan restart pada smartphone. Selesai, maka kalian bisa menikmati berbagai layanan milik Axis.

 

2. Registrasi Kartu Axis Melalui SMS

Selain cara manual, kalian bisa loh registrasi kartu Axis dengan melalui pesan singkat atau SMS. Caranya juga tidak sulit kok, hanya melakukan beberapa tahapan untuk bisa registrasi. Berikut ini cara registrasi kartu Axis melalui pesan singkat tersebut:

1. Pertama kalian bisa masuk ke beranda pesan singkat.

2. Setelah masuk, kalian bisa membuat pesan baru dengan format pesan DAFTAR#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA dan kirim pesan tersebut ke nomor 4444.

3. Kemudian nantinya SMS balasan dari nomor tersebut akan muncul dengan instruksi yang perlu kalian ikuti untuk menyelesaikan proses registrasi.

4. Setelah proses pendaftaran kartu perdana selesai, kalian bisa melakukan restart pada smartphone untuk mulai menikmati layanan kartu Axis.

 

3. Registrasi Kartu Axis Melalui SMS untuk Pelanggan Lama

Bagi kalian yang merupakan pelanggan dari Axis dan ingin mengganti nomor namun masih menggunakan layanan Axis, maka kalian bisa melakukan registrasi dengan cara berikut ini:

1. Pertama kalian bisa pakai layanan SMS. Buka beranda SMS dan buat pesan baru.

2. Lalu, kirimkan pesan SMS ke nomor 4444 dengan format ULANG#NIK (berjumlah 16 digit)#NOMOR KARTU KELUARGA.

3. Kemudian nantinya SMS balasan dari nomor tersebut akan muncul dengan instruksi yang perlu kalian ikuti untuk menyelesaikan proses registrasi.

4. Setelah proses pendaftaran kartu perdana selesai, kalian bisa melakukan restart pada smartphone untuk mulai menikmati layanan kartu Axis.

 

4. Cara Cek Registrasi Kartu Axis

Bagi kalian yang masih ragu, apakah nomor ini sudah melakukan registrasi atau belum. Kalian bisa loh melakukan pengecekan. Caranya juga tidak sulit kok KLovers, kalian hanya perlu menghubungi nomor *123*4444# melalui menu panggilan di ponsel. Jika registrasi berhasil, pada layar akan menampilkan nomor Axis lengkap dengan NIK dan Nomor KK yang sudah didaftarkan sebelumnya.

 

5. Cara Cek Nomor Axis yang Terdaftar di NIK

Kemudian kalian juga bisa loh mengetahui apakah nomor Axis yang kalian miliki sudah terdaftar di NIK atau belum. Karena nomor yang terdaftar di NIK tidak lebih dari 3 nomor. Maka kalian harus mengetahui apakah nomor tersebut sudah terdaftar atau belum. Berikut ini cara cek nomor Axis yang terdaftar di NIK:

1. Untuk cara pertama yaitu, kalian bisa buka axis.co.id/cek-nik

2. Setelah itu, kalian bisa masukkan NIK yang digunakan untuk registrasi.

3. Lalu centang kolom "Syarat dan Ketentuan", kemudian dialnjutkan dengan masukkan captcha.

4. Klik "Cek NIK", maka Axis akan menampilkan informasi terkait NIK dan nomor kartu.

 

 

6. Bila Tidak Registrasi Kartu Axis

Setelah mengetahui berbagai cara registrasi kartu Axis, maka kalian juga perlu mengetahui pentingnya sebuah registrasi kartu. Dan berikut ini alasan mengapa kalian perlu melakukan registrasi:

1. Pada alasan pertama, bila kalian tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 hari sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang. Maka kalian akan mendapatkan pemblokiran layanan, seperti panggilan keluar dan layanan pesan singkat keluar (SMS) oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.

2. Kemudian kalian juga akan mendapatkan pemblokiran layanan panggilan masuk dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 hari sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin pertama.

3. Dan yang terakhir yaitu, kalian akan mendapatkan pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 hari sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin kedua.

Itulah beberapa cara registrasi kartu Axis yang bisa kalian lakukan, baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama. Semoga cara registrasi kartu Axis di atas dapat membantu kalian. Selamat mencoba KLovers.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI