Eibenthal, Desa Indah di Mana Pencurian Tidak Pernah Ada

Jum'at, 22 Juni 2018 15:18 Penulis: Natanael Sepaya
Eibenthal, Desa Indah di Mana Pencurian Tidak Pernah Ada
Eibenthal © Brakava/Wikimedia Commons

Kapanlagi Plus - Namanya pencurian memang bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, apalagi waktu. Tapi kalau kamu mengunjungi desa cantik yang bernama Eibenthal ini, percaya deh, kamu nggak bakal menemukan berita semacam curanmor atau pencurian dalam bentuk lainnya.

Yap, bahkan seperti dilansir dari Oddity Central, desa Eibenthal yang ada di Ceko ini punya predikat bebas pencurian. Dengan kata lain, di desa ini kamu nggak bakal menemukan kantor Polisi dan rasanya hal seperti itu bukan hal yang krusial untuk masyarakat di Eibenthal.

Karena toleransi dan sikap menghargai antar warga di sini sangat tinggi, jadi nggak ada pencurian deh! © YouTube/Gazeta de SudKarena toleransi dan sikap menghargai antar warga di sini sangat tinggi, jadi nggak ada pencurian deh! © YouTube/Gazeta de Sud

Sebabnya di desa ini setiap orang tinggal dengan damai dan menghormati satu sama lain, nggak heran deh kalau angka kriminal di Eibenthal bisa kecil banget. Karena tindak kriminal seperti pencurian nggak ada di Eibenthal, orang-orang pun bisa tenang menaruh uang di dalam tas maupun membiarkannya di pinggir jalan untuk pengantar roti yang biasanya akan menaruh uang kembalian dalam tas yang menggantung di lampu pos atau pagar.

Selama 20 tahun, nyatanya warga di desa Eibenthal belum pernah punya catatan kehilangan uang atau roti. Nah kalau kamu bertanya kenapa desa ini bisa santai banget, semuanya kembali ke tahun 1996, di mana warga lokal mulai menaruh uang di dalam tas yang kemudian digantung di luar rumah untuk pengantar roti.

Saat revolusi terjadi di tahun 1989, toko roti setempat tutup dan orang-orang harus selalu siap menanti kedatangan truk dari desa lain yang berjarak 20 kilometer yang datang setiap 2 hari sekali. Beruntung pada satu waktu seseorang muncul dengan ide meninggalkan uang beserta catatan untuk pengantar roti di pinggir jalan.

Warga setempat sadar kalau mereka tidak akan mencuri satu dengan yang lainnya. Bahkan kalaupun ada orang jahat yang datang dari luar desa, mereka akan lebih banyak menghabiskannya untuk bensin daripada mencuri uang warga setempat.

Terlepas dari itu semua, warga Eibenthal sendiri memang hidup dengan sikap menghargai dan menghormati properti satu sama lain. Mereka akan memanggil pemilik rumah dari luar dan masuk kalau dipersilahkan. Kalau nggak ada jawaban? Ya mereka akan langsung pergi. Bagaimana, gokil banget nggak sih desa yang satu ini?

(odd/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI