Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan, Mampu Jaga Kesehatan Mata - Atasi Pendarahan

Senin, 29 Juni 2020 19:44 Penulis: Dita Tamara
Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan, Mampu Jaga Kesehatan Mata - Atasi Pendarahan
Manfaat apel hijau (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apel menjadi buah favorit yang banyak digemari oleh orang karena memiliki rasa yang menyegarkan. Selain itu, perlu kalian ketahui, manfaat apel hijau sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsinya secara rutin. Kalian tidak hanya mengonsumsi buahnya saja lo, sekarang sudah banyak varian olahan dari apel hijau yang mungkin bisa kalian nikmati seperti jus apel, keripik apel, selai apel dan lain sebagainya. Namun, jika kalian ingin mendapatkan khasiat sehat dari apel hijau, alangkah lebih baik jika kalian mengonsumsinya secara langsung.

Apel hijau sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Dengan begitu, kalian tidak perlu repot-repot susah mencarinya. Apel hijau juga kaya akan vitamin A, C, dan K dimana sumber baik dari zat besi, kalium, kalsium, antioksidan, dan flavonoid. Meskipun buah apel memiliki beberapa jenis varian, namun kali ini kita akan membahas manfaat buah apel hijau yang perlu kalian ketahui. Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Menyehatkan Gigi

Gigi yang bersih dan sehat tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri ketika tersenyum. Untuk menghasilkan gigi yang sehat, ada baiknya untuk mengonsumsi apel hijau. Apel hijau memiliki kandungan vitamin K dalam daging buahnya yang mampu menyehatkan perkembangan gigi. Selain itu, mengunyah apel juga dapat menguatkan akar-akar gigi dan menghindari munculnya karang gigi penyebab bau mulut.

2. Menangani Pendarahan

Selanjutnya manfaat apel hijau mampu untuk mencegah suatu pendarahan yang sedang dialami. Pendarahan sendiri kondisi dimana munculnya permasalahan penyakit yang cukup serius dan harus segera ditangani. Kandungan vitamin K pada buah apel juga mampu mencegah pendarahan secara berlebihan. Jika tidak segera ditangani, tentu saja dapat berakibat tubuh tidak berdaya karena darah keluar secara berlebih.

3. Manfaat Apel Hijau untuk Diet

Bagi kalian yang sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi apel hijau karena rendah kalori dan konsentrasi phytonutrisi tinggi sehingga cocok bagi kalian yang ingin memperoleh berat badan yang ideal. Selain itu, mengonsumsi buah apel hijau dapat membuat kalian menjadi kenyang untuk jangka waktu yang lama. Sehingga kalian tidak mudah laper dan menghindari banyak makanan yang dikonsumsi.

4. Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, sangat baik mengonsumsi apel hijau karena apel hijau mengandung gula lebih sedikit dan lebih banyak serat dibandingkan dengan apel merah. Selain itu, kandungan serat larut apel hijau yang tinggi, dapat berperan dalam metabolisme gula dan membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai sumber energi. Ada baiknya kalian mengonsumsi apel di pagi hari untuk mengurangi hasrat memakan makanan manis, khususnya penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Mengingat organ tersebut sangat penting bagi tubuh, oleh karena itu sudah sebaiknya untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Hal alami yang dapat menjaga kesehatan kardiovaskular dengan rutin mengonsumsi buah apel hijau. Diketahui apel hijau kaya akan potassium, mineral penting yang menyeimbangkan elektrolit tubuh untuk melindungi otot dan jantung.

6. Menyehatkan Mata

Ternyata buah apel hijau sangat baik dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan mata. Hal ini lantaran buah apel hijau mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Vitamin A dalam buah ini cukup banyak, sehingga mampu merangsang pada kesehatan mata dengan baik. Namun, hal yang perlu kalian perhatian yaitu tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Hal ini karena dapat merusak sel-sel tulang sehingga dapat mengganggu keutuhan vitamin D yang diperlukan.

7. Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang juga perlu diperhatikan semakin bertambahnya usia. Untuk menjaganya, sebaiknya rutin untuk mengonsumsi buah apel hijau. Menurut hasil studi, telah menemukan bahwa vitamin K, kalium, dan kalsium dalam apel hijau cukup bekerja efektif dalam mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan tulang.

8. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan yang paling ditakuti oleh semua orang. Untuk mengatasinya, sebaiknya rutin untuk mengonsumsi apel hijau. Hal ini karena apel hijau mengandung vitamin C yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian mengonsumsi apel hijau baik untuk mencegah diri dari penyakit kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi apel hijau bagi kesehatan yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI