Apa Arti Saranghae, Ketahui Juga Berbagai Ungkapan Romantis dalam Bahasa Korea Lainnya

Kamis, 02 Desember 2021 19:33 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti Saranghae, Ketahui Juga Berbagai Ungkapan Romantis dalam Bahasa Korea Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Beberapa tahun ke belakang, budaya Korea semakin mendunia seiring meningkatnya kepopuleran musik K-Pop dan drama alias drakor. Banyak orang yang mulai tertarik belajar budaya Korea, terkhusus bahasanya. Berbagai kata dan istilah Korea mulai populer, misalnya saranghae yang sering muncul dalam lirik lagu K-pop atau di dialog drakor. Lantas, apa arti saranghae yang sesungguhnya?

Arti saranghae, secara umum diketahui sebagai ungkapan rasa cinta atau kasih sayang dalam bahasa Korea. Kata ini bisa dengan mudah kita jumpai dalam lirik lagu atau dialog-dialog romantis. Namun ternyata dalam bahasa Korea, masih ada beragam versi ungkapan cinta yang maknanya sama seperti apa arti saranghae. Variasi ungkapan cinta itu harus dipakai sesuai dengan situasinya.

Penasaran, apa saja variasi ungkapan saranghae? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mendalam tentang apa arti saranghae dan variasinya.

1. Arti Saranghae

Seperti yang telah disinggung di awal, apa arti saranghae sering dimaknai sebagai ungkapan rasa cinta. Singkatnya, arti saranghae adalah 'aku cinta kamu'. Sejak populernya musik K-pop dan drama Korea, ungkapan cinta "saranghae" kini terus populer. Bahkan bisa dibilang, kini "saranghae" sama populernya dengan ungkapan "I love you" dalam bahasa Inggris.

Biasanya, ungkapan saranghae dipakai dalam dialog romantis antar sepasang kekasih. Namun tak jarang, ungkapan saranghae juga diungkapkan untuk menggambarkan rasa cinta pada orangtua, anak, saudara, sahabat, atau sosok terkasih lainnya.

2. Berbagai Versi Saranghae

Dalam bahasa Korea, ternyata saranghae hanyalah satu dari sekian banyak ungkapan cinta. Ya, selain saranghae masih ada beberapa cara untuk mengungkapkan rasa cinta pada pasangan atau sosok terkasih lainnya. Meski punya makna yang sama dengan apa arti saranghae, variasi ungkapan ini juga perlu diketahui. Sebab, variasi dari saranghae ini penggunaannya sangat bergantung pada situasi dan konteks yang meliputi.

Berikut beberapa variasi ungkapan saranghae:

1. Saranghaeyo

Saranghaeyo yang juga cukup umum dipakai untuk menyatakan cinta dalam drakor. Tak saja untuk kekasih atau pacar, saranghaeyo juga bisa jadi ungkapan sayang untuk teman atau sahabat terdekat.

2. Saranghaeng

Ungkapan saranghaeng bisa jadi cara menyatakan perasaan cinta pada pasangan secara menggemaskan. Sebab, dengan ungkapan saranghaeng, kalian bisa menunjukkan sisi imut atau aegyo pada pasangan. Terkadang, saranghaeng juga dipakai untuk meledek.

3. Saranghanda

Saranghanda juga bisa jadi pilihan ungkapan rasa cinta dalam bahasa Korea. Namun, sranghanda terbilang jarang dipakai. Variasi ini lebih sering muncul dalam bentuk tulisan, seperti pada surat cinta atau puisi.

4. Saranghamnida

Saranghamnida bisa dipakai untuk mengungkapkan perasaan cinta dalam suasana formal. Dalam film, drama, atau lagu, variasi ini mungkin terbilang jarang digunakan. Tapi, ungkapan ini bisa sangat cocok dipakai secara langsung, terutama jika ditujukan pada sekelompok orang sekaligus.

3. Cara Membalas Ungkapan Saranghae

Setelah tahu apa arti saranghae, kini bisa dipahami betapa kata-kata ini mempunyai makna yang begitu indah dan romantis. Lantas, bagaimana jika untuk menjawab ungkapan-ungkapan cinta seperti di atas? Ternyata, ada kata khusus yang bisa dipakai untuk hal itu. Kalimat yang pas untuk membalas ungkapan saranghae adalah nado saranghae. Dalam bahasa Indonesia, arti dari nado saranghae adalah 'aku juga mencintaimu'.

4. Ungkapan Romantis Selain Saranghae

Selain saranghae dan variasi-variasinya, serta nado saranghae ternyata masih ada banyak ungkapan romantis dalam bahasa Korea. Beragam ungkapan romantis ini mungkin selama ini telah sering kita jumpai dalam dialog drama atau lirik lagu. Namun karena pengucapannya yang cepat, kalian mungkin jadi kesulitan untuk menyimak bunyi dan cara menulisnya yang benar.

Dilansir dari ngasakorea.com, berikut beberapa ungkapan romantis dalam bahasa Korea yang maknanya tak kalah dalam dibanding apa arti saranghae.

1. Bogo sipeoyo (Aku kangen kamu atau Aku ingin melihatmu)

2. Niga geuriwoyo (Aku merindukanmu)

3. Nae ape neoman boyeoyo (Di depanku hanya kamu yang kulihat)

4. Geudaega nareul seontaekhaeseo gomawoyo (Terima kasih karena sudah memilihku)

5. Eonjekkajirado neoreul ijji mothaeyo (Sampai kapan pun aku tak bisa melupakanmu)

6. Hangsang geudaereul saenggakhaeyo (Aku selalu memikirkanmu)

7. Nan neoman gidarijanhayo (Hanya kamu seorang yang kunantikan)

8. Neo ttaemune haengbokhaeyo (Karena kamu aku bahagia)

9. Nan neobakke nugudo wonhaji anhayo (Tiada siapa pun yang ku inginkan selain dirimu)

10. Neoreul gidarilgeyo (Aku akan menunggumu)

11. Naega geudae gyeoteul jikyeojulgeyo (Aku akan menjagamu atau Aku akan ada di sisimu)

12. Urineun chingubodaneun yeonini deo eoullineun geot gatayo (Daripada sebatas teman, aku ingin kita menjadi sepasang kekasih)

13. Narang sagwillaeyo? (Maukah kamu jadi pacarku?)

14. Gyeorhonhallaeyo? (Maukah kamu menikah denganku?)

Itulah di antaranya penjelasan tentang apa arti saranghae beserta variasi, dan berbagai ungkapan romantis dalam bahasa Korea lainnya. Semoga bermanfaat!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI