Inspiratif, Kisah Tunawisma Selamatkan Dompet Berisi Uang Rp 8 juta

Sabtu, 16 Desember 2017 13:00 Penulis: Tyssa Madelina
Inspiratif, Kisah Tunawisma Selamatkan Dompet Berisi Uang Rp 8 juta
(Credit: Dailymail UK)

Kapanlagi Plus - Kejujuran itu mahal harganya. Meski terlihat sederhana, namun kejujuran adalah salah satu sikap yang cukup sulit untuk dilakukan. Ketika sudah mulai banyak orang sangsi akan makna tersebut, pria ini justru membuktikan bahwa hal itu bukan sesuatu yang langka dan tidak sulit untuk dilakukan.

Pria tersebut bernama James John McGeown, ia adalah seorang tunawisma yang sering berlalu lalang di daerah Glasgow, Skotlandia. Suatu hari ketika ia sedang berada di depan gedung Pengadilan Glasgow, ia melihat sebuah mobil terparkir di depan gedung tersebut. Nampaknya, pengemudi mobil lupa untuk menutup kacanya, sehingga dompet yang tertinggal di dalam dapat terlihat dengan jelas.

Rekan kerja John, Alyshia memeluk James sembari mengucapkan terimakasih. (Credit: Dailymail UK)Rekan kerja John, Alyshia memeluk James sembari mengucapkan terimakasih. (Credit: Dailymail UK)

Karena khawatir dompet tersebut dicuri orang, James pun berdiri di dekat area mobil tersebut sembari menjaganya. Bahkan ketika hujan turun dengan deras, James tetap berdiri di posisinya sembari menunggu pemilik mobil tiba. Berselang dua jam, ia mulai gelisah dan memikirkan sebuah solusi.

James masuk ke gedung pengadilan tersebut dan menitipkannya ke salah satu kantor pengacara untuk disimpan baik-baik. Tak lama kemudian, sang pemilik mobil yang diketahui bernama John McMonagle tiba dengan seorang rekan kerjanya yang bernama Alyshia Orford dan menemukan sebuah catatan bahwa barang miliknya yang tertinggal di mobil ada di gedung pengadilan. John bersyukur karena dompet tersebut berhasil diselamatkan mengingat ia masih menyimpan uang senilai Rp 8 juta di dalamnya.

John menggalang dana untuk membantu para tunawisma di Glasgow. (Credit: Dailymail UK)John menggalang dana untuk membantu para tunawisma di Glasgow. (Credit: Dailymail UK)

Karena penasaran, John pun mencari siapa pria yang telah membantunya tersebut dan berhasil bertemu dengan James. Ketika John menyerahkan imbalan atas bantuannya, James justru menolak. "Aku memberinya Rp 700 ribu tapi dia tidak mau, jadi aku belikan sepatu boots dan sleeping bag baru untuknya," tutur John seperti dilansir dari Dailymail.

John tak percaya masih ada orang baik hati di dunia ini. Terinspirasi dengan kebaikan sang tunawisma, ia pun menggalang kampanye untuk membantu para tunawisma yang ada di Glasgow dan Clydebank. Donasi yang terkumpul hampir Rp 100 juta tersebut akan distribusikan sebaik mungkin.

Lewat kisah John, banyak orang yang merasa tersentuh akan kebaikan hati James. Bahkan kini, berkat bantuan salah seorang donatur, James sudah mendapatkan tempat tinggal gratis dan pekerjaan tetap. Tak disangka ya, ternyata kebaikan kecil begitu bermakna besar buat diri sendiri dan sekitarnya.

(dai/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI