Kembali Digelar Secara Offline, Festival Jajanan Bango 2022 Libatkan 90 Kuliner Legendaris Khas Indonesia

Jum'at, 28 Oktober 2022 22:15
Kembali Digelar Secara Offline, Festival Jajanan Bango 2022 Libatkan 90 Kuliner Legendaris Khas Indonesia
Festival Jajanan Bango © KapanLagi.com/Budy Santoso


Kapanlagi Plus - Setelah dua tahun diadakan secara virtual, Festival Jajanan Bango 2022 (FJB) akhirnya digelar kembali secara offline di Plaza Parkir Timur Senayan GBK. Mengusung tema, Kenali Rasanya Indonesia, acara ini berlangsung dari 28-30 Oktober 2022.

Tak hanya itu, tahun ini Festival Jajanan Bango juga menghadirkan 90 penjaja kuliner legendaris asal Indonesia. Berbicara kuliner Nusantara memang tidak akan pernah ada habisnya apalagi di Indonesia tercatat ada 3.259 ragam kuliner autentik yang terpantau hingga saat ini tapi sayang belum semua kuliner tersebut diketahui masyarakat luas.

1. Ragam Makanan Indonesia

Makanan seperti nasi goreng, soto, dan sate saja memiliki ratusan jenis yang belum diketahui masyarakat. Ternyata di Indonesia memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 jenis sate, lebih dari 100 varian soto, bahkan lebih dari 322 macam sambal.

"Masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia," ungkap William Wongso saat jumpa pers FJB 2022 di GBK Senayan, Jumat (28/10).

"Pengetahuan seperti inilah yang perlu disebarluaskan agar kita bisa mengenali, mengapresiasi, dan akhirnya melestarikan ragam cita rasa dan bahan autentik, kearifan lokal, hingga perpaduan budaya yang menyatu di dalam kekayaan kuliner kita,” lanjutnya.

2. Acara Tahunan

Festival kuliner ini sendiri diketahui telah berlangsung sejak 2005 dan festival ini menjadi sebuah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Penyelenggaraan Festival Jajanan Bango juga sebagai bentuk upaya inisiatif dalam membangkitkan rasa ingin tahu, kebanggaan, dan rasa masyarakat terhadap kuliner lokal.

Dalam kesempatan yang sama, Amaryllis Esti Wijono selaku Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, juga mengungkapkan bahwa, perhelatan ini menjadi upaya untuk melestarikan kuliner Indonesia. Kebetulan Festival Jajanan Bango kali ini bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, oleh karena itu perhelatan ini sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk mengenali, merayakan, serta melestarikan kelezatan kuliner khas nusantara.

Selain itu, peresmian FJB 2022 hari ini turut didukung oleh mitra pelaksana lainnya yaitu Gojek, melalui seremonial pemberangkatan 30 pengendara yang akan berkeliling Jakarta untuk mengundang sebanyak mungkin warga agar hadir di perhelatan kuliner akbar ini. Terdapat juga puluhan tenant makanan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke yang bisa kamu kunjungi dalam acara ini.

(kpl/irf/phi)



MORE STORIES




REKOMENDASI