Festival Kuliner yang Wajib Dikunjungi Para Pencinta Masakan Indonesia

Sabtu, 29 Oktober 2022 14:00 Penulis: Stella Maris
Festival Kuliner yang Wajib Dikunjungi Para Pencinta Masakan Indonesia
Festival Jajanan Bango 2022 digelar di Plaza Parkir Timur, Jumat (28/10)/Kadek Argyanti.

Kapanlagi Plus - Indonesia terkenal akan keberagaman budayanya, salah satunya adalah kulinernya. Makanan Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, kaya akan rempah dan memiliki cita rasa tersendiri tiap daerah. Tercatat bahwa Indonesia memiliki 3.259 ragam kuliner yang otentik. Namun sayangnya, hanya segelintir di antaranya yang diketahui masyarakat. 

Kuliner ikonik yang mungkin familiar di telinga KL Lovers, seperti nasi goreng, sate, soto, atau sambal, ternyata memiliki banyak ragam dan jenis lainnya, loh! Terhitung bahwa Indonesia memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 ragam sate, lebih dari 100 varian soto, dan 322 macam sambal. 

Nah, oleh karena itu, sebagai generasi bangsa kita harus meningkatkan kesadaran kelestarian kuliner Indonesia dengan mengenalkan tiap rasa dan mengeksplor sejarah di balik kekayaan kuliner Indonesia, agar tetap terus dicintai dan dilestarikan dari generasi dan generasi. 

Bango juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari gerakan #PejuangRasanyaIndonesia di Festival Jajanan Bango (FJB). Gerakan ini diharapkan dapat membangkitkan keingintahuan, kebanggaan, dan rasa memiliki masyarakat Indonesia terhadap keanekaragaman kuliner Indonesia, hingga ikut berperan dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia.

Sekadar informasi, gerakan ini dimulai sejak tayangan podcast Raditya Dika dan sang maestro kuliner Indonesia, William Wongso. Diskusi lintas generasi ini membicarakan pengenalan kekayaan kuliner Indonesia, khususnya di antara generasi muda selaku penerus pelestarian kuliner Indonesia.

Maestro kuliner Indonesia, William Wongso saat konferensi pers Festival Jajanan Bango 2022 yang digelar di Plaza Parkir Timur, Jumat (28/10)/IstimewaMaestro kuliner Indonesia, William Wongso saat konferensi pers Festival Jajanan Bango 2022 yang digelar di Plaza Parkir Timur, Jumat (28/10)/Istimewa

Maka dari itu, bagi pencinta kuliner Indonesia,  Selain melestarikan kekayaan kuliner Indonesia, FJB ikut mendukung kebangkitan UMKM sektor kuliner tradisional sebagai salah satu lokomotif kebangkkitan industri kreatif Indonesia. 

Festival Jajanan Bango 2022 digelar di Plaza Parkir Timur, Jumat (28/10)/Kadek Argyanti.Festival Jajanan Bango 2022 digelar di Plaza Parkir Timur, Jumat (28/10)/Kadek Argyanti.

Di FJB 2022 kamu bisa merasakan kelezatan asli kuliner Indonesia. Mulai dari camilan sampai makanan berat semuanya bisa kamu temukan di festival kuliner ini. Menu makanan berat recommended yang harus kamu cicipi adalah Sate Maranggi Tukang Masak. 

Pemilik Sate Maranggi Tukang Masak, Enrico menyampaikan bahwa ia lebih memilih menggunakan kecap Bango karena rasanya yang pas. Kecap Bango memang pas untuk kuliner legendaris Indonesia, baik untuk bahan pembuatan maupun dijadikan sebuah topping. Itu karena Bango selalu konsisten dalam menjaga kualitas dengan menggunakan 4 bahan alami terbaik.

Enrico (tengah), pemilik Sate Maranggi Tukang Masak/Kadek ArgyantiEnrico (tengah), pemilik Sate Maranggi Tukang Masak/Kadek Argyanti

Untuk para pencinta dessert wajib untuk mencoba Gelato Locarasa. Uniknya di sini terdapat 3 varian gelato yang bahan dasarnya menggunakan campuran dari kecap Bango. Tiga varian tersebut adalah salted caramel coffee, salted caramel tempe, dan lime shorbet. Ada juga varian gelato rasa kuliner Indonesia, seperti martabak, es doger, dan rujak Aceh.

Deretan Varian Unik dari Gelato Locarasa yang menggunakan kecap Bango sebagai komposisinya/Kadek Argyanti.Deretan Varian Unik dari Gelato Locarasa yang menggunakan kecap Bango sebagai komposisinya/Kadek Argyanti.

Tak ketinggalan, ada sejumlah acara musik yang bisa kamu nikmati sembari kulineran di FJB 2022. Festival ini hanya berlangsung tiga hari, mulai 28-30 Oktober 2022 pukul 10.00-22.00 WIB. 

Ayo jadi #PejuangRasanyaIndonesia dengan #KenaliRasanyaIndonesia melalui 90 ragam kuliner legendaris Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan ikut melestarikannya di Festival Jajanan Bango 2022 #FJB2022. GRATIS MASUK TANPA ANTRI, DAFTAR SEKARANG dan nikmati kuliner otentik Indonesia di akhir pekan kamu!

 

 

Penulis: Kadek Argyanti

 

 

 

(kpl/stl)

Reporter:

Stella Maris



MORE STORIES




REKOMENDASI