Sering Mandi Malam? Berikut 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan yang Tidak Bisa Disepelekan

Selasa, 30 Juni 2020 15:22 Penulis: Dita Tamara
Sering Mandi Malam? Berikut 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan yang Tidak Bisa Disepelekan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian salah satu orang yang mempunyai kebiasaan mandi malam? Mungkin ada beberapa alasan mengapa mempunyai kebiasaan mandi malam. Hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya aktivitas dari pagi hingga malam. Meskipun terkadang seseorang mengalami dilema apakah harus mandi atau tidak, namun kebanyakan orang memilih untuk mandi malam karena sudah seharian berkeringat dan supaya bisa tidur nyenyak tanpa gerah.

Namun apakah kalian tahu jika mandi malam ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan? Hal itu mungkin sudah sering kalian dengar larangan dari orangtua kalian untuk tidak boleh mandi malam.

Membiasakan diri untuk mandi malam dengan air dingin akan berdampak buruk pada kesehatan loh. Untuk itu kalian harus menghindarinya. Nah, lalu apa saja dampak buruk mandi malam bagi kesehatan?

 

1. Menyebabkan Asam Urat

Asam urat salah satu kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Nah, apabila kalian sering mandi malam, maka hal tersebut dapat memicu penyakit asam urat. Meskipun menyegarkan tubuh saat mandi malam, air dingin dapat membuat sendi-sendi terasa nyeri.

2. Rematik

Selain asam urat, membiasakan mandi malam ternyata dapat menyebabkan rematik. Rematik sendiri salah satu kondisi yang disebabkan oleh peradangan kronis. Umumnya, rematik menyebabkan nyeri pada sendi-sendi di kedua sisi tubuh, diikuti kekakuan sendi. Rematik bisa disertai pembengkakan, merah, dan teraba panas pada daerah yang nyeri.

3. Menyebabkan Demam

Selanjutnya, dampak buruk apabila kalian sering mandi malam yaitu dapat menyebabkan demam. Hal ini lantaran pori-pori tubuh dan panas tubuh akan mulai naik di malam hari. Maka, jika tubuh panas dan disiram air dingin di malam hari, maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kalian panas dan dingin seperti demam.

4. Nyeri Otot

Efek mandi malam hari dengan air dingin sebelum tidur akan membuat pori-pori terbuka. Akibatnya, hal tersebut dapat memicu masalah nyeri pada otot. Nyeri otot sendiri bisa digambarkan dengan rasa kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot. Oleh sebabnya, mulai sekarang hindari untuk mandi malam dengan air dingin.

5. Osteoporosis

Osteoporosis salah satu kondisi berkurangnya kepadatan tulang. Hal ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Adapun gejala osteoporosis yang perlu kalian ketahui seperti nyeri punggung, postur badan membungkuk, dan mudah mengalami patah tulang. Oleh sebabnya, hindari mandi malam karena kemungkinan besar dapat terkena osteoporosis.

6. Pilek

Selain itu, jika kalian tetap masih membiasakan diri untuk mandi malam, maka hal tersebut dapat memicu timbulnya pilek. Tentu kondisi tersebut akan menyiksa di malam hari dan menyebabkan tubuh masuk angin dan terasa panas. Oleh sebabnya, hindari mandi malam apalagi jika suhu tubuh kalian masih tinggi.

7. Memicu Penuaan Dini

Tahukah kalian jika mandi malam dapat memicu penuaan dini? Hal ini lantaran tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin di malam hari. Oleh sebab itu, akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Nah, metabolisme yang terganggu akibat mandi air dingin pada malam hari akan berimbas pada metabolisme lemak. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

Itulah sederet dampak buruk apabila membiasakan diri untuk mandi malam. Oleh sebabnya, hindari kebiasaan tersebut untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI