Ini 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Ketahui Juga Cara Pakainya

Selasa, 30 Juni 2020 17:44 Penulis: Puput Saputro
Ini 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Ketahui Juga Cara Pakainya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak lama minyak zaitun dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan. Mulai dari memasak hingga dimanfaatkan sebagai obat. Minyak alami ini memang diketahui mempunyai banyak sekali manfaat. Bahkan, tidak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya, minyak zaitun untuk rambut.

Dilansir dari healthine.com, manfaat minyak zaitun untuk rambut dikarenakan kandungan sejumlah nutrisi dan senyawa kimia alami yang dibutuhkan untuk rambut. Kandungan vitamin E yang terkandung pada minyak zaitun dipercaya baik untuk rambut. Selain itu, dalam sejumlah senyawa yang dibutuhkan rambut juga ditemukan di minyak zaitun, seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Kandungan senyawa tersebut biasa ditemukan di produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan pomade.

Oleh karena itu, minyak zaitun bisa jadi pilihan yang tepat bagi orang mendambakan rambut yang indah dan sehat. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut, beserta cara menggunakannya.

 

1. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok jadi masalah yang sering dialami banyak orang. Rambut rontok tidak bisa dianggap remeh, sebab jika dibiarkan begitu saja bisa berujung pada kebotakan. Sebenarnya saat ini, sudah ada banyak produk perawatan rambut seperti sampo dengan spesifikasi anti rontok. Namun, pemilihan sampo yang tidak cocok justru bisa memperparah kerontokan rambut.

Kalian bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok minyak kelapa. Gunakan campuran minyak tersebut sebagai sampo. Oles dan usap ke kulit kepala, sambil melakukan pijatan-pijatan kecil. Setelah merata, bungkus rambut menggunakan handuk, diamkan beberapa jam. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Menebalkan Rambut

Salah satu ciri rambut yang sehat ialah rambut yang tebal. Rambut yang lebat menandakan tercukupinya asupan nutrisi. Nah, untuk melebatkan rambut kalian juga bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk rambut. Sebab, tidak hanya mengatasi kerontokan, minyak zaitun juga dipercaya bisa menyuburkan rambut. Sebab, kandungan nutrisi dalam minyak zaitun akan memenuhi kebutuhan nutrisi rambut.

Untuk menebalkan rambut, terlebih dahulu kalian harus menghangatkan minyak zaitun. Setelah itu, usapkan minyak zaitun ke permukaan kulit kepala. Usap sambil lakukan pijatan-pijatan kecil agar minyak lebih meresap. Jika dirasa sudah merata kalian bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar didapat hasil yang maksimal.

3. Mengatasi Ketombe

Siapa yang bisa tahan dengan ketombe? Ketombe bisa membuat kulit kepala terasa gatal luar biasa. Tidak hanya gatal, ketombe juga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti jamur. Beruntung, salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah bisa mengatasi ketombe.

Tidak perlu ribet, kalian bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit kepala yang kering. Aplikasikan dengan cara mengusap dan memijat. Agar semakin merata, kalian juga bisa menggunakan sisir. Ratakan minyak zaitun, sekaligus membersihkan serpihan ketombe di kepala. Apabila minyak zaitun sudah merata, bilas rambut dengan air bersih.

4. Membasmi Kutu Rambut

Hampir sama seperti ketombe, kutu rambut juga bisa menyebabkan gatal dan berkurangnya rasa percaya diri. Namun, kutu merupakan masalah rambut yang lebih serius. Sebab, gangguan kesehatan rambut ini disebabkan hewan hidup yang supir kecil. Sehingga untuk mengatasinya tentu tidak akan semudah mengatasi ketombe.

Kalian bisa menggunakan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut. Caranya hampir sama seperti saat mengatasi ketombe. Hanya kalian disarankan untuk memakai sisir dengan jarak yang rapat. Tujuannya tentu saja agar bisa menyaring kutu-kutu di rambut. Membasmi kutu rambut dengan minyak zaitun harus dilakukan secara sabar. Sebab, tidak akan semudah saat menggunakan produk perawatan rambut non-alami.

5. Menjaga Kelembapan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut berikutnya tidak jauh seperti pomade atau gel. Produk alami ini bisa membuat rambut kalian jadi lebih mudah diatur. Sebab, minyak zaitun dipercaya bisa menjaga kelembapan rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak zaitun sangat disarankan untuk rambut kering dan tipis. Selain melembabkan rambut, minyak zaitun juga akan menjaga kesuburan kulit kepala.

Untuk menjaga kelembapan rambut, kalian bisa menggunakan minyak zaitun tak ubahnya saat memakai pomade atau gel. Gunakan setelah mandi atau keramas, dengan cara mengusapkannya secara merata sebelum menyisir rambut.

6. Baik untuk Rambut Bayi

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bayi. Para orang tua bisa menggunakan minyak zaitun sebagai sampo alami. Manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi dipercaya akan merangsang tumbuhnya rambut tumbuh hitam berkilau dan lebat. Selain itu, karena merupakan produk alami orang tua tidak perlu mengkhawatirkan adanya efek samping untuk kulit kepala bayi yang masih sensitif.

Orang tua bisa memakai minyak zaitun sebagai sampo bayi. Usapkan dengan lembut ke kepala bayi saat dimandikan. Jangan langsung bilas, cukup keringkan dengan handuk dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Itulah di antaranya beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut. Bagaimana, apa kalian jadi tertarik mencobanya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI