Jomblo Boleh Sombong, Survey BPS Tunjukkan Single Lebih Bahagia!

Kamis, 17 Agustus 2017 14:18 Penulis: Agista Rully
Jomblo Boleh Sombong, Survey BPS Tunjukkan Single Lebih Bahagia!
The Odyssey Online

Kapanlagi Plus - Generasi millenials tentu tak asing dong dengan meme yang mengejek status single seseorang. Sejumlah meme tersebut menggambarkan seolah-olah jadi jomblo itu ngenes banget, padahal faktanya tidak demikian. Apalagi fakta bahwa jomblo ternyata membahagiakan telah dibuktikan oleh survei Badan Pusat Statistik (BPS)!

Baru-baru ini lembaga yang menangani survei dan sensus, BPS, meluncurkan hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) Penduduk Indonesia 2017. Berdasarkan survei tersebut, indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia mencapai 70,69%. Makanya tak heran bila di kejadian segenting apapun, masyarakat Indonesia masih jago bikin meme.

"Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang makin bahagia. Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks maka tingkat kehidupan penduduk makin mengenaskan," ujar Kepala BPS, K. Suhariyanto dikutip dari setkab.go.id.

Image result for single happy gifImage result for single happy gif

Indeks kebahagiaan ini dirangkum dari tiga aspek yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affection), dan makna hidup (eudaimonia). Masing-masing bernilai 34,8%, 31,18%, dan 34,02%.

Survei pun dilakukan pada sejumlah responden dengan latar belakang berbeda. Mulai dari pria dan wanita, status perkawinan, serta kawasan tinggal. Menariknya, justru orang yang belum menikah memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi dari mereka yang sudah menikah.

"Indeks dimensi makna hidup penduduk yang belum menikah merupakan tertinggi dibanding dengan penduduk dengan status perkawinan lain. Sementara pada dimensi kepuasan hidup dan perasaan, yang paling tinggi berasal dari penduduk dengan status menikah," pungkas Suhariyanto.

(dre/agt)

Editor:

Agista Rully



PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI