5 Fakta Seputar Subak, Sistem Irigasi yang Sering Jadi Spot Foto Favorit di Bali

Senin, 29 Juni 2020 18:22 Penulis: Puput Saputro
5 Fakta Seputar Subak, Sistem Irigasi yang Sering Jadi Spot Foto Favorit di Bali
Subak (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Senin 29 Juni 2020, halaman awal google menampilkan ilustrasi yang sangat khas Indonesia, yaitu Subak. Ilustrasi tersebut diketahui dibuat oleh seorang seniman ilustrator asal Indonesia bernama Hana Augustine. Penampilan Subak di halaman awal google ternyata sebagai bentuk peringatan, tercatatnya Subak sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Subak merupakan sistem irigasi untuk area persawahan di Bali. Tidak hanya menyangkut infrastruktur dan teknis pengairan, Subak juga meliputi tatanan sosial masyarakat setempat. Hal inilah yang kemudian membedakan Subak dengan sistem perairan atau irigasi di daerah lainnya. Selain itu, masih ada berbagai fakta menarik tentang Subak.

Berikut di antaranya beberapa fakta menarik tentang Subak yang hari ini muncul di halaman awal google.

 

1. Sistem Irigasi Bali

Subak atau sistem irigasi di Bali sudah diterapkan bertahun-tahun. Menurut sebuah sumber Subak sudah dipakai sebagai sistem irigasi sejak abad ke-9. Diterapkan secara turun temurun dari generasi ke generasi, Subak menjadi budaya yang mengakar kuat di masyarakat Bali.

Subak tidak hanya membuat lahan pertanian di Bali subur karena bisa teraliri air sepanjang tahun. Subak juga diyakini turut menjaga keseimbangan dan kelestarian alam. Inilah yang membuat Subak menjadi begitu istimewa.

2. Sarat Akan Filosofi

Subak yang tidak hanya mendatangkan keuntungan ekonomi, tapi juga ekologis sejalan dengan sebuah pepatah Bali kuno. Pepatah Bali tersebut berbunyi, "Tri Hita Karana" yang kurang lebih berarti "Tiga Penyebab Kesejahteraan". Ketiga penyebab kesejahteraan yang dimaksud dalam pepatah tersebut adalah kerohanian, antarpribadi, dan harmoni alami.

3. Masuk Situs Warisan Dunia

Seperti yang sudah disinggung di awal, Subak jadi salah satu kebudayaan Indonesia yang dicatat UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Subak diakui sebagai warisan budaya sejak 29 Juni 2012 lalu. Tercatatnya Subak, menambah daftar panjang warisan budaya dunia dari Indonesia, setelah sebelumnya dari kategori cagar budaya terdapat Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Prasejarah Sangiran.

4. Spot Foto Favorit Turis

Selain mendatangkan keuntungan ekonomi dan ekologis, Subak Bali juga membuat area persawahan di Pulau Dewata jadi mempunyai lanskap yang indah dan asri. Tak bisa ditemui di daerah dan negara lain, Subak Bali juga jadi destinasi wisata andalan. Banyak turis domestik dan mancanegara yang terpukau dengan keindahan area persawahan dan Subak Bali. Jadi, jangan heran jika banyak yang menjadikan Subak sebagai lokasi foto favorit. 

5. Pernah Dikunjungi Barak Obama

Keindahan Subak yang sudah tak terbantahkan juga pernah memikat hati presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama. Dilansir dari liputan6.com, Obama diketahui pernah mendatangi Subak di kawasan Desa Jatiluwih, Tabanan, pada Minggu, 25 Juni 2017 silam. Saat itu, Obama tampak sangat menikmati kunjungannya ke area persawahan dengan luas 636 hektar yang sangat asri itu.

Nah itulah di antaranya beberapa fakta seputar Subak Bali yang hari ini muncul di halaman awal google. Bagaimana, tertarik untuk memasukkan Subak Bali ke dalam list tempat yang akan dikunjungi saat ke Bali?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI