4 Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal Beserta Solusinya, Kenali Penyebab Tidak Bisa Aktivasi

Rabu, 24 November 2021 13:44
4 Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal Beserta Solusinya, Kenali Penyebab Tidak Bisa Aktivasi
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Registrasi kartu SIM seluler juga bisa mengalami kegagalan. Salah satunya bisa terjadi pada pengguna provider XL. Solusi untuk cara registrasi kartu XL yang gagal sebenarnya bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya.

Registrasi kartu perlu dilakukan untuk semua jenis provider. Baik pelanggan baru ataupun lama, memiliki aturan melakukan registrasi kartu. Namun ada juga kasus yang mungkin terjadi yakni mengalami registrasi kartu XL gagal.

Cara registrasi kartu XL yang gagal bisa terjadi karena beberapa penyebab. Salah satu kemungkinan cara registrasi kartu XL yang gagal adalah kesalahan dalam memasukkan atau mengisi identitas data diri. Jika hal tersebut penyebabnya, tentu solusi cara registrasi kartu XL yang gagal bisa dilakukan dengan mengulang registrasi.

Adapun penjelasan lengkap tentang cara registrasi kartu XL yang gagal dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut cara registrasi kartu XL yang gagal dan solusinya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Registrasi Kartu XL Nomor Baru

Sesuai kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah melalui Kominfo, setiap kartu SIM seluler perlu melakukan registrasi. Registrasi atau pendaftaran kartu SIM seluler dapat dilakukan untuk nomor baru ataupun nomor lama. Di mana dengan melakukan registrasi kartu maka pengguna bisa menikmati beragam layanan dan fitur. Selain itu dengan registrasi kartu, maka dapat meningkatkan keamanan penggunaan kartu seluler dan terhindar dari penyalahgunaan data. Sebab itulah pentingnya melakukan registrasi kartu SIM seluler.

Jika kalian termasuk pengguna kartu XL, cara registrasi kartu XL untuk nomor baru  berikut ini penting diketahui. Sehingga memudahkan kalian melakukan registrasi kartu XL pada nomor baru. Yuk simak ulasannya tentang cara registrasi kartu XL nomor baru.

- Pertama buka menu pesan di ponsel kalian.

- Selanjutnya buat SMS baru dengan format DAFTAR#NIK#NomorKK. Contohnya, DAFTAR#3646839399#299203839.

- Lalu kirim SMS tersebut ke Nomor 4444.

- Selesai, tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan melalui SMS tentang proses registrasi kartu prabayar bagi pelanggan baru.

Itulah cara registrasi kartu XL untuk pelanggan baru. Sehingga memudahkan kalian dalam melakukan pendaftaran kartu secara resmi.

2. Cara Registrasi Kartu XL Nomor Lama

Setelah tahu cara registrasi kartu XL bagi pelanggan baru, penting juga tahu cara aktivitas ulang bagi pelanggan lama. Sebenarnya cara registrasi kartu XL nomor lama tak kalah mudah dan praktis. Adapun beberapa langgan cara registrasi kartu XL bagi pelanggan lama dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Pertama buka menu pesan di ponsel kalian.

- Selanjutnya buat SMS baru dengan format ULANG#NIK#NomorKK. Contohnya, ULANG#436476764#12937383.

- Lalu kirim SMS tersebut ke Nomor 4444.

- Selesai, tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan melalui SMS tentang proses registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama.

3. Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal

Pertanyaan lain muncul ketika proses registrasi kartu XL ternyata gagal. Lalu apa yang harus dilakukan ketika cara registrasi kartu XL yang gagal. Sebelum tahu cara registrasi kartu XL yang gagal serta solusinya, simak dulu apa penyebab registrasi kartu XL gagal. Pasalnya dengan mengetahui penyebab registrasi kartu XL gagal bisa memudahkan kalian mencari solusi cara registrasi kartu XL yang gagal.

Ada beberapa penyebab registrasi kartu XL gagal. Penyebab registrasi kartu XL gagal salah satunya dapat terjadi ketika salah memasukkan data dan syarat untuk aktivasi kartu. Namun tak hanya itu, ada penyebab lain yang juga bisa jadi salah satu faktor cara registrasi kartu XL yang gagal. Berikut ini beberapa indikasi penyebab registrasi kartu XL gagal.

1. Kesalahan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Format pesan untuk registrasi kartu XL yang gagal ternyata salah atau tidak tepat.

3. Kartu XL sudah hangus atau mati.

Itulah beberapa penyebab registrasi kartu XL gagal secara umum. Sehingga ketahui dulu apa penyebab registrasi kartu XL kalian mengalami kegagalan atau tidak bisa aktivasi.

4. Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal dan Solusinya

Setelah tahu penyebab registrasi kartu XL gagal, ada beberapa cara registrasi kartu XL yang gagal dan solusinya. Tentu ini penting kalian ketahui jika mengalami kegagalan registrasi kartu XL. Jangan panik dulu, sebab ada cara registrasi kartu XL yang gagal. Berikut ini beberapa solusi cara registrasi kartu XL yang gagal.

1. Jika penyebab registrasi kartu XL gagal adalah data-data yang dimasukkan pada saat aktivasi salah, maka dapat memeriksanya kembali. Cobalah cek ulang apakah NIK atau nomor KK kalian untuk proses registrasi kartu XL ternyata tidak benar. Nah, jika hal ini penyebabnya maka dapat memasukkan ulang data dengan benar sesuai NIK dan nomor KK.

2. Cek format registrasi kartu XL sesuai dengan ketentuan dan syaratnya. Cara registrasi kartu XL yang gagal selanjutnya adalah dengan memeriksa ulang format registrasi kartu XL kalian. Jika hal ini penyebabnya, maka dapat mengulang kembali registrasi kartu XL sesuai format yang sudah ditetapkan.

3. Cara registrasi kartu XL yang gagal padahal data dan format SMS sudah benar maka melakukan registrasi kembali. Bukan hanya sekali untuk mengulang cara registrasi kartu XL yang gagal. Sebab diketahui bahwa untuk melakukan registrasi, maksimal pengguna bisa mengirim ulang aktivasi kartu sebanyak lima kali. Sehingga solusi untuk cara registrasi kartu XL yang gagal adalah dapat mengulang dan mengirimkan format registrasi sebanyak lima kali. Ulangi proses registrasi kartu XL yang gagal hingga kalian mendapatkan pemberitahuan sukses melakukan aktivasi.

4. Cara registrasi kartu XL yang gagal berikutnya adalah dengan menghubungi call center XL. Hal ini menjadi cara terakhir yang bisa kalian lakukan jika tetap mengalami kegagalan dalam proses registrasi. Kalian bisa menghubungi call center XL melalui nomor resmi di 817 atau datang XL Center terdekat tempat tinggal kalian.

Itulah beberapa cara registrasi kartu XL yang gagal dan solusinya. Sehingga dapat memudahkan kalian tahu solusi ketika mengalami kegagalan registrasi kartu XL.

5. Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal untuk Aktivasi Paket Data

Tak hanya cara registrasi kartu XL yang gagal, ada juga beberapa kasus tentang gagalnya aktivasi paket data. Tentunya hal ini memunculkan pertanyaan tentang penyebab cara registrasi kartu XL yang gagal untuk aktivasi paket data. Sebenarnya salah satu kemungkinan aktivasi paket data XL gagal adalah karena kartu kalian belum diregistrasi ulang.

Nah, jika kalian termasuk pelanggan lama yang belum melakukan registrasi kartu XL, maka solusi mengatasi kegagalan aktivasi paket data adalah dengan registrasi ulang. Format untuk registrasi ulang kartu XL jika mengalami kegagalan aktivasi paket data maka dapat memilih format untuk registrasi bagi pelanggan lama.

Itulah beberapa ulasan tentang cara registrasi kartu XL yang gagal dan solusinya. Sehingga dengan mengetahui cara registrasi kartu XL yang gagal tersebut bisa jadi langkah untuk mengatasi kegagalan aktivasi kartu.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI