NASA Akhirnya Berhasil Menangkap Wujud Black Hole yang Sesungguhnya

Kamis, 11 April 2019 13:01 Penulis: Rezka Aulia
NASA Akhirnya Berhasil Menangkap Wujud Black Hole yang Sesungguhnya
Akhirnya publik bisa melihat penampakan Black Hole. © NASA


Kapanlagi Plus - Black Hole alias Lubang Hitam di galaksi kita telah menjadi perbincangan sejak lama. Namun belum ada yang tahu benar bagaimana bentuknya. Kini untuk pertama kalinya NASA mengungkap penampakan lubang hitam yang super masif pada publik.

Para ilmuan NASA akhirnya berhasil menangkap citra Lubang Hitam yang berjarak kurang lebih 55 tahun cahaya dari bumi. Nasa menyebut ukuran Lubang Hitam ini amat besar, tiga juta kali lebih besar dari bumi. Beberapa ilmuan menyebut Lubang Hitam ini 'Monster'.

 

1. Pakai 8 Teleskop

Meski malelui teknologi yang tinggi, citra Black Hole yang tertangkap tetap sedikit blur. Tampak Black Hole ini dikelilingi gas terang berwarna jingga seperti matahari.

Dilansir dari BBC, Black Hole ini berhasil diabadikan melalui delapan teleskop yang terhubung dalam Event Horizon Telescope (EHT). Melaui projeck ini terungkap lubang besar yang berada di galaksi bernama M87.

"Apa yang kita lihat ini, ukurannya sangat besar dari seluruh Tata Surya kita," ujar Reino Flacke seorang ilmuan dari Radboud University Belanda.

2. Anomali Cahaya

Event Horizon Telescope (EHT) adalah proyek internasional yang melibatkan jaringan teleskop-teleskop di seluruh dunia. Proyek ini memang berfokus pada observasi lubang hitam. Proses penangkapan gambar lubang hitam ini butuh waktu persiapan bertahun-tahun dan tentunya memakan dana yang besar untuk teknologi yang dibutuhkan.

Telah sejak lama para ilmuan telah meyakini adanya Black Hole namun belum ada proyek yang menghasilkan gambar nyata. Hingga para peneliti menemukan adanya anomali cahaya di luar angkasa sejak Juni 2018. Anomali bernama 'The Cow' itu diketahui dari muncul dan menghilang secara tiba-tiba.

Kondisi itu sempat membuat bingung para peneliti. Namun dengan menggabungkan data dari sejumlah sumber, para ilmuwan akhirnya sependapat bahwa anomali ini merupakan peristiwa terbentuknya lubang hitam.

3. Proses Pembentukan Black Hole

Menurut para peneliti, 'The Cow' merupakan momen saat sebuah bintang hancur menjadi objek lebih kecil dan membentuk lubang hitam atau bintang neutron. Dengan temuan ini, para ilmuwan berencana untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Awalnya, para peneliti mengira bahwa cahaya terang itu berasal merupakan supernova atau kejadian matinya sebuah bintang. Namun setelah diamati, peristiwa itu berbeda dari biasanya. Peristiwa kali ini mengeluarkan cahaya 100 kali lebih terang dari supernova biasa.

 

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI