10 Manfaat Pala Bagi Tubuh, Rempah Khas Indonesia yang Terkenal di Eropa

Kamis, 10 Desember 2020 15:22 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Pala Bagi Tubuh, Rempah Khas Indonesia yang Terkenal di Eropa
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pala merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang sangat populer di Eropa. merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Bahkan menjadi rempah-rempah yang memiliki nilai tinggi, dan menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Tentu saja hal ini bukan hanya karena pala sebagai penyedap makanan saja, tetapi karena manfaat pala juga sangat banyak bagi tubuh.

Bahkan hingga sekarang pala masih digemari dan diekspor ke benua Eropa untuk dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, hingga makanan. Berbagai macam hasil olahan dari buah pala juga mudah ditemukan. Jika di Indonesia buah pala mungkin hanya digunakan untuk tambahan masakan saja, berbeda di luar negeri yang sudah mengolahnya menjadi berbagai olahan seperti minuman kesehatan, produk kesehatan, obat tradisional dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh kandungan buah pala yang begitu banyak. Di antaranya ada kandungan, protein, lemak, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, asam oleanolat, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran bila manfaat pala sangat banyak sekali untuk tubuh.

Namun kira-kira apa saja ya manfaat pala tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 10 manfaat pala bagi kesehatan yang wajib banget kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Nutrisi Pada Pala

Sebelum mengetahui manfaat pala, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu nutrisi apa saja yang terdapat dalam pala tersebut. Dan ada banyak sekali nutrisi pada pala, dan inilah kandungan nutrisi dalam 100 gram buah pala:

Kalori 525
Lemak 36 gram
Karbohidrat 49 gram
Protein 6 gram
Natrium 16 miligram
Kalium 350 miligram
Kalsium 184 miligram
Zat besi 3 miligram
Magnesium 183 miligram
Vitamin C 3 miligram
Vitamin A 30 mikrogram
Vitamin B6 0,2 miligram
Niacin: 1,3 miligram

Dengan banyak kandungan nutrisi yang luar biasa tersebut, membuat pala banyak manfaat yang luar biasa. Dan membuat pala sebagai salah satu rempah yang bisa dibuat dengan berbagai jenis, seperti penyedap makanan, obat herbal, hingga kosmetik.

2. Menambah Nafsu Makan

Manfaat pala yang pertama yaitu dapat menambah nafsu makan pada seseorang. Bagi kalian sulit makan, maka kalian bisa loh menggunakan manfaat pala untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini tentu bisa kalian lakukan untuk anak-anak yang juga sulit akan makan.

Itu karena, di dalam pala terdapat kandungan enzim lipase yang bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan. Kalian bisa mencampurkan pala ke dalam makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi, agar nafsu makan pada anak dapat meningkat.

3. Mengatasi Asam Lambung

Kemudian manfaat pala yang selanjutnya yaitu, dapat mengatasi asam lambung dengan efektif. Yup! Asam lambung bisa dialami oleh siapa saja, dan asam lambung terjadi karena seseorang telat makan atau salah mengonsumsi sesuatu. Bila hal ini terjadi maka mereka yang terkena asam lambung akan mengalami gejala seperti, perut yang sakit, mual, muntah, sakit kepala, hingga tidak nafsu makan.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa loh menggunakan manfaat pala. Hal itu karena, kandungan zat saponin pada buah pala diyakini bisa meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi buah pala, asam lambung pada tubuh dapat berkurang dengan baik.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Siapa bila hanya coklat yang dapat meningkatkan suasana hati atau mood kalian? Nyatanya jenis rempah seperti pala dapat meningkatkan suasana hati kalian dengan baik loh KLovers. Dalam sebuah penemuan yang mengejutkan menemukan manfaat buah pala dalam mengatasi depresi. Hal ini karena efek antidepresan yang dimiliki oleh buah pala.

Kalian bisa loh mengonsumsi buah pala dalam bentuk minuman hangat. Minuman ini akan membuat kalian lebih rileks dan tenang. Bahkan kandungan magnesium dalam pala dapat mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon yang menciptakan rasa rileks. Tak hanya itu saja, serotonin berubah menjadi melatonin di otak, yang merupakan pendorong tidur, sehingga membantu seseorang menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari.

5. Melawan Infeksi Bakteri

Memiliki kandungan yang luar biasa, tidak heran bila manfaat pala dapat melawan infeksi bakteri. Hal itu dikarenakan senyawa anti bakteri yang terdapat di dalamnya. Buah pala ditemukan mampu mengatasi bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan Streptococcus mutans yang menjadi penyebab penyakit gusi dan lubang di gigi.

Tidak hanya bakteri penyebab gusi dan lubang di gigi, pala juga diyakini mampu melawan bakteri E.coli yang mematikan jika beredar di dalam darah. Meskipun manfaat-manfaat buah pala di atas telah didasarkan oleh riset, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah pala bagi kesehatan manusia.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk selalu diberikan nutrisi. Dalam meningkatkan kesehatan otak, kalian bisa loh menggunakan manfaat pala. Pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan. Senyawa ini dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang umumnya dimiliki pasien demensia atau penyakit alzheimer.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, senyawa tersebut dapat memperlambat efek kerusakan sistem saraf dan menjaga otak kalian tetap berfungsi dengan normal. Selain itu, manfaat pala juga dapat meningkatkan konsentrasi kalian dan menghilangkan kelelahan serta stres.

7. Mendetoks Tubuh

Nyatanya manfaat pala juga mampu menjadi tonic loh KLovers, dan tonic ini mampu mengeluarkan racun-racun tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pala dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal. Manfaat pala ini mampu membuat organ-organ tubuh bersih dari racun yang tersimpan, misalnya aja seperti alkohol, obat-obatan, polusi, atau makanan.

Selain itu, senyawa aktif yang terkandung di dalam pala dapat membantu melarutkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi dari ginjal dan hati. Sehingga tubuh kalian akan tetap sehat, karena setiap manusia memiliki racun di dalam tubuhnya. Dan racun-racun tersebut harus dikeluarkan dengan rutin agar tidak menjadi penyakit berbahaya yang menyerang tubuh.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Memiliki pencernaan yang baik merupakan salah satu tanda tubuh yang juga sehat. Selain olahraga, kalian juga bisa mengonsumsi makanan sehat dalam mengatasi masalah pencernaan. Dan salah satu makanan sehat tersebut ada rempah pala. Serat yang terdapat pada buah pala dapat merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus.

Selain itu, kandungan dalam pala juga mampu merangsang sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang memudahkan proses pencernaan. Kandungan serat pada buah pala juga dapat membantu masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung. Sehingga dengan mengonsumsi pala, kalian dapat mengatasi masalah pencernaan dengan baik dan efektif.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Tidak hanya itu, kesehatan mulut juga harus selalu dijaga loh agar tubuh tetap sehat. Bila mulut tidak dijaga degan baik, maka hal ini akan menimbulkan masalah seperti sariawan, sakit tenggorokan, plak gigi, bau mulut, hingga gigi berlubang. Dan untuk menjaga kesehatan mulut, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat pala.

Itu karena, di dalam pala terdapat kandungan berupa anti bakteri. Dan kandungan ini secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis. Selain itu, pala juga dapat meningkatkan kekebalan gusi dan gigi kalian. Serta dapat mengobati masalah gusi dan sakit gigi. Hal inilah yang membuat pala sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pala yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Bila ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat, maka meningkatkan sistem imun adalah hal yang penting. Itu karena, sistem imun mampu membuat tubuh terjauh dari penyakit yang terjadi akibat virus dan bakteri. Hal itu karena, kandungan berbagai vitamin salah satunya vitamin C dalam buah pala dipercaya bisa meningkatkan sistem imun. Sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

11. Menyehatkan Kulit

Dan manfaat pala yang terakhir yaitu dapat menyehatkan kulit. Pala mengandung zat scolopetin yang mampu menghentikan peradangan pada kulit. Bekas cacar, dan bisulan bisa dihilangkan dengan pala, sehingga kulit akan menjadi lebih halus lagi.

Cara menggunakan juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu memarut buah pala kemudian dicampur dengan madu dan air. Balurkan ke lokasi yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air hangat.

Itulah 10 manfaat pala bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Tidak hanya menjadi rempah untuk masakan saja, nyatanya manfaat pala juga sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh kalian. Bahkan kandungan pada pala juga mampu menutrisi tubuh dengan sangat baik.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI