Indra Penikmat Cabang Seni Rupa Adalah Peraba dan Penglihatan, Ketahui Fungsi dan Unsur-Unsurnya

Kamis, 10 Desember 2020 15:55 Penulis: Puput Saputro
Indra Penikmat Cabang Seni Rupa Adalah Peraba dan Penglihatan, Ketahui Fungsi dan Unsur-Unsurnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Suatu karya seni bisa jadi media hiburan bagi sebagian orang, khususnya para pecinta seni. Bagi mereka, menikmati suatu karya seni bisa menjadi cara melepas rasa lelah dan stres. Selama ini kita mengenal beberapa jenis seni, mulai dari seni rupa, seni musik, sastra, dan masih banyak lagi. Setiap jenis seni bisa dinikmati dengan indra tertentu. Indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan perabaan.

Sampai saat ini seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang cukup populer dan punya banyak penggemar. Berbeda dengan cabang seni lainnya. Karya seni rupa selalu hadir dalam wujud yang konkret. Artinya, karya seni rupa bisa dilihat, bahkan dipegang. Itulah sebabnya mengapa indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan perabaan.

Namun, agar lebih memahami hakikat indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan perabaan, simak ulasan berikut ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Seni Rupa

Seperti yang disinggung sebelumnya, secara umum seni rupa adalah seni yang karyanya berwujud benda konkret. Sehingga, karya seni rupa dapat dinikmati dengan indra peraba dan penglihatan. Namun lebih dari itu tersebut, sejumlah tokoh dan ahli seni memiliki pandangan tentang seni rupa. Berikut beberapa di antaranya.

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, seni rupa adalah hasil karya yang diciptakan melalui proses peniruan terhadap alam, tapi dengan sifat yang ideal.

2. Haukin
Sementara menurut Haukin, seni rupa merupakan bagian dari ekspresi jiwa manusia yang dituangkan dalam imajinasi, kemudian diterapkan pada suatu media. Dengan kata lain, seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

3. Sussane K Langer
Pengertian seni rupa menurut Sussane K Langer adalah bentuk hasil karya manusia yang mempunyai keindahan, sehingga bisa dinikmati oleh orang lain.

4. Kumala Devi Chattopadhayaya
Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya, seni rupa merupakan sebuah luapan ekspresi seorang seniman yang disampaikan pada penikmat seni. Artinya, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain memahami perasaan atau pemikiran seniman.

5. Drs. Sudarmaji
Menurut Drs. Sudarmaji, seni rupa adalah segala hal yang memiliki unsur manifestasi batin. disertai dengan pengalaman estetis melalui media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

 

2. Unsur-Unsur Seni Rupa

Mempelajari seni rupa tidak cukup dengan sebatas membaca atau memahami definisinya saja. Pasalnya, seni rupa merupakan seni yang kompleks dan mempunyai beberapa unsur. Berikut beberapa unsur-unsur dalam seni rupa.

1. Unsur Titik
Unsur titik merupakan unsur terkecil atau unsur mendasar dari semua ide atau gagasan yang dituangkan dalam karya seni rupa.

2. Unsur Garis
Unsur garis merupakan bentuk penggabungan unsur titik, lewat garis suatu bentuk atau pola terbentuk.

3. Unsur Bentuk
Unsur bentuk merupakan unsur yang membuat karya seni rupa terlihat lebih mendetail.

4. Unsur Bidang
Unsur bidang merupakan hasil dari pengembangan dan penggabungan banyak garis, sehingga garis tersebut muncul menjadi sebuah sisi karya seni rupa.

5. Unsur Ruang
Unsur ruang merupakan unsur yang akan membuat suatu karya terlihat seolah nyata sekaligus semu. Hal ini tergantung pada dimensi seni rupa yang digunakan.

6. Unsur Warna
Unsur warna menjadi salah satu unsur yang sangat penting. Warna akan memberikan keindahan pada hasil karya seni rupa.

7. Unsur Terang dan Gelap
Unsur terang dan gelap merupakan unsur yang akan membuat suatu karya seni rupa, terlihat semakin nyata dan detail.

8. Unsur Tekstur Semu dan Tekstur Nyata
Unsur tekstur semu dan tekstur nyata merupakan unsur yang dijadikan sebagai sifat suatu karya seni.

 

3. Fungsi Seni Rupa

Seni rupa bukan sebatas seni yang bisa dinikmati. Lebih dari itu, seni rupa juga bisa memberikan beberapa fungsi. Berikut ini beberapa fungsi dari seni rupa.

1. Fungsi Pemuas Kebutuhan
Karya seni rupa diciptakan dari hasil imajinasi dan kreativitas seniman. Seni rupa juga jadi media bagi seniman untuk menuangkan ide gagasan. Artinya, seni rupa berfungsi sebagai menjadi pemuas kebutuhan bagi seniman dan penikmat seni.

2. Fungsi Pemenuh kebutuhan
Seni rupa juga dapat berfungsi sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional individu. Selain itu, seni rupa juga bisa digunakan sebagai sarana untuk beribadah atau media untuk berdoa, sebagai sarana komunikasi, sebagai sarana edukasi dan sebagai sarana untuk melestarikan budaya bangsa. Ya, banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi melalui seni rupa.

3. Fungsi sosial
Fungsi sosial adalah keberadaan seni rupa untuk kepuasan batin yang tidak saja dirasakan oleh seniman, melainkan juga oleh masyarakat.

 

4. Indra Penikmat Cabang Seni Rupa Adalah

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, seni rupa merupakan seni yang hasil karyanya berbeda dengan jenis seni lainnya. Karya seni rupa terbilang spesial karena bisa dirasakan oleh indra manusia secara langsung. Indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan perabaan, artinya hasil karya seni rupa bisa dinikmati hanya dengan melihat atau menyentuh.

Dengan indra penglihatan kita bisa memperhatikan dengan seksama keindahan yang tercipta dari titik, garis, warna, dan hal-hal lain yang bersifat visual. Sementara dengan perabaan, kita bisa menikmati bentuk, tekstur, dan hal-hal lain yang bersifat fisik. Hal ini membuat seni rupa spesial, karena bisa dinikmati dan dinilai dari banyak aspek.

Di samping itu, seniman juga selalu memaksimalkan kemampuan indra penglihatan dan perabaannya dalam menciptakan karya. Dengan begitu, seniman bisa menghasilkan maha karya seni rupa yang indah. Baik dalam bentuk lukisan, patung, keramik, pahatan, dan sebagainya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan perabaan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI