9 Penyebab Kanker Darah Putih (Leukimia) yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 10 Desember 2020 14:22 Penulis: Nurul Wahida
9 Penyebab Kanker Darah Putih (Leukimia) yang Perlu Diwaspadai
Penyebab kanker darah (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam jenis kanker darah yang kerap dikhawatirkan banyak orang. Salah satunya adalah kanker darah putih atau dikenal dengan istilah leukimia. Tak seperti kanker pada umumnya, penyakit ini sebagian besar tidak menimbulkan benjolan tumor melainkan menyerang pada sel darah yang dapat berkembang secara abnormal. Penyebab kanker darah putih bisa terjadi karena beberapa faktor baik genetik ataupun gaya hidup.

Kanker darah merupakan jenis kanker menyerang sel darah yang terjadi ketika jumlah sel tersebut berkembang secara abnormal. Dalam hal ini kanker darah putih atau leukimia bisa terjadi saat sel pada sumsum tulang tidak dapat berkembang baik. Alhasil dapat menyebabkan sel darah putih terjadi secara abnormal hingga menimbulkan masalah kanker pada tubuh.

Bukan hanya menyerang pada sel sumsum tulang, ketika sel darah putih tersebut berkembang secara abnormal juga dapat menyerang pada organ tubuh lainnya. Akibatnya tubuh akan rentan terhadap infeksi serta dapat mengganggu sel tubuh lainnya untuk berjalan secara normal..

Penyebab kanker darah putih (leukimia) ini bisa terjadi karena beberapa hal, baik faktor genetik, gaya hidup tidak sehat, atau bahkan paparan radikal bebas. Adapun penyebab kanker darah putih penting untuk diwaspadai dapat kalian ketahui pada ulasan di bawah ini. Sebab penyakit ini tak dapat dianggap sepele, karena kanker darah putih termasuk penyakit serius yang membutuhkan penanganan tepat dari medis.

 

1. Faktor Genetik

Penyebab kanker darah putih (leukimia) yang pertama dapat terjadi karena faktor genetik. Seperti diketahui cukup banyak gangguan kesehatan yang disebabkan oleh faktor genetik termasuk kanker darah. Dalam hal ini kanker darah putih atau leukimia akan lebih rentan terjadi jika memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut.

Baik orang tua, saudara kandung, ataupun keluarga sedarah bisa berisiko mengalami hal serupa. Sementara melansir dari liputan6.com, risiko lebih rentan terjadi antara dua hingga empat kali terhadap kanker darah putih.

 

2. Paparan Radiasi

Penyebab kanker darah putih atau leukimia selanjutnya dapat terjadi karena tubuh terpapar radiasi. Paparan radiasi ini dapat dialami karena efek dari pengobatan medis tertentu. Melansir dari liputan6.com sebuah penelitian mengungkapkan bahwa paparan radiasi dapat berisiko menyebabkan seseorang mengalami kanker meski hanya berjumlah rendah.

Selain itu penelitian lain juga menemukan bahwa risiko leukimia lebih tinggi terjadi pada masyarakat yang tinggal di lokasi ledakan bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan apabila mengalami gejala kanker darah.

 

3. Efek Bahan Kimia Berbahaya

Penyebab kanker darah putih atau leukimia bisa terjadi akibat efek dari bahan kimia berbahaya. Seperti diketahui sejumlah bahan kimia bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan tubuh karena kandungan zat di dalamnya. Salah satunya dapat menyebabkan kanker darah terutama zat kimia berbahaya seperti benzena ataupun formaldehida.

Melansir dari onco.com udara dapat menjadi perantara paling mudah menyebabkan paparan terhadap zat kimia tersebut. Salah satunya yakni terjadi saat mereka menghirup udara terpapar bahan kimia berbahaya yang rentan berisiko mengalami kanker darah.

 

4. Mengalami Peradangan

Penyebab kanker darah (leukimia) selanjutnya dapat dialami karena tubuh terjadi peradangan. Bukan hanya peradangan biasa melainkan tubuh memiliki peradangan kronis yang menyebabkan gangguan pada sejumlah organ tubuh. Seperti melansir dari onco.com, peradangan kronis dapat merusak DNA dan memicu kanker.

Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui peradangan yang terjadi pada organ tubuh baik lokasi dan penyebabnya. Dengan begitu maka akan diketahui apakah peradangan tersebut dapat menimbulkan kanker darah putih ataupun jenis kanker lainnya.

 

5. Aktivitas Merokok

Penyebab kanker darah (leukimia) bisa dialami sejumlah orang karena aktivitas merokok. Sebab rokok mengandung beragam senyawa yang dapat memberi dampak buruk terhadap kesehatan termasuk memicu terjadinya gangguan kanker.

Melansir dari liputan6.com, sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan bahwa risiko kanker darah putih lebih rentan terjadi karena paparan zat dari rokok. Salah satunya zat karsinogen rokok yang memicu terjadinya gangguan kesehatan termasuk pada aliran darah.

 

6. Anemia Fanconi

Penyebab kanker darah putih (leukimia) dapat terjadi karena tubuh mengalami anemia Fanconi. Anemia jenis ini bukan sekedar anemia biasa melainkan anemia yang menyerang sumsum tulang termasuk berpengaruh pada sel darah.

Saat mengalami anemia Fanconi sumsum tulang tersebut dapat membuat sel darah yang rusak hingga menjadi pemicu terjadinya kanker. Beberapa gejala anemia Fanconi dapat dirasakan seperti rasa lelah, jumlah darah yang rendah, ataupun nafsu makan berkurang.

 

7. Obesitas

Penyebab kanker darah putih (leukimia) selanjutnya bisa dialami karena tubuh mengalami obesitas. Obesitas atau berat badan berlebih ini dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan seperti kardiovaskular, pernapasan, termasuk memicu kanker darah. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang muncul akibat obesitas.

 

8. Efek Kemoterapi

Penyebab kanker darah putih (leukimia) bisa dialami sejumlah orang karena efek dari kemoterapi. Seperti dipahami kemoterapi menjadi rangkai dari proses penyembuhan yang digunakan pada sejumlah penyakit tertentu. Namun kemoterapi tak jarang dapat menimbulkan dampak pada kesehatan tubuh termasuk memicu gangguan pada sel darah.

Melansir dari liputan6.com, bersumber dari Indonesian Journal of Cancer menyebutkan bahwa sumsum tulang menjadi bagian tubuh yang rentan mengalami efek samping kemoterapi. Kondisi ini dapat menyebabkan sel darah terjadi secara abnormal.

 

9. Kekurangan ASI

Pemberian ASI kepada bayi baru lahir penting dilakukan bagi setiap ibu menyusui. ASI tersebut dapat memberi banyak manfaat pada bayi termasuk menjaga tubuh bayi tetap sehat. Dalam hal ini ketika ASI yang diberikan rendah, maka bayi lebih rentan berisiko mengalami gangguan kesehatan tertentu seperti kanker darah putih.

Melansir dari liputan6.com, bersumber dari penelitian menjelaskan bahwa ada hubungan antara lamanya memberi ASI pada anak dengan kejadian leukimia. Di mana anak yang mendapat ASI kurang dari 6 bulan lebih rentan terhadap risiko leukimia.

Nah itulah 9 penyebab kanker darah putih (leukimia) yang perlu diwaspadai. Pemeriksaan dengan dokter kesehatan diperlukan untuk mencegah penyakit kanker darah sedini mungkin.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI