Keutamaan Sholat Tahajud, Waktu Mustajab untuk Bermunajat Kepada Allah SWT

Kamis, 22 April 2021 12:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
Keutamaan Sholat Tahajud, Waktu Mustajab untuk Bermunajat Kepada Allah SWT
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Sebagian dari kalian mungkin sudah tahu bahwa keistimewaan atau keutamaan sholat tahajud luar biasa besar dan sering dirujuk sebagai solusi untuk amalan mencapai kesuksesan. Dilansir dari nu.or.id , Habib Abdullah mengatakan, meskipun antara sholat sebelum tidur dan setelah tidur (lebih dikenal tahajud) yang masing-masing sama dilakukan pada malam hari, tentu sholat setelah tidur lebih utama karena sholat tahajud bisa membuat setan marah, bisa lebih bersungguh-sungguh dan rahasia ibadahnya sangat terjaga. Inilah sholat yang diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW dalam sabda-Nya:

"Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji" (QS Al-Isra': 79).

Karena itulah, sebagai seorang muslim, sebaiknya tidak menyia-nyiakan keutamaan sholat tahajud yang banyak dianjurkan. Belum lagi keutamaannya sebagai waktu yang mustajab untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai keutamaan sholat tahajud, silakan simak informasi yang dilansir dari merdeka.com berikut ini.

 

1. Amalan yang akan Membantu di Akhirat

Keutamaan sholat tahajud yang pertama, bisa menjadi amalan yang akan membantu kamu di akhirat. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, Insyaallah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah ketika kelak sudah berada di akhirat.

Di mana dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18).

 

2. Menjaga Kesehatan Rohani

Keutamaan sholat tahajud berikutnya adalah menjaga kesehatan rohani. Jika kamu selalu rutin mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini, tentu saja akan ada keistimewaan yang bisa kamu raih, salah satunya kesehatan rohani yang selalu terjaga.

Hal tersebut sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati, ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

Allah SWT telah berfirman,

"Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al-Furqan: 63-64).

 

3. Jembatan untuk Masuk Surga

Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang manfaat sholat tahajud yang mengagumkan untuk umat manusia apabila menjalankannya dengan tekun dan penuh keikhlasan. Manfaat itu adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga.

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud.

"Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

 

4. Penghapusan dan Pencegahan Dosa

Sholat tahajud juga merupakan ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa. Nah, dengan menjalankan sholat tahajud, maka kamu bisa mendapatkan keutamaan sholat tahajud yang mengagumkan ini. Dosa dosa kecil yang pernah kamu perbuat menjadi berguguran.

Selain itu, Allah membanggakan hambanya yang melakukan shalat tahajud kepada para malaikat. Dalam sebuah atsar disebutkan:

"Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju shalat dan Allah menerima hamba tersebut." (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu'awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], hlm. 40-41).

 

5. Doanya Dikabulkan

Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: 'Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.'" (HR. Bukhari).

 

6. Kebiasaan yang Dilakukan Orang Saleh

Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud dan manfaat sholat tahajud yang menakjubkan bagi diri mereka. Maka, bila kamu juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kamu juga termasuk orang yang saleh.

"Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad).

Itulah keutamaan sholat tahajud yang bisa kamu dapat dalam usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT pada malam yang gelap.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI