Lakukan dari Sekarang, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Fungsi Hati dengan Tepat

Rabu, 15 Juli 2020 19:22 Penulis: Dita Tamara
Lakukan dari Sekarang, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Fungsi Hati dengan Tepat
Ilustrasi (credit: shutterstock)


Kapanlagi Plus - Hati atau liver salah satu organ terpenting yang ada pada tubuh manusia. Hati sendiri berfungsi untuk menyaring racun yang masuk dalam tubuh kalian melalui darah. Hati juga dapat memperbaiki dan meregenerasi jaringannya yang rusak. Oleh sebabnya, menjaga fungsi hati sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengidap penyakit ini. Tentu, hal tersebut tidak bisa dianggap remeh. Sebab, jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan menimbulkan komplikasi serius. Selain itu, tak jarang orang yang menderita penyakit liver dapat mengancam nyawa si penderita.

Secara umum, penyebab penyakit liver bisa berasal dari infeksi oleh parasit dan virus. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, liver adalah organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, tetapi jika sel-sel yang dibutuhkan hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

Nah, untuk itu, ada baiknya kalian sangat peduli terhadap kesehatan fungsi hati atau liver. Berikut ini tips menjaga kesehatan fungsi hati atau liver yang perlu kalian terapkan.

 

 

1. Lakukan Imunisasi

Penyakit hati atau liver bisa disebabkan oleh virus. Untuk pencegahannya, kalian bisa melakukan imunisasi sedini mungkin. Bahkan, beberapa jenis vaksin hepatitis seperti vaksin hepatitis B sudah disarankan untuk diberikan pada bayi yang baru lahir. Dengan melakukan imunisasi dalam pemberian vaksin hepatitis, akan memberikan perlindungan bagi tubuh untuk dapat menyerang penyakit tersebut.

 

2. Minum Air Putih

Tahukah kalian jika hati atau liver merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menetralisir berbagai macam zat yang berbahaya di dalam tubuh. Oleh sebabnya diperlukan pemenuhan asupan air di dalam tubuh dengan selalu meminum air putih. Tentunya, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika seseorang sangat disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Sebab, jika tubuh kekurangan air maka kerja liver untuk menetralisir racun akan semakin berat karena tidak adanya larutan yang mampu membantu melarutkan zat-zat tersebut. Di sinilah air berperan penting untuk membantu melarutkan berbagai zat dan bahan-bahan kimia di dalam tubuh.

 

3. Jangan Konsumsi Alkohol

Penyakit hati bisa diakibatkan karena mengonsumsi alkohol yang berlebihan dan dalam waktu lama. Selain menyebabkan hati mengalami peradangan, pembengkakan dan psirosis atau pengerutan pada organ liver, penyalahgunaan konsumsi alkohol ini dapat mengurangi kemampuan sel hati untuk memperbarui diri. Akibatnya, penderita akan mengalami gangguan hati serius dan kerusakan hati permanen.

Sebab, ketika seseorang mengonsumsi minuman alkohol, otomatis liver bekerja terlalu keras untuk membersihkan alkohol dalam tubuh, sehingga penyakit tersebut bisa muncul. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit sirosis hati, jangan coba-coba untuk mengonsumsi alkohol.

 

4. Konsumsi Obat Sesuai Dosis

Jika kalian melakukan pencegahan demi kesehatan hati, ada baiknya kalian berhati-hati saat mengonsumsi obat dan konsumsilah sesuai dosis. Sebab, hati atau liver berfungsi mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Maka, jika kalian terbiasa mengonsumsi obat demam, obat batuk dan suplemen tubuh, dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu memperberat kerja hati dan dapat merusak organ hati.

 

 

5. Konsumsi Sayuran Hijau

Pola makan merupakan salah satu faktor yang menentukan kesehatan organ tubuh termasuk liver. Agar terhindar dari berbagai penyakit liver yang berbahaya, ada baiknya kalian mengonsumsi sayuran hijau seperti kol, brokoli, bayam, dan lainnya.

Sebab, jika kalian rutin mengonsumsi sayuran hijau, maka kerja liver akan semakin ringan karena lalu lintas metabolisme dalam tubuh dapat diatur dengan baik. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga sangat diperlukan karena dapat membantu mencegah penyakit liver.

Itulah sederet tips menjaga kesehatan organ hati atau liver. Oleh sebabnya, hindari diri dari berbagai ancaman buruk terhadap kesehatan ginjal seperti anjuran di atas. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI