8 Jenis Kacang-kacangan Paling Populer, Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 10 Desember 2020 14:33 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Kacang-kacangan Paling Populer, Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Berbagai jenis kacang-kacangan tentu saja sangat mudah di temui di Indonesia. Kacang-kacangan sendiri merupakan jenis makanan berupa biji yang di dalamnya terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Rasa dan bentuk dari kacang-kacangan sangat bervariasi serta harganya yang berbeda-beda. Tak heran banyak orang yang selalu menggunakan kacangan-kacangan sebagai pelengkap dalam membuat hidangan makanan atau camilan.

Perlu kalian ketahui pula jika kacang-kacangan mempunyai banyak keunggulan dari segi gizi seperti kaya asam amino lisin, sumber vitamin B yang baik, kacang-kacangan bersifat rendah kalori, rendah lemak, serta rendah garam natrium nih, mengandung juga sejumlah besar serat pangan yang jika terlarut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian memasukkan kacang ke dalam menu harian kalian ataupun sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi.

Nah, jika kalian termasuk orang yang gemar mengonsumsi kacang-kacangan, ada baiknya kalian mengetahui jenis kacang-kacangan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mungkin bukan jenis kacang-kacangan yang asing bagi kalian. Banyak olahan kacang kedelai yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan juga kacang kedelai yang diberi rasa tertentu dan menjadikannya sebagai camilan lezat.

Selain menjadi favorit berbagai kalangan, kacang kedelai juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan asam folat. Kacang kedelai juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan asam folat. Tak heran jika kacang kedelai banyak digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol, kesehatan jantung, melawan kanker, serta meningkatkan imunitas tubuh.

2. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang paling populer selanjutnya yakni kacang almond. Kacang jenis ini juga dikenal harganya yang relatif mahal dibandingkan kacang jenis lainnya. Kacang almond mengandung zat gizi serat, protein, lemak, vitamin E, mangan, magnesium dan vitamin B12.

Banyaknya kandungan tersebut membuat kacang almond mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan seperti menstabilkan tekanan darah, menjaga kolesterol, hingga mencegah penyakit kanker. Kalian bisa mendapatkan manfaatnya dengan menjadikan kacang almond sebagai camilan sehat.

3. Kacang Tanah

Kacang tanah menjadi camilan populer dan banyak orang menyukainya. Jenis kacang-kacangan yang satu ini kaya akan kandungan lemak, protein yang tinggi, zat besi, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin K, fosfor, lesitin, dan kolin.

Biasanya, kacang tanah diolah menjadi kacang rebus atau goreng yang menjadi salah satu camilan banyak digemari. Selain itu, kacang tanah juga bisa diolah menjadi masakan seperti gado-gado, bumbu siomay maupun digunakan bahan kue kering.

4. Kacang Hijau

Biji-bijian yang berukuran kecil dengan warna hijau yang khas itu tak kalah menjadi jenis biji-bijian populer yang disukai banyak orang. Ya, kacang hijau biasanya diolah menjadi makanan yang lezat seperti bubur kacang hijau, isian berbagai makanan bakpia, bakpau, dan lain-lain.

Kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi. Adapun manfaat kacang hijau bagi tubuh seperti mengontrol berat badan, melancarkan pencernaan, baik untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, mencegah kanker, hingga baik untuk ibu hamil.

5. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak nutrisi serta manfaat. Ukuran kacang merah berbentuk sedang dan bertekstur lembut bila diolah. Selain nikmat untuk dikonsumsi ternyata ada banyak loh manfaat kacang merah bagi tubuh dan kesehatan kalian.

Di dalam kacang merah terdapat banyak sekali kandungan seperti, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan juga zinc. Oleh sebabnya dapat membantu mencegah kanker, kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes, hingga kesehatan jantung.

6. Kacang Mete

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang relatif mahal. Hal ini tentu saja sebanding dengan rasanya yang begitu nikmat, renyah, gurih, dan asin yang cocok digunakan sebagai camilan favorit. Kacang mete juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, folat, niasin, dan asam pantotenat.

Dengan berbagai kandungan tersebut, kacang mete memiliki manfaat menyehatkan bagi kesehatan tubuh seperti melindungi kesehatan mata, memperkuat tulang, mengatasi migrain, hingga menyehatkan gigi.

7. Kacang Hazelnut

Kacang hazel merupakan jenis kacang-kacangan yang tergolong dalam spesies Filbert. Kulitnya berserat halus dan kacang bentuk bulat. Bijinya yang biasa dipanggang atau digiling ini punya banyak manfaat. Hazelnut dipercaya sebagai jenis kacang-kacangan yang mampu menurunkan peradangan, mengurangi kadar trigliserida, baik untuk jantung, serta menurunkan kolesterol jahat.

8. Kacang Polong

Kacang polong juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan bergizi tinggi. Kacang polong berasal dari biji tanaman sejenis kapri yang dimanfaatkan biji hijaunya. Warna hijau menyala kacang polong seringkali bisa menambah nafsu makan hingga mempercantik sajian makanan.

Namun siapa sangka dibalik bentuknya yang kecil dan mungil, kacang polong rupanya baik untuk kesehatan seperti mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, memperbaiki pencernaan, serta membantu menurunkan berat badan.

Itulah sederet jenis kacang-kacangan yang paling populer dengan berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Kira-kira jenis kacang-kacangan mana nih yang jadi favorit kalian?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI