Cara Unreg Kartu Axis yang Hilang dan Tidak Terpakai, Mudah Banget

Selasa, 28 September 2021 12:22 Penulis: Nurul Wahida
Cara Unreg Kartu Axis yang Hilang dan Tidak Terpakai, Mudah Banget
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Registrasi kartu SIM seluler perlu dilakukan pengguna ponsel mengacu pada peraturan Menkominfo No12/2016. Registrasi berlaku untuk semua jenis kartu dari berbagai provider salah satunya AXIS. Namun pengguna juga bisa melakukan unreg kartu AXIS secara mudah via SMS ataupun melalui gerai resmi.

Unreg kartu berarti melakukan pembatalan pendaftaran kartu SIM seluler. Sebab sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan tentang regsitrasi kartu SIM seluler, setiap pengguna memiliki batas menggunakan 3 nomor untuk satu NIK saja.

Karena itulah unreg kartu perlu dilakukan jika kalian mungkin saja memiliki lebih dari 3 nomor dengan 1 NIK yang telah di registrasi. Selain itu dengan melakukan unreg kartu AXIS juga bisa melindungi data kalian tetap aman.

Jika kalian termasuk pengguna kartu AXIS, cara unreg kartu AXIS sangatlah mudah. Pengguna bisa melakukan unreg kartu AXIS via SMS ataupun melalui gerai resminya. Cara unreg kartu AXIS sebenarnya tak berbeda jauh seperti registrasi kartu.

Berikut ulasannya tentang cara unreg kartu AXIS yang tidak terpakai bahkan hilang. Sehingga dapat membantumu membatalkan registrasi kartu AXIS secara resmi agar tidak disalahgunakan orang lain. Selengkapnya berikut ini cara unreg kartu AXIS telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Unreg Kartu AXIS Via SMS

Cara unreg kartu AXIS  bisa dilakukan via SMS. Cara unreg kartu AXIS lewat SMS terbilang paling mudah dan praktis banget. Pasalnya pengguna tak perlu datang ke gerai resmi. Hanya saja beberapa persyaratan harus disiapkan agar unreg kartu AXIS bisa berhasil. Jika kalian memilih cara unreg kartu AXIS via SMS berikut ini langkah-langkahnya yang perlu kamu tahu.

- Pertama buka menu pesan di ponsel kalian.

- Selanjutnya tulis pesan baru.

- Ketik format unreg kartu AXIS yakni "UNREG#(nomor AXIS yang akan dinonaktifkan)". Contohnya: UNREG#2378782748782

- Kirim ke nomor 4444.

- Jika berhasil nantinya akan menerima SMS notifikasi bahwa nomor AXIS tersebut telah dinonaktifkan beserta informasi NIK dan nomor KK.

2. Cara Unreg Kartu AXIS Via Gerai Resmi

Cara unreg kartu AXIS via SMS memang sangatlah mudah dan praktis. Hanya saja, terkadang pengguna juga mengalami kendala seperti kegagalan unreg kartu. Jika situasi ini kalian alami, cara unreg kartu AXIS bisa dilakukan via gerai resmi. Di mana pengguna akan dibantu melakukan unreg kartu AXIS oleh petugas. Kalian bisa mengunjungi gerai resmi AXIS terdekat di wilayah tempat tinggal.  Namun pengguna juga perlu membawa persyaratan saat memilih cara unreg kartu AXIS via gerai resmi.

Sama seperti registrasi kartu AXIS, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan pengguna. Pasalnya cara unreg kartu AXIS juga membutuhkan nomor induk kependudukan (NIK) serta KK. Berikut beberapa persyaratan yang perlu disiapkan untuk unreg kartu AXIS via gerai resmi.

- Membawa dokumen KK.

- Nomor Induk Kependudukan (NIK) E-KTP.

Setelah itu kalian bisa mengajukan unreg kartu AXIS dengan menunjukkan NIK serta nomor KK pada E-KTP tersebut kepada petugas.

3. Cara Registrasi Kartu AXIS Baru

Jika cara unreg kartu AXIS kalian telah berhasil, kalian bisa mengganti atau menggunakan kartu AXIS baru. Sebelum itu, kalian perlu tahu cara registrasi kartu AXIS baru. Sehingga dengan registrasi kartu AXIS dapat memudahkan kalian mendapatkan banyak manfaat seperti menikmati fitur dan layanan serta data yang terlindungi. Berikut cara registrasi kartu AXIS baru via SMS.

- Pertama buka menu pesan.

- Selanjutnya tulis pesan baru.

- Ketik format registrasi kartu "DAFTAR#NIK#NOMOR KK".

- Kirim ke 4444

- Jika berhasil nantinya kalian akan mendapatkan notifikasi SMS tentang registrasi kartu AXIS telah berhasil.

Sementara untuk registrasi kartu AXIS pengguna lama dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Berikut cara registrasi kartu AXIS buat pengguna lama.

- Pertama buka menu pesan.

- Tulis pesan baru dengan format SMS "ULANG#NIK#NOMOR KK" kirim ke 4444.

- Jika berhasil nantinya kalian akan mendapatkan notifikasi SMS tentang registrasi kartu AXIS telah berhasil.

4. Cara Cek Status Registrasi Kartu AXIS

Cara cek status registrasi kartu AXIS sangatlah mudah. Pengguna bisa mengetahui NIK yang sudah diregistrasi dengan cara cek status registrasi kartu AXIS berikut ini. Langsung saja simak langkah-langkah cara cek status registrasi kartu AXIS dengan mudah.

- Pertama buka menu panggilan.

- Selanjutnya ketik nomor *123*4444# tekan call.

- Muncul pop-up berupa informasi menu tentang kartu kalian.

- Lalu masukkan angka 1 untuk melihat informasi nomor kalian.

- Nantinya kalian dapat cek status registrasi kartu AXIS beserta NIK yang telah digunakan untuk registrasi.

Nah itulah cara unreg kartu AXIS yang hilang ataupun tidak digunakan lagi. Sehingga dengan melakukan unreg kartu AXIS dapat membantumu mengamankan data dari orang tidak bertanggung jawab. Pasalnya saat ini cukup banyak tindak kejahatan dengan penyalahgunaan data pribadi melalui nomor ponsel. Semoga dengan informasi cara unreg kartu AXIS beserta cara registrasi kartu di atas dapat membantumu.

Sumber: axis.co.id

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI