Kumaha Damang, 5 Kuliner Lezat Ini Bikin Liburanmu ke Bandung Makin Senang

Kamis, 26 Desember 2019 00:01 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Kumaha Damang, 5 Kuliner Lezat Ini Bikin Liburanmu ke Bandung Makin Senang
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Petualangan ke Bandung selalu berhasil menciptakan memori tersendiri. Selain kesejukan kota yang berhasil bikin susah move on, destinasi wisata yang memanjakan dan cocok jadi momen refreshing, Bandung juga punya kelezatan kuliner yang bikin siapa saja bakal ketagihan. Makanan khas inilah yang membuat perjalanan ke Bandung nggak pernah terasa membosankan, bahkan bikin kangen.

Di antara kuliner berikut, mana sih yang paling jadi favoritmu, KLovers?

Cuanki

Kalau mendeskripsikan cuanki, sekilas tampilannya mirip bakso. Isian dalam satu mangkok cuanki biasanya adalah aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit dan bakso goreng. Namun, kuah cuanki lebih bening dan terasa lebih gurih jika dibandingkan kuah bakso. Ada banyak spot mencicipi cuanki di Bandung, tapi salah satu yang jadi rekomendasi adalah Cuanki Serayu. Spot yang satu ini dinilai legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1990.

Nasi Tutug Oncom

Namanya yang unik pastinya sudah berhasil mendeskripsikan seperti apa gambaran kuliner yang satu ini. Makanan ini dibuat dari nasi yang ditumbuk dan dicampur oncom. Selain itu, ada lauk pauk sebagai pelengkap yang bisa dipilih sesuai selera untuk menambah kenikmatan rasa. Kalau jalan-jalan ke Bandung, kamu juga pastinya bakal menemukan banyak penjual nasi tutug oncom. Tapi kalau mau menjajal rekomendasi yang paling mantap, datang saja ke Nasi Tutug Oncom Bi Kokom di daerah Lengkong. Rasanya dijamin bikin ketagihan!

Gehu Jeletot

Doyan ngemil tahu dan makanan pedas? Kalau begitu, gehu jeletot adalah kuliner yang pas untuk diburu selama liburan di Bandung. Jajanan yang satu ini tergolong pemain baru, tapi langsung banyak diburu karena kombinasi rasa pedas dan gurih yang pastinya lezat banget. Pada dasarnya makanan ini mirip dengan tahu isi, tapi dengan isian yang cukup variatif seperti wortel, kol, bahkan sampai daging sapi. Ingin mencicipi gehu? Cari saja Gehu Hot Jeletot yang banyak direkomendasikan buat para traveler.

Bandros

Bandros sebenarnya adalah camilan tradisional yang sudah melegenda di Bandung, yaitu berupa kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Bentuknya seperti pukis dan memiliki cita rasa gurih. Nah, seiring berkembangnya tren kuliner, bandros nggak lantas ditinggalkan pecintanya. Justru banyak tangan-tangan kreatif yang mengolah bandros dengan sentuhan yang lebih unik. Misalnya menghadirkan varian rasa kekinian seperti green tea, cokelat, Nutela, sampai red velvet. Salah satu rekomendasi yang bisa dicoba adalah Bandros Cowboy Cisangkuy yang jadi idola di Kota Kembang tersebut.

Es Goyobod

Makan-makan akan lebih terasa nikmat jika ditemani dengan minuman yang menyegarkan juga. Nah, es goyobod jadi rekomendasi yang nggak boleh kelewatan juga nih. Minuman yang satu ini berisi adonan sagu aren kenyal dengan kuah santan, susu kental manis, dan es serut. Isiannya bisa berupa alpukat, roti tawar, peuyeum, pacar cina, kolang-kaling, hingga kelapa muda. Hmmm, dijamin segar!

Wah, sudah semakin lapar kan membaca daftar kuliner lezat yang bisa memanjakan perut selama liburan di Bandung. Jangan hanya jadi wacana, yuk segera wujudkan liburan impianmu dengan berburu Tiket Kereta Api sekarang juga. Mencari Promo Tiket Kereta ke Bandung nggak perlu bingung, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia! Situs belanja online terpercaya di Indonesia ini juga bisa dimanfaatkan untuk booking tiket kereta api dengan penawaran spesial yang sayang kalau dilewatkan.

Yuk, waktunya rencanakan perjalananmu ke Bandung sekarang juga!

(kpl/wri)



MORE STORIES




REKOMENDASI