Katie Bouman, Ilmuan Wanita di Balik Keberhasilan NASA Mengabadikan Black Hole

Kamis, 11 April 2019 22:16 Penulis: Rezka Aulia
Katie Bouman, Ilmuan Wanita di Balik Keberhasilan NASA Mengabadikan Black Hole
Katie bahkan tidak memiliki latar belakang pendidikan antariksa. © NASA - facebook/Katie Bouman


Kapanlagi Plus - Seluruh dunia akhirnya bisa melihat dengan nyata seperti apa penampakan Black Hole alias Lubang Hitam di galaksi ini. Semua ini berkat penelitan dan kerja keras para ilmuan di NASA selama bertahun-tahun. Namun tak banyak yang tahu ada peran seorang ilmuan wanita bernama Katie Bouman di balik citra Black Hole yang kita lihat saat ini.

Katie Bouman sebenarnya tidak memiliki keahlian di bidang astro-fisika melainkan ilmu komputer. Ia bergabung dengan ahli yang telah menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan berbagai metode untuk mendapatkan citra Blck Hole.

Perkembangan penelitian ini menemukan titik cerah pada bulan Juni 2018. Tim Katie akhirnya menguji apakah kode yang mereka rancang bisa mengabadikan penampakan Black Hole.

"Kami melihat gambar itu muncul di layar kami. Cincin itu muncul dengan mudah, itu amat tak bisa dipercaya," ujar Katie dilansir dari Time.

1. Jaga Rahasia

Akhirnya seluruh dunia berkesempatan melihat cincin berwarna jingga itu. Perjuangan lebih dari 200 ilmuan itu menghadirkan foto Black Hole yang menjadi pusat galaksi Messier 87 (M87). Pengumuman ini membawa rasa bahagia di diri Katie.

"Amat sulit menjaga mulutku tetap tertutup. Aku bahkan tidak memberi tahu keluarga ku tentang foto ini," terang Katie lebih lanjut.

2. Bangga

Kini seiring beredarnya foto Black Hole, foto Katie Bouman pun ikut viral. Bukan sekedar viral, ini juga tentang pengakuan pentingnya sosok ilmuan wanita dalam penelitian ini. Katie merupakan satu dari sedikit wanita yang terlibat dalam Event Horizon Telescope. Mayoritas rekan kerja Katie adalah ilmuan pria.

Kehadiran Katie Bouman seolah menekankan kehadiran ilmuan wanita sama vitalnya dengan ilmuan pria. Hingga saat ini hanya kurang dari 30% ilmuan wanita berkarya di seluruh dunia. Terlebih lagi Katie tidak memiliki dasar keilmuan tentang antariksa.

"Apa yang aku lakukan adalah menantang diriku sendiri," ujar Katie.

 

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI