Keren! Mural Menteri Susi Ala 'Wonder Woman' Ini Bikin Berdecak Kagum

Jum'at, 22 September 2017 09:58 Penulis: Tyssa Madelina
Keren! Mural Menteri Susi Ala 'Wonder Woman' Ini Bikin Berdecak Kagum
Mural Menteri Susi. ©2017 Merdeka.com/arie sunaryo

Kapanlagi Plus - KLovers tahu kan kalau sosok Susi Pudjiastuti kerap diperbincangkan lantaran penampilannya yang nyentrik dan kontroversial. Ibu yang memiliki slogan "Tenggelamkan!" ini didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pertama yang hanya memiliki ijazah SMP. Namun, Jokowi tidak sembarangan memilihnya ibu asal Jawa Tengah ini menjadi menteri. Karena latar belakangnya di bidang maritim yang profesional, Ibu Susi akhirnya mendapat mandat spesial dari Presiden Jokowi.

Menjadi sosok menteri membuat Susi Pudjiastuti harus melepaskan semua jabatannya sebagai Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan. Hal ini dilakukan agar ia dapat bekerja secara maksimal menangkap para mafia laut. Dalam sepak terjangnya, Susi Pudjiastuti berhasil menyelamatkan hasil laut Indonesia dengan tidak membiarkan kapal-kapal asing berkeliaran menangkap hasil laut secara ilegal. Tak terhitung sudah berapa kapal asing yang dia musnahkan bersama Satgas Anti Illegal Fishing.

Hal tersebut membuat para kreatif mural (seni menggambar di media dinding) di Solo memberikan apresiasi khusus bagi pemilik maskapai SUSI Air ini. Di sebuah tembok restoran Kusumasari, Jalan Slamet Riyadi, Solo, wajah Susi dimural dengan aksen 'Wonder Woman' oleh seniman-seniman muda kota Solo yang tergabung dalam komunitas Mas Don Art. Pengerjaan mural berukuran sekita 3x3 meter ini dilakukan secara kolektif sejak dua pekan lalu.

Mural Menteri Susi yang sedang hangat diperbincangkan ©2017 InstagramMural Menteri Susi yang sedang hangat diperbincangkan ©2017 Instagram

Seperti yang kita ketahui, 'Wonder Woman' adalah sosok pahlawan wanita dalam dunia fiksi, hal ini merepresentasikan sosok Ibu Susi di dunia nyata. Dalam mural yang didominasi warna cokelat merah tersebut, 'Wonder Woman' (Ibu Susi) digambarkan sedang melawan sosok bajak laut 'Jack Sparrow' (mafia yang mengambil kekayaan laut Indonesia). Di atasnya nampak sebuah perahu tradisional nelayan tengah berlayar bersisian dengan gambar kapal yang setengah karam.

Tidak hanya itu, di sisi tembok yang lain, juga digambar sosok Bung Karno. Lengkap dengan latar kemerdekaan dan tulisan 'Boeng, ajo Boeng" - sehingga menyambung dengan tulisan "Sus, ayo sus" di atas mural "Wonder Susi". Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, pemimpin Mas Don Art, Sardono W Kusumo mengatakan bahwa Ibu Susi bagaikan 'Wonder Woman' dengan kebijakan yang berani ia lakukan. Susi dinilai telah berpikir untuk membuat sesuatu yang bisa membangkitkan semangat bangsa Indonesia.

Sementara itu, dilasir dari Merdeka.com, Susi Pudjiastuti sendiri merasa tersanjung dengan mural tersebut. Hal ini membuatnya terpacu untuk terus bekerja lebih baik lagi. Tentunya, ia berharap agar apa yang dilakukan para seniman tersebut dapat menginspirasi dengan membawa masyarakat memiliki spirit kebangsaan nasionalisme.

(mdk/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI