Intip Fitur Mutakhir iPhone X, Dari Face ID Sampai Animoji

Rabu, 13 September 2017 10:58 Penulis: Tyssa Madelina
Intip Fitur Mutakhir iPhone X, Dari Face ID Sampai Animoji
Source: Tvoice

Kapanlagi Plus - Kabar gembira bagi Apple Fanboy seluruh dunia, karena akhirnya Apple resmi merilis seri terbaru iPhone yang digadang-gadang memiliki teknologi yang berbeda. Tidak tanggung-tanggung, Apple mengumumkan sekaligus tiga ponsel cerdasnya yakni iPhone 8, iPhone 8 plus dan diakhir acara Apple memberi kejutan dengan kehadiran iPhone X (baca: iPhone Ten). Kabarnya spesifikasi antara iPhone 8, iPhone 8 plus dan iPhone X pun dibuat berbeda.

Acara yang digelar di Steve Jobs Theatre, California AS, tepatnya terletak di kampus Apple Park tanggal 12 September jam 10 pagi waktu setempat juga turut memperkenalkan arloji pintar mereka yang sudah mendukung jaringan 4G, Apple Watch. Untuk memuaskan rasa penasaran Apple Fanboy, acara tersebut juga dapat ditonton melalui live streaming pada browser Safari untuk pengguna Mac Desktop dan Microsoft Edge bagi pengguna Windows 10. Seperti apa sih keunikan teknologi terbaru seri Apple ini? Yuk disimak.

1. Hilangnya Tombol Home iPhone
Dari ketiga ponsel pintar yang diluncurkan, nampaknya iPhone X menjadi tonggak sejarah Apple untuk perayaan satu dekade ini. Terbukti dengan adanya perbedaan signifikan dari pendahulunya yakni layar besar tanpa batas dan hilangnya tombol home yang seolah menjadi ciri khas iPhone. Hilangnya tombol home ini juga membuat Apple tak lagi menggunakan TouchID. Hampir semua peran tombol Home untuk mengoperasikan ponsel digusur oleh gestur 'swipe'.

Teknologi pengenalan wajah terbaru (Sumber: Cnet)Teknologi pengenalan wajah terbaru (Sumber: Cnet)

2. Fitur Face ID
Ini nih fitur yang ditunggu-tunggu Apple Fanboy. Jaminan keamanan adalah salah satu prinsip Apple dalam memproduksi sesuatu, terutama di iPhone. Apple memperkenalkan Face ID sebagai pintu keamanan utama di iPhone X, menggantikan Touch ID yang sudah lama ada di iPhone generasi-generasi sebelumnya. Apple menjanjikan Face ID ini lebih aman, dengan kemungkinan sistem ini dijebol yang jauh lebih kecil ketimbang Touch ID. Topeng, foto, bahkan wajah kembaran pun diklaim tak bisa menembus sistem Face ID di iPhone X.

3. Hadirnya Fitur Augmented Reality
Pecinta game mungkin akan semakin dimanjakan dengan teknologi muktahir ini. Fitur ini seakan menghapus batas antara dunia nyata dan dunia virtual. iPhone seri terbaru menerapkan Augmented Reality (AR) melalui piranti bernama ARKit. Bedanya, AR di iPhone ini sudah tertanam di kamera ponsel. Menarik, ya?

4. Kamera Lebih Mutakhir
Resolusi kamera Apple bisa dibilang tertinggal jauh dari beberapa kompetitornya karena kali ini iPhone hanya membenamkan resolusi sebesar 12 MP saja. Namun, Apple memberikan sensor lebih besar dan cepat, filter warna yang lebih beragam, piksel lebih padat serta bukaan kamera f1.8 dan f2.4 di kamera belakangnya. Wah, kegiatan selfie bakal jadi agenda wajib nih!

Emoji mengikuti ekspresi user (Sumber: The Verge)Emoji mengikuti ekspresi user (Sumber: The Verge)

5. Animoji, Emoji Versi Terbaru
Siapa yang suka kirim-kirim pesan pakai emoji? Pasti hampir semua, kan. Kali ini di iPhone terbaru ada fitur bernama animoji. Beda dengan fitur emoji sebelumnya, emoji kali ini bisa bergerak. Lebih ajaibnya lagi, ekspresi masing-masing emoji bisa disesuaikan dengan pemilik ponsel. Wow!

Semua fitur di atas dapat ditemukan di iPhone X sebagai terobosan satu dekade. Lalu bagaimana dengan iPhone 8 dan iPhone 8 plus? Untuk seri ponsel ini nampaknya tidak akan banyak berubah dari seri sebelumnya hanya kali ini body dari iPhone seri terbaru dari aluminium ke glass body.

Harganya sendiri dibandrol mulai dari USD 699 atau Rp 9,2juta untuk iPhone 8, USD 799 atau Rp 10,5juta untuk iPhone * plus dan USD 999 atau Rp 13juta untuk seri iPhone X. Kabarnya, produk tersebut bisa dipesan pada 15 September ini lho! Tertarik membeli?

(kpl/TMD)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI