Kini, Singapura Menjadi Pemegang Paspor Terkuat di Dunia

Jum'at, 27 Oktober 2017 18:10 Penulis: Tyssa Madelina
Kini, Singapura Menjadi Pemegang Paspor Terkuat di Dunia
© passportindex - AsiaOne

Kapanlagi Plus - Buat yang sering wara-wiri ke luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan paspor. Paspor ini adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara, isinya berupa identitas pemegang paspor itu sendiri. Seperti misalnya, foto, tanda tangan, informasi kebangsaan dan sebagainya.

Nah, biasanya sebelum memasuki perbatasan suatu negara, kita diwajibkan untuk menunjukkan paspor. Selain untuk mengetahui identitas pengunjung, paspor biasanya dijadikan acuan agar tidak adanya penduduk ilegal di suatu negara.

Baru-baru ini, Singapura dinobatkan menjadi negara dengan pemegang paspor terkuat di dunia lho. Wah, apa maksudnya tuh?

Pemegang paspor dengan rank tertinggi mendapat banyak kebebasan mengunjungi negara, Indonesia sendiri berada di peringkat 63 © passportindexPemegang paspor dengan rank tertinggi mendapat banyak kebebasan mengunjungi negara, Indonesia sendiri berada di peringkat 63 © passportindex

Global Passport Power Rank menobatkan Singapura menjadi pemegang paspor terkuat berdasarkan skor jumlah visa yang negara ini peroleh. Singapura meraup skor 159, yang artinya penduduk Singapura yang memiliki paspor saat ini bisa mengunjungi 159 negara tanpa visa. Kalau kalian masih bingung, visa sendiri adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara. Bentuknya berupa stiker atau berbentuk stempel pada paspor negara tertentu.

Secara sederhananya, paspor ini adalah KTP yang harus kalian bawa kemanapun kalian mengunjungi negara sedangkan visa adalah "tiket masuknya".

Dengan memiliki 159 negara bebas visa, itu artinya penduduk Singapura tak lagi ribet mengurus perijinan visa sebelum bertandang ke luar negeri. Diakui oleh salah satu manajer perusahaan Arton Capital Singapore, Philippe May, semua hal tersebut tak lepas dari hubungan diplomasi yang dibina baik oleh Singapura dengan negara-negara terkait. Selain itu, ini merupakan kali pertama negara di Asia menduduki peringkat pertama pemegang paspor terkuat di dunia.

Pada posisi kedua, negara Jerman menduduki peringkat dengan 158 negara. Wah, beda tipis ya dengan Singapura. Sedangkan Indonesia sendiri berapa di posisi 63 bersama dengan negara Zambia, Tunisia dan Cape Verde. Wah, semoga ke depannya Indonesia bisa menyusul agar akses visa ke berbagai negara dibebaskan.

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI