Doa Menikah dan Maknanya, Ketahui Juga Arti dari 'Sakinah', 'Mawaddah', 'Warahmah'

Senin, 30 November 2020 16:55
Doa Menikah dan Maknanya, Ketahui Juga Arti dari 'Sakinah', 'Mawaddah', 'Warahmah'
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pernikahan jadi suatu hal yang sakral dan suci. Untuk menjalankan pernikahan benar-benar butuh kesiapan dari kedua belah pihak. Bahkan, dalam agama Islam, pernikahan juga disebut-sebut sebagai ibadah terpanjang karena akan dijalani seumur hidup. Karena dinilai ibadah, suatu pelaksanaan pernikahan tak pernah lepas dari doa menikah dan maknanya.

Sudah jadi kebiasaan, memberikan doa-doa penuh makna bagi mempelai pengantin. Bahkan, sebagian dari kita pasti sudah familiar dengan sejumlah doa yang sering diucapkan saat ada yang melangsungkan pernikahan, seperti "sakinah", "mawaddah", dan "warahmah". Meski sudah lazim diucapkan, nyatanya masih banyak orang yang tak tahu arti dari doa menikah dan maknanya tersebut.

Padahal penting untuk tahu, makna dari perkataan-perkataan dalam doa yang kita panjatkan. Nah, agar lebih paham tentang hal tersebut kalian bisa simak ulasan mengenai doa menikah dan maknanya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Kemuliaan Pernikahan

Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam agama Islam menikah menjadi suatu hal yang dimuliakan. Dalam sejumlah ayatnya, Allah SWT berfirman menjelaskan betapa mulia dan agungnya suatu pernikahan. Salah satu, firman Allah tersebut terdapat dalam penggalan ayat berikut:

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum 21).

Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Adapun tujuan Allah menciptakan manusia berpasangan untuk membuatnya merasa tenang dan saling menyayangi. Sehingga, akan tercipta ketentraman dan kedamaian. Bahkan, penciptaan manusia yang berpasangan juga menjadi salah satu tanda kebesaran Allah.

Kemuliaan pernikahan juga dipertegas melalui hadis Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu hadisnya, junjungan umat Islam tersebut menyebut bahwa menikah adalah salah satu sunnahnya yang paling dia anjurkan. Bahkan, Nabi menyebut menikah merupakan cara menyempurnakan agama. Adapun hal tersebut disampaikan dalam hadis berikut.

"Barangsiapa menikah, dia telah melindungi separuh agamanya, karena itu hendaklah dia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuhnya lagi." (HR Al Hakim dan Al Thahawi). 

 

2. Arti \'Sakinah\', \'Mawaddah\', \'Warahmah\'

Doa menikah dan maknanya sering dipanjatkan saat berlangsung akad nikah dan saat acara resepsi. Beberapa kata-kata baik yang sering diucapkan dalam doa pernikahan ialah 'sakinah', 'mawaddah', 'warahmah'. Lantas apakah sebenarnya arti dan makna dari ketiga kata tersebut? Dilansir dari fimela.com, berikut ulasan penjelasannya.

Secara umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah yakni damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi. Secara lebih rinci, arti kata sakinah adalah tenang, arti kata Mawaddah ialah cinta, sedangkan warahmah artinya kasih sayang.

Artinya, mengucapkan kata-kata tersebut sebagai doa menikah dan maknanya bisa diartikan sebagai harapan akan terwujudnya rumah tangga yang terbina dengan baik, harmonis, serta penuh cinta kasih.

 

 

3. Doa untuk Pengantin Pria

Namun ternyata, 'sakinah', 'mawaddah', 'warahmah' bukanlah satu-satunya doa menikah untuk mempelai pengantin. Dilansir dari brilio.net, terdapat dua buah doa yang bisa disampaikan langsung pada pengantin, khususnya pengantin pria. Baiknya, doa ini dilantunkan saat bertemu secara langsung dengan pengantin di hari pernikahannya. Doa tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Doa Pertama
"Baarakallaahu likulli waahidin minnaa fii shaahibihi. Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi wa a'uudzu bika min syarrihaa wa min syarri ma jabaltahaa 'alaihi."

Artinya:

"(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dengan pasangannya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya."

2. Doa Kedua
"Baarakallahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakumaa fii khair"

Artinya:

"Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan."

 

4. Makna Doa Menikah

Sama halnya dengan doa-doa lainnya, memberikan doa menikah dan maknanya pada mempelai pengantin juga akan membawa sejumlah kebaikan. Pasalnya, dalam doa yang diberikan tersebut terkandung makna mendalam dan tulus. Harapannya, melalui doa yang dipanjatkan pasangan yang baru menikah akan selalu mendapatkan limpahan berkah rezeki, kehidupan rumah tangga yang harmonis, serta mendapatkan keturunan yang saleh dan saleha.

Itulah diantaranya sedikit ulasan mengenai doa menikah dan maknanya. Jadi, saat ada orang terdekat yang menikah jangan lupa mengucapkan selamat dan menghadiahinya dengan doa baik. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI