Cara VC WA di Laptop di Laptop, Ketahui Juga Kekurangan Serta Tips untuk Mengatasinya

Rabu, 12 Januari 2022 11:33
Cara VC WA di Laptop di Laptop, Ketahui Juga Kekurangan Serta Tips untuk Mengatasinya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Whatsapp atau WA jadi media sosial yang semakin populer dan kian digemari. Selain untuk update status dan story, WA juga banyak dipakai untuk komunikasi sehari-hari melalui video call atau vc. Tak saja lewat hp, ternyata vc juga bisa dilakukan melalui laptop. Lantas, bagaimana cara vc WA di laptop?

Ya seperti yang kita tahu, di samping lewat aplikasi di hp, WA versi web memang bisa diakses melalui browser pada laptop. Biasanya, WA versi web dipakai untuk urusan pekerjaan dan bisnis. Meskipun sudah biasa digunakan, masih sangat sedikit orang yang tahu dan paham cara vc WA di laptop.

Padahal, vc WA melalui laptop sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan bisa sangat memudahkan pekerjaan. Penasaran, bagaimana caranya? Langsung saja simak, ulasan berikut tentang cara vc WA di laptop.

1. Cara VC WA di Laptop lewat Web

Di laptop, aplikasi whatsapp sering diakses melalui web. Meski dalam versi web, whatsapp terbukti bisa diandalkan untuk pengiriman pesan chat dan berbagai file. Meski begitu, sayangnya whatsapp versi web hingga saat ini belum bisa digunakan untuk melakukan cara vc WA di laptop. Selain itu, whatsapp versi web juga belum bisa dipakai untuk melakukan panggilan suara.

Sebagai gantinya, saat terdapat panggilan telepon atau video call, whatsapp web akan memunculkan sebuah pemberitahuan. Sehingga, setelah itu kalian bisa langsung bergegas mengangkat telepon atau video call tersebut melalui hp.

Namun jangan khawatir, hal ini bukan berarti kalian tidak bisa melakukan cara vc WA di laptop. Sebab, vc WA di laptop tetap bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi whatsapp terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikutnya.

2. Cara VC WA di Laptop lewat Aplikasi di Desktop

Salah satu cara vc WA di laptop bisa dilakukan dengan men-download aplikasi whatsapp dan memasangnya di desktop. Dengan begitu, untuk melakukan vc WA menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Agar lebih jelas lagi, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Jika belum mempunyai aplikasi whatsapp di laptop, pertama kalian bisa men-download dan menginstal terlebih dahulu.

- Apabila aplikasi whatsapp telah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut.

- Berikutnya, silakan login dengan nomor WA kalian.

- Secara otomatis kalian akan masuk ke akun profil WA kalian sebagaimana yang ada di hp.

- Setelah itu, kalian bisa melakukan WA sama seperti ketika mengaksesnya lewat hp. Kalian bisa mulai cari kontak yang kalian pilih untuk video call.

- Setelah kontak tersebut ketemu, klik pada kontak WA tersebut.

- Kemudian, klik ikon kamera yang ada di bagian atas kanan untuk untuk mulai melakukan video call.

- Untuk mengakhiri video call nantinya, kalian tinggal klik ikon akhiri panggilan.

- Selesai, itulah cara VC WA di laptop dengan menggunakan aplikasi.

3. Kekurangan VC WA di Laptop dan Cara Mengatasinya

Cara vc WA di laptop memang tidak seleluasa jika video call whatsapp dilakukan via hp. Baik melalui web maupun desktop, cara vc WA di laptop memang mempunyai beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari vc WA di laptop.

1. Sangat Bergantung pada Koneksi Internet

Cara vc WA di laptop akan sangat bergantung dengan koneksi internet. Ketika internet yang tersambung di laptop tidak stabil atau misal terlalu banyak membuka tab, maka kelancaran vc WA juga bisa terganggu. Jadi sebelum memulai vc WA di laptop, ada baiknya pastikan koneksi stabil dan tutup tab yang tidak perlu.

2. Tetap Tergantung pada Aplikasi dan Koneksi Whatsapp di HP

Cara video call whatsapp di laptop juga sangat bergantung dengan kondisi aplikasi whatsapp di hp. Artinya jika koneksi di hp terputus hingga whatsapp mati, maka WA yang dibuka di laptop juga tidak akan bisa diakses.

3. Boros Baterai Laptop

Melakukan video call di laptop juga cenderung lebih boros baterai. Sebab saat melakukannya banyak perangkat laptop yang bekerja, mulai dari kamera, layar, hingga mikrofon. Sehingga, hal ini tentu bisa mengganggu kelancaran dari pekerjaan.

4. Kualitas Terbatas

Kualitas dari video dan suara yang dihasilkan saat melakukan panggilan video whatsapp di laptop juga akan sangat terbatas. Hal ini karena tergantung pada spesifikasi pada kamera dan mikrofon di laptop. Maka, ada baiknya saat melakukan cara vc di WA kalian menggunakan perangkat tambahan seperti headphone.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara vc WA di laptop beserta kekurangan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI