Jadi 'Juru Masak' saat Merantau, Menu Sedap Madamehiang Bisa Obati Rindu Masakan Rumahan

Selasa, 21 September 2021 14:44 Penulis: Jeffrey Winanda
Jadi 'Juru Masak' saat Merantau, Menu Sedap Madamehiang Bisa Obati Rindu Masakan Rumahan
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Makanan-makanan nusantara memang tak ada duanya. Rasanya bikin kangen, apalagi kalau lama tak sempat memakannya. Ini sering terjadi ketika merantau. Menu masakan khas kampung halaman yang terkadang sulit dijumpai, jadi salah satu yang sangat dirindukan.

Jika sudah begini, memasak sendiri jadi salah satu jalan. Seperti cerita Belinda Etenia saat merantau di Jakarta. Siapa sangka, kebiasaan memasak saat kuliah itu kini menjadi salah satu penghasilannya dengan membuka Madamehiang. Kepada ManisdanSedap.com, Belinda pun membagikan cerita itu.

Kangen Makanan Rumah di Rantauan

Perempauan asal Medan ini bercerita dia kerap memasak makanan rumahan bersama teman-teman sesama mahasiswa di Jakarta. Mereka yang memiliki kampung halaman yang sama pun patungan untuk membeli bahan lantas memasaknya.

"Jadi kan kami anak rantau gitu, nah kami pasti rindu masakan rumahan, jadinya saya berinisiatif untuk masak dan makan bareng bersama teman-teman yang ingin makan bareng, bahan-bahannya juga kami beli patungan jadi hemat juga kak," katanya yang mengambil pendidikan musik, tepatnya pianis.

Dia menyadari, skill memasaknya saat itu tidak bisa disebut sampai level jago. Namun, makanan yang dia masak cocok di lidah teman-temannya. Bahkan tak sedikit yang menyarankan untuk berjualan.

"Kalo dibilang jago si saya nggak tau, cuman ya yang makan pada bilang enak dan bilang kenapa nggak jualan aja?" kenangnya.

Memasak Jadi Pelampiasan Stres

(c) Instagram/madamehiang(c) Instagram/madamehiang

Namun saat itu menurut Belinda dirinya harus fokus dengan kuliah. Apalagi dia juga harus rajin latihan musik. Alhasil, ide dari teman-temannya harus ditunda dulu. Meski begitu, memasak diakuinya menjadi aktivitas untuk melampiaskan stres. Dia memasak berbagai makanan rumahan menggunakan resep yang didapatkan dari Youtube dan juga resep dari sang Oma.

"Hobi banget masak, jadi kalo lagi stres pelampiansannya ke masak. Seringnya dulu masak ayam hainam, telur kukus, sup obat ayam, atau tumis sayuran," katanya yang kini menempuh pendidikan S2.

Berani Buka Madamehiang saat Awal Pandemi

(c) Instagram/madamehiang(c) Instagram/madamehiang

Memasuki 2020, perkuliahan Belinda mulai dilakukan secara daring akibat pandemi COVID-19. Saat itu ide untuk memulai usaha kuliner muncul. Nama Madamehiang dipilih menjadi nama usahanya, yang mana menggunakan nama sang Oma.

Belinda mulai membuat frozen food untuk dijual karena praktis untuk konsumen. Masakan-masakan yang tersedia di Madamehiang pun mayoritas menggunakan resep dari sang Oma. Ada beberapa menu yang dibuat frozen food, tapi ada pula yang tidak.

Pak Cam Kee (Ayam Rebus) Madamehiang pun menjadi favorit konsumen di Medan. Sedangkan Samcan Cabe Ijo menjadi menu sedap frozen food terfavorit lainnya.

"Saya pakai rempah alami dan pastinya higienis banget karena tiap packaging kami selalu bersihkan terlebih dahulu. Kalau untuk menu Cabe Ijo, kami menggunakan rempah yang sangat khas dan beda dari cabe ijo biasanya," kata Belinda.

Tak cuma dua menu itu, Tahu Shimeji Madamehiang juga enak untuk santap siang. Kombinasi bahan sayuran bayam, tahu, sayur poileng dan taburan Shimeji serta saus yang cenderung manis, bikin lidah bergoyang.

Pesan Langsung di ManisdanSedap.com

Menu frozen food Madamehiang bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Mulai dari Pork Cabe Ijo, Pork Rendang, dan Sambal Cabe Ijo. Sedangkan menu lainnya baru bisa dipesan di sekitar kota Medan saja. Menu-menu yang menggugah selera itu bisa langsung kamu pesan lewat ManisdanSedap.com. Kamu tinggal pilih menu yang kamu mau dan akan segera terhubung dengan Madamehiang.

Para pecinta kuliner bisa menemukan menu-menu lezat lainnya langsung dari seller melalui ManisdanSedap.com yang merupakan bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY). Sebagai Digital Media Network, KLY menaungi media-media lain seperti Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co.id, Brilio.id, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

#AyoPO sekarang!

Penulis: Dini A. Tyas

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

(kpl/jef)

Editor:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI