Kenali 3 Zona Posisi Kalian di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Kenali 3 Zona Posisi Kalian di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Dari kaca mata pandang dunia psikologi, terdapat 3 zona posisi kalian di tengah pandemi corona covid-19 yang harus diketahui. Mengenali zona posisi tersebut penting untuk melihat cara kalian menghadapi pandemi corona covid-19.

Pandemi corona covid-19 memiliki dampak besar di segala bidang termasuk kehidupan setiap orang. Bukan hanya menyerang secara fisik, namun pandemi corona covid-19 juga menyerang kondisi jiwa. kondisi ini bisa menimbulkan rasa cemas, takut, dan stress.

Sebuah konten grafis yang telah diterjemahkan oleh Annastasia Ediati, seorang psikolog, mengungkap posisi kalian di tengah pandemi corona covid-19. Tiga zona tersebut memperlihatkan setiap posisi seseorang menghadapi pandemi corona covid-19. Lalu dimana posisi kalian di tengah pandemi corona covid-19?

Jika kalian pensaran mengenali zona posisi di tengah pandemi corona covid-19. Berikut 3 zona posisi kalian di tengah pandemi corona covid-19 yang diterjemahkan oleh Annastasia Ediati melalui akun pribadinya @annastasia_ediati.

 

1. Zona Ketakutan

Pada zona ini, biasanya terjadi pada seorang individu yang memiliki rasa takut di tengah pandemi corona covid-19.  Zona ini ditandai dengan warna biru tua. Beberapa ciri dari zona ketakutan sebagai berikut:

- Beli stok masker, obat, hand sanitizer, antiseptik, sembako, secara berlebihan.

- Menyebarkan rasa takut dan marah karena corona covid-19.

- Sering mengeluh akibat adanya corona covid-19.

- Langsung share informasi apapun dari media sosial tanpa saring informasi yang akurat.

- Mudah marah dalam menghadapi pandemi corona covid-19.

Zona ketakutan biasanya dimiliki oleh mereka yang khawatir terkena virus corona covid-19. Sehingga posisi ini ditandai dengan perilaku mereka yang memborong berbagai kebutuhan kesehatan, dan keseharian. Pada zona ini bisa berdampak pada orang-orang di sekitar karena bisa membuat resah, dan menularkan rasa takut pada yang lainnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Zona Belajar

Zona belajar merupakan posisi kedua di tengah pandemi corona covid-19. Zona ini memperlihatkan jika kalian mulai belajar lebih bijak dalam menghadapi pandemi corona covid-19. Zona belajar ditandai dengan zona berwarna biru muda. Berikut ciri zona belajar di tengah pandemi corona covid-19:

- Mulai menerima kenyataan mengenai pandemi corona covid-19.

- Berhenti membaca berita yang membuat cemas.

- Tidak belanja secara berlebihan.

- Mulai mengenali emosi diri sendiri.

- Menyadari situasi dan berpikir untuk bertindak dalam mencegah pandemi corona covid-19.

- Berhenti share informasi dari media social yang tidak jelas kebenarannya mengenai pandemi corona covid-19.

- Menyadari bahwa semua pihak berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam di tengah pandemi corona covid-19.

Posisi kalian pada zona ini memperlihatkan jika kalian sudah mulai menerima keadaan saat pandemi corona covid-19. Hal ini terjadi karena kalian mulai belajar dari zona ketakutan karena justru akan memperburuk keadaan jika zona ketakutan terus berlangsung. Sehingga kalian lebih bijak menghadapi situasi dan kondisi di tengah pandemi corona covid-19.

3. Zona Bertumbuh

Zona bertumbuh merupakan zona ketiga setelah kalian berada pada posisi zona ketakutan dan zona belajar. Pada zona ini kalian sudah mulai lebih dewasa menghadapi pandemi corona covid-19. Kalian mulai dapat menghandel kondisi diri dan orang lain di tengah pandemi corona covid-19.

Zona bertumbuh ditandai dengan warna putih. Berikut beberapa ciri dari zona bertumbuh yang bisa kalian kenali:

- Mulai memikirkan orang lain dan bagaimana membantunya

- Menggunakan bakat atau kemampuan kalian untuk mereka yang membutuhkan.

- Hidup di saat ini fokus ke masa depan, artinya tidak menyesali kejadian masa lalu dan terlalu khawatir dengan masa depan.

- Penuh kasih sayang pada diri sendiri dan orang lain saat pandemi corona covid-19.

- Berterima kasih dan mengapresiasi orang lain ketika menghadapi pandemi corona covid-19.

- Menjaga emosi tetap stabil dan bahagia, serta menyebarkan optimisme di tengah pandemi corona covid-19.

- Mencari cara untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

- Mempraktekkan keheningan, kesabaran, menjalin relasi, dan kreativitas dalam menghadapi pandemi corona covid-19.

Zona ini menunjukkan jika kalian bisa mengatasi pandemi corona covid-19 untuk diri sendiri dan orang lain. Artinya kalian mampu menghadapi corona covid-19 dengan bijak bahkan bisa memberikan dukungan, semangat, dan optimisme kepada orang lain saat pandemi corona covid-19.

4. Cara Mengatasi Rasa Cemas Dan Takut

Untuk mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi corona covid-19, kalian harus tanamkan pada diri bahwa bisa menghadapi keadaan saat ini. Kalian juga harus ingat bahwa kalian tidak sendiri. ada orang lain yang juga bersama-sama menghadapi situasi ini dan siap membantu kalian.

Cobalah sesekali menghibur diri dengan melakukan hal yang kalian suka dan senangi. Kegiatan seperti menonton film, memasak, olahraga bisa kalian pilih untuk mengatasi rasa cemas dan takut tersebut. Selain itu kalian juga bisa membaca berita mengenai kesembuhan mereka yang terinfeksi corona covid-19 sebagai stimulus untuk tumbuhkan optimisme dalam diri.

Nah itulah 3 zona posisi kalian di tengah pandemi corona covid-19 yang harus kalian kenali. Ini berguna untuk kalian agar dapat belajar dan berproses bersama dalam menghadapi pandemi corona covid-19. Semua berproses dan berusaha melakukan yang terbaik dalam menghadapi pandemi corona covid-19.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending