Jadi Menu Andalan, Ini 7 Makanan Jaga Kesehatan Hati - Bantu Pembersihan Racun

Senin, 03 Agustus 2020 21:11 Penulis: Nurul Wahida
Jadi Menu Andalan, Ini 7 Makanan Jaga Kesehatan Hati - Bantu Pembersihan Racun
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi menyeimbangkan tubuh tetap sehat dan stabil. Sebab sebagian besar fungsi hati erat kaitannya dengan kesehatan tubuh mulai dari otak hingga masalah pencernaan. Sejumlah makanan untuk menjaga kesehatan hati bahkan sering jadi menu andalan agar terhindar dari liver serta membantu membersihkan organ hati.

Seperti diketahui menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan agar kehidupan dapat berjalan seimbang dan normal. Beberapa faktor masalah kesehatan tubuh bisa dipengaruhi oleh paparan radikal bebas baik polusi, makanan, serta gaya hidup tak sehat lainnya.

Salah satunya yang terpenting untuk dijaga kesehatannya adalah hati. Dimana hati yang sehat juga bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh seperti meningkatkan sistem imun, menyehatkan pencernaan, meningkatkan energi dan lain sebagainya yang sebagian besar berhubungan dengan berbagai organ tubuh lainnya.

Dalam hal ini makanan atau asupan yang masuk ke dalam tubuh memiliki andil besar bisa memengaruhi kesehatan. Namun cukup banyak diantaranya yang bisa memberikan manfaat agar organ hati tetap terjaga dan terhindar dari sakit liver.

Lalu apa saja makanan yang bisa menjaga kesehatan hati agar terhindar dari liver?

Adapun makanan yang bisa menjaga kesehatan hati serta bantu pembersihan racun terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Makanan ini bahkan cukup banyak menjadi menu andalan yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati tetap terjaga. Berikut x makanan untuk menjaga kesehatan hati serta bantu pembersihan racun dari berbagai sumber.

 

1. Kacang

Makanan yang bisa menjaga kesehatan hati yang juga kerap jadi menu andalan salah satunya adalah kacang. Kacang sendiri mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh serta bermanfaat bagi kesehatan. Sebut saja mulai dari vitamin E, protein dalam kacang tersebut bisa menjaga kesehatan hati termasuk beberapa organ tubuh lainnya seperti jantung.

Mengutip dari healthline berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 106 orang dengan penyakit hati menemukan bahwa makan kacang dikaitkan dengan peningkatan kadar enzim hati. Hal ini juga termasuk biji-bijian lain yang juga miliki fungsi serupa agar hati tetap terjaga kesehatannya. Namun memang masih perlu pengembangan lebih lanjut mengenai manfaat kacang tersebut sebagai makanan yang bisa menjaga kesehatan hati.

2. Oatmeal

Makanan yang bisa menjaga kesehatan hati yang lainnya juga dapat diperoleh dari oatmeal. Oatmeal sendiri kerap digunakan sebagai menu makan sehat untuk bantu atasi sejumlah masalah kesehatan tubuh. Mengenai fungsi makanan oatmeal untuk organ hati lantaran kandungan nutrisi di dalamnya berupa serat tinggi yang bisa membantu menjaga hati tetap sehat dan stabil.

Bahkan sebuah penelitian dalam International Journal of Molecular Sciences juga mengungkapkan beta-glukan dalam oatmeal yang diperoleh dari gandum dapat membantu melawan peradangan dan mencegah diabetes serta obesitas. Di dalam penelitian tersebut juga menemukan jika kandungan nutrisi beta-glukan dalam membantu mengurangi jumlah lemak yang tersimpan dalam hati. Namun penelitian ini diuji coba pada hewan yang masih diperlukan pengembangan lebih lanjut.

3. Sayuran Hijau

Sejumlah sayuran juga cukup banyak menawarkan nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Termasuk untuk menjaga kesehatan hati agar tetap sehat dan baik. Dalam hal ini sayuran hijau seperti kol, bayam, dandelion dan kale dapat berperan melakukan detoksifikasi hati dan membersihkan racun di dalamnya. Bahkan dandelion cukup populer digunakan untuk mendetoksifikasi hati dan memberikan manfaat bagi produksi empedu hati dan kandung empedu untuk kesehatan pencernaan.

4. Bawang Putih

Makanan yang bisa menjaga kesehatan hati juga dapat diperoleh dari kandungan nutrisi dalam bawang putih. Bawang putih termasuk salah satu bahan makanan yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur dengan khasiat cukup banyak bagi kesehatan.

Mengutip dari medcalnewstoday.com, dari penelitian dalam jurnal Advanced Biomedical Research mencatat bahwa konsumsi bawang putih dapat mengurangi berat badan dan kadar lemak pada orang dengan NAFLD yang merupakan penyakit hati non alkoholik.

5. Ikan Berlemak Sehat

Makanan lain yang bisa menjaga kesehatan hati selanjutnya berasal dari ikan. Ikan sendiri mengandung cukup banyak nutrisi dan zat sehat di dalamnya seperti lemak omega-3, protein yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu ikan yang cukup populer menawarkan nutrisi tersebut adalah ikan salmon. Dimana  kandungan dalam ikan tersebut bisa mempertahankan tingkat enzim di hati sehingga terjaga kesehatannya.

6. Anggur

Buah yang satu ini pastinya cukup banyak menjadi salah satu jenis buah yang miliki banyak peminat. Selain rasanya yang manis dan asam, rupanya anggur juga bisa bermanfaat sebagai makanan yang bisa menjaga kesehatan hati. Sebuah penelitian dalam World Journal of Gastroenterology melaporkan bahwa anggur beserta bijinya mengandung antioksidan tinggi dan mampu mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan hati.

7. Blueberry

Makanan yang bisa menjaga kesehatan hati juga dapat ditemukan dalam kandungan nutrisi blueberry. Blueberry sendiri mengandung polifenol yang bisa melindungi hati dari penyakit NAFLD. Bukan hanya itu saja, blueberry juga mengandung antioksidan tinggi seperti anthocyanin yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam blueberry dapat memperlambat perkembangan lesi dan fibrosis, perkembangan jaringan parut pada hati tikus. Ada pula penelitian lain yang menyebutkan jika ekstrak blueberry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati manusia. Namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat efek tersebut pada manusia.

Nah itulah 7 makanan untuk menjaga kesehatan hati hingga bantu pembersihan racun. Namun agar kesehatan tubuh tetap terjaga tentunya diperlukan beberapa asupan sehat dan gaya hidup lainnya. Konsultasi diperlukan apabila ingin mengonsumsi makanan di atas sebagai makanan andalan untuk menjaga kesehatan hati agar dapat diketahui takaran tepatnya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI