Kata Pepatah Adalah Peribahasa Berisi Nasihat, Ketahui Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Rabu, 22 September 2021 12:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
Kata Pepatah Adalah Peribahasa Berisi Nasihat, Ketahui Pengertian, Ciri, dan Contohnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kata Pepatah adalah hal yang tak asing lagi, khususnya bagi masyarakat Melayu. Pasalnya, pepatah yang merupakan bagian dari peribahasa itu dikenal sebagai kebudayaan khas Melayu. Oleh karena itu, masyarakat Melayu pun terkenal dengan kelembutan dan kesopanan bahasanya.

Selain itu, kata pepatah adalah media untuk mengungkapkan emosi, entah itu kekecewaan, kebahagiaan, atau kesedihan secara tersirat. Biasanya juga sering digunakan untuk mematahkan lawan bicara.

Jika kalian penasaran dengan model komunikasi dengan percakapan yang halus sekaligus menyindir, kata pepatah adalah hal yang tepat untuk kalian pelajari. Selanjutnya, silakan simak penjelasan dalam informasi di bawah ini.

1. Pengertian Kata Pepatah Adalah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pepatah adalah peribahasa yang mengandung nasihat atau ajaran dari orang-orang tua (biasanya dipakai untuk mematahkan lawan bicara). Cara berkomunikasi dengan peribahasa banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya dalam kebudayaan Melayu.

Pada zaman sekarang, mungkin pepatah tak lagi jadi ungkapan untuk komunikasi secara langsung. Akan tetapi cukup sering muncul sebagai 'quote' di media sosial. Entah itu untuk menyindir, menasihati secara tidak langsung, bahkan juga renungan untuk diri sendiri.

Pepatah adalah salah satu jenis peribahasa. Pengertian peribahasa menurut Harimurti Kridalaksana dalam "Kamus Linguistik", yaitu kalimat atau penggalan kalimat yang bersifat turun menurun, digunakan untuk menguatkan maksud karangan, pemberi nasihat, pengajaran atau pedoman hidup.

Peribahasa bisa saja dipakai secara sengaja untuk mengungkapkan perasaan tidak suka, tapi tetap mengedepankan kesantunan bahasa. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa peribahasa bisa menjadi media untuk mengungkapkan emosi dan kecewa secara tersirat.

Maka tak heran jika dalam pepatah banyak ditemukan sindiran, nasihat, pujian, juga bahasa diplomasi. Hal tersebut bisa menjadi gambaran cara berpikir penuturnya. Menurut Ridwan dalam buku "Mendaulatkan Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Utama Dunia", dengan pemahaman struktur bahasa seseorang akan mampu melakukan negosiasi, perintah, pertanyaan, pengarahan (directive), percakapan, pengutaraan emosi (expressions of emotions) dan sebagainya.

2. Ciri-ciri Kata Pepatah Adalah

Kata pepatah adalah jenis peribahasa yang mengandung nasihat dan ajaran dari orang tua yang biasanya digunakan untuk mematahkan lawan bicara. Jika kalian ingin tahu ciri-ciri pepatah, simak penjelasan berikut ini.

- Susunan kata-kata di dalam peribahasa sudah pasti dan tidak bisa diubah.

- Kalimat peribahasa biasanya untuk memperindah bahasa atau bahkan menyindir.

- Kata-kata dalam peribahasa biasanya teratur, mengesankan dan mempunyai makna.

- Didasarkan pada pandangan atau perbandingan teliti terhadap alam sekitar, peristiwa yang terjadi atau berlaku di masyarakat.

- Dibentuk dan diciptakan dengan satu ikatan bahasa yang padat dan indah sehingga melekat di masyarakat secara turun temurun.

3. Contoh Kata Pepatah Adalah

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri kata pepatah di atas, tentu kalian butuh suatu contoh agar makin paham. Kata pepatah adalah sesuatu yang cocok untuk dibaca dan dijadikan bahan renungan. Selain itu, kalian bisa mendapat semacam nasihat dengan membaca contoh di bawah ini.

- Tong kosong nyaring bunyinya

Pepatah ini biasanya digunakan untuk menyindir orang yang sedikit ilmu tapi banyak bicara. Perilaku tersebut diibaratkan seperti sebuah tong kosong yang jika dipukul akan nyaring bunyinya.

- Besar pasak daripada tiang

Peribahasa ini cocok disampaikan kepada orang yang tak mampu mengontrol keuangan. Pepatah ini berkaitan dengan kondisi finansial seseorang yang punya gaya hidup mewah, tapi sebenarnya tak punya modal.

- Bagai Pungguk Merindukan Bulan

Saat kalian mengharapkan sesuatu yang tak mungkin terjadi, situasi tersebut bisa jadi sesuai dengan pepatah ini. Biasanya, pepatah ini digunakan untuk menggambarkan suasana cinta yang bertepuk sebelah tangan.

- Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga

Jika kalian bertemu seorang pengacau pada lingkaran yang sebenarnya baik-baik saja, pepatah ini sungguh tepat disematkan padanya. Atas tingkahnya, teman-teman satu lingkaran turut menanggung dampak buruknya.

Tak hanya itu, pepatah itu juga mengandung nasihat yang luar biasa bagus. Senantiasa jadi pengingat untuk diri kalian agar lebih hati-hati sehingga bisa menghindari masalah agar tak merugikan orang lain.

- Sepandai-pandainya Tupai Melompat, Sekali Waktu Jatuh Juga

Pepatah ini cocok untuk menjadi pengingat bahwa dunia ini tak sempurna dan manusia pasti tak akan luput dari dosa. Saat kalian mengalami kegagalan, pepatah ini bisa kalian resapi maknanya. Manusia memang berpeluang mengalami kegagalan, entah siapa namanya, status sosialnya, atau berapa pun jumlah hartanya, semuanya sama.

- Ada udang di balik batu

Jika kalian menolong seseorang hanya karena ada niat terselubung, itulah perwujudan pepatah yang satu ini. Makna negatif jelas melekat pada peristiwa tersebut.

Oleh karena itu, pepatah ini bisa jadi pengingat untuk kalian agar senantiasa ikhlas dalam membantu. Jauhkan niat buruk yang ada dalam hati.

Kata pepatah adalah sesuatu yang indah kan, KLovers? Banyak nasihat dan pesan-pesan yang bisa kalian dapat dengan memahami maksud kata-katanya.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI