Tak Hanya Menyegarkan, Ini 8 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 8 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Tebu merupakan salah satu tanaman yang menjadi bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, yang termasuk jenis rumput-rumputan. Tebu sendiri memiliki sari air manis yang menjadikannya sebagai bahan baku gula. Namun selain dibuat sebagai gula, nyatanya air tebu tersebut bisa dikonsumsi secara langsung loh KLovers. Bahkan manfaat air tebu ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, tebu banyak ditemukan di daerah Jawa dan juga Sumatra. Tak hanya batang tebu saja yang digunakan, daun tebu yang kering tersebut juga bisa digunakan loh. Ternyata daun tebu yang kering tersebut merupakan biomasa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Sehingga ibu-ibu pedesaan menggunakan daun tebu sebagai bahan bakar untuk memasak. Selain menghemat minyak tanah yang makin mahal, bahan bakar ini juga cepat panas.

Tebu sendiri memiliki 3 jenis, ada tebu kuning, tebu telur, dan juga tebu hitam. Tak hanya itu saja, batang tebu sangat keras dari luar. Namun bagian dalam sedikit lembut karena mengandung air. Dan pada bagian ini biasanya bisa langsung dikonsumsi, dengan cara digigit dan diambil sari airnya yang sangat manis.

Tapi kira-kira apa saja ya manfaat tebu yang baik bagi tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 manfaat tebu yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Membantu Meredakan Stres

Manfaat air tebu yang pertama yaitu dapat membantu dalam meredakan stres. Bukan hal yang asing lagi bila makanan manis mampu meredakan stres di dalam tubuh. Stres memang bisa dialami oleh siapa saja, dan dengan alasan apapun. Namun selain coklat, nyatanya kalian bisa loh menggunakan manfaat air tebu dalam meredakan stres.

Hal ini karena di dalam tebu terdapat kandungan berupa triptofan, magnesium dan beberapa jenis asam amino. Ketiga kandungan ini nyatanya dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, sehingga kalian pun terhindar dari risiko stres dengan efektif.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Baik untuk Kesehatan Mulut

Kemudian manfaat air tebu yang selanjutnya yaitu, sangat baik untuk kesehatan mulut. Bagian tubuh yang satu ini memang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Hal tersebut karena, mulut yang tidak sehat mampu memberikan banyak sekali penyakit. Seperti, plak gigi, sariawan, sakit tenggorokan, hingga gigi berlubang.

Dan untuk menjaga kesehatan mulut, kalian harus rajin membersihkan dan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Salah satu makanan sehat tersebut adalah tebu. Nyatanya air tebu tidak akan merusak gigi kalian seperti makanan manis lainnya ya KLovers.

Hal itu karena, air tebu mengandung kalsium dan fosfor yang bisa memproteksi enamel atau jaringan luar gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan memperkuat gigi secara keseluruhan. Selain itu kandungan tinggi nutrisi dalam air tebu juga membuat napas lebih segar. Sehingga dengan mengonsumsi air tebu, kalian akan membuat mulut lebih sehat.

 

 

3. Menjaga Kepadatan Tulang

Tidak hanya mampu menjaga kesehatan mulut dengan maksimal saja, nyatanya manfaat air tebu juga mampu menjaga kepadatan tulang loh KLovers. Tulang memang perlu diberikan nutrisi, hal ini agar tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Dan untuk menutrisi tulang tidak hanya menggunakan susu saja, nyatanya menggunakan tebu juga loh KLovers.

Hal ini karena air tebu dapat meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Sumber mineral tersebut merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang. Dengan begitu, air tebu dapat mencegah berkembangnya osteoporosis. Mengonsumsi air tebu secara rutin akan membuat tulang kalian tetap kuat seiring bertambahnya usia.

 

 

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dengan kadar yang tinggi memang menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kolesterol merupakan lemak golongan steroid yang dapat diproduksi oleh tubuh. Dalam kadar tertentu, kolesterol dibutuhkan untuk pembentukan komponen lain seperti membran sel dan hormon kesuburan, namun bila kadarnya berlebihan juga tidak baik ya KLovers.

Dan untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut, kalian bisa loh menggunakan manfaat air tebu. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini yang juga dapat melindungi kesehatan jantung kalian dan mencegah terjadinya penyakit jantung serta pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

Selain itu kandungan kalium dalam air tebu juga dipercaya bisa meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Sehingga tekanan darah pun jadi turun, dan risiko serangan jantung bisa dikurangi bagi tubuh.

 

 

5. Meredakan Sakit Tenggorokan dan Luka

Sebelumnya diketahui bahwa manfaat air tebu dapat menjaga kesehatan mulut. Bahkan bukan hanya menyehatkan saja, air tebu ternyata memiliki manfaat dalam meredakan sakit tenggorokan di dalam tubuh. Itu karena air tebu memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bagi tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang dipercaya dapat memberikan efek sejuk pada tenggorokan yang sedang sakit.

Selain itu, antioksidan yang dikandungnya juga bisa mencegah kedatangan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Bahkan kandungan sukrosa yang dimiliki oleh air tebu dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka. Dan sukrosa juga dianggap sebagai agen penyembuhan alami pada luka.

 

 

6. Cocok untuk Ibu Hamil

Karena masuk ke dalam golongan makanan dengan indeks glikemik rendah, manfaat air tebu juga bisa menjadi minuman sehat untuk ibu hamil loh. Saat air tebu dikonsumsi pada masa kehamilan, maka air tebu bisa meningkatkan metabolisme dan pencernaan, mengurangi gejala mual-mual di pagi hari, dan memberikan energi untuk menjalani hari bagi ibu hamil.

Kemudian manfaat air tebu lainnya untuk ibu hamil adalah menghilangkan sembelit, yang menjadi gejala umum pada ibu hamil. Namun tetap saja, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya KLovers, sebelum mengonsumsi air tebu saat sedang hamil.

 

 

7. Mencerahkan Wajah

Kemudian manfaat air tebu yang lainnya yaitu, dapat mencerahkan dan menyehatkan wajah kalian. Air tebu mengandung alphahydroxyacid (AHA) yang bermanfaat mencerahkan kulit. Selain itu, air tebu juga mengandung komponen-komponen flavonoid dan fenol, yang semuanya ikut memperlambat proses penuaan kulit wajah kalian.

Komponen yang terkandung di dalam air tebu juga dapat membantu membuat kulit lebih lembab, bersinar cerah secara alami, serta terjaga kelembutannya. Sehingga dengan mengonsumsi air tebu secara teratur, dapat membersihkan radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan.

 

 

8. Meningkatkan Energi

Dan manfaat air tebu yang terakhir yaitu, dapat meningkatkan energi di dalam tubuh. Energi memang menjadi salah satu yang penting bagi tubuh, karena energi dapat memperlancar semua aktivitas kita sehari-hari. Dan untuk mendapatkan energi tersebut, kalian bisa kok menggunakan manfaat air tebu.

Itu karena air tebu merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kadar energi dalam tubuh. Sehingga, seseorang dapat merasa segar seketika setelah meminumnya. Salah satu alasannya adalah, air tebu mengandung karbohidrat simpleks seperti sukrosa yang mudah diserap oleh tubuh dan membantu meningkatkan energi.

 

 

9. Efek Samping

Walaupun sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun mengonsumsi air tebu dengan berlebihan akan membuat tubuh mengalami efek samping loh KLovers. Dalam takaran normalnya, kalian hanya boleh mengonsumsi 1 gelas air tebu saja dalam satu hari.

Dan bila lebih dari itu, maka khasiat dari air tebu tidak akan kalian dapatkan. Hal ini karena tubuh akan mengalami efek samping seperti, sakit kepala, mual, pusing, insomnia, gangguan pendarahan yang semakin parah. Sehingga sebelum mengonsumsi air tebu secara rutin, berkonsultasilah dengan dokter, untuk mengetahui rekomendasi porsinya.

Itulah 8 manfaat air tebu bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh kalian. Walaupun air tebu memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh, namun kalian tidak bisa mengonsumsi air tebu secara berlebihan ya KLovers. Harus dengan takaran yang tepat, terutama bagi mereka yang memiliki sakit kronis, hingga ibu hamil.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending