Arti Gabut dan Kata Bahasa Gaul Lainnya, Jangan Sampai Gagal Paham

Senin, 23 November 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Arti Gabut dan Kata Bahasa Gaul Lainnya, Jangan Sampai Gagal Paham
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kreativitas anak muda jaman sekarang salah satunya bisa dilihat di keseharian. Salah satunya, lewat pemakaian bahasa gaul mereka sehari-hari. Dengan kreativitasnya, anak-anak muda sering kali memunculkan kosa kata baru yang unik dan menarik perhatian. Contohnya arti gabut yang kini sangat sering digunakan, bahkan tidak saja oleh anak muda.

Ya, kosakata dalam bahasa gaul yang dibuat anak muda memang begitu populer. Namun, sering kali orang masih tidak paham tentang arti gabut dan kata-kata dalam bahasa gaul lainnya yang biasa dipakai anak muda. Padahal, gabut jadi istilah yang sangat sering digunakan belakangan ini. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa arti gabut sesungguhnya agar tidak menimbulkan salah paham.

Selain arti gabut, tak kalah penting untuk tahu arti kata-kata bahasa gaul lainnya. Pasalnya, selain kata gabut masih ada banyak sekali kosa kata bahasa gaul yang berkembang saat ini. Apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut arti gabut dan beberapa kata bahasa gaul lainnya.

 

 

1. Arti Gabut

Istilah gabut tercipta dari gabungan dua kata, yaitu gaji buta. Arti gabut yaitu ketika seseorang yang harusnya bekerja, tapi justru tidak melakukan tugas-tugasnya. Meski begitu, orang tersebut tetap menerima gaji. Namun di keseharian, kini gabut tidak hanya digunakan untuk mereka yang melalaikan pekerjaan tetap mendapatkan gaji. Gabut juga sering dipakai untuk menggambarkan keadaan seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun, atau sedang bingung ingin melakukan hal apa.

 

 

 

 

2. Arti Bahasa Gaul Gabungan Dua Kata

Selain arti kata gabut, ternyata ada banyak sekali kata-kata gaul saat ini yang juga terbentuk dari gabungan dua kata. Istilah-istilah dalam bahasa gaul inipun tak kalah unik dan menarik. Berikut beberapa kata-kata bahasa gaul yang berasal dari gabungan dua kata.

1. Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

2. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

3. Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

4. Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

5. Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

6. Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

7. Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

8. Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

 

 

 

3. Arti Bahasa Gaul Berupa Kata yang Disingkat

Di samping, gabungan dua kata ternyata ada juga kata-kata bahasa gaul yang berasal dari kata yang disingkat pengucapan atau penulisannya. Kata apa saja? Berikut, beberapa di antaranya.

1. Cans: Cantik

2. Gils: Gila

3. Goks: Gokil

4. Gans: Ganteng

5. Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

6. Ntaps: Mantap

7. Leh uga: Boleh juga

 

 

 

4. Arti Bahasa Gaul Berupa Kata yang Dibalik

Kata-kata dalam bahasa gaul juga bisa diciptakan dengan membalik penulisan atau pengucapan suatu kata. Hal ini membuat, kata baru tersebut terdengar aneh sekaligus unik. Berikut beberapa contohnya.

1. Sabi: Bisa.

2. Takis: Sikat.

3. Ngab: Bang.

4. Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

 

 

 

 

5. Arti Bahasa Gaul dari Singkatan Bahasa Inggris

Tidak saja dari bahasa Indonesia, bahasa gaul juga ada yang diciptakan dari bahasa Inggris. Beberapa di antaranya, merupakan singkatan-singkatan yang sudah lazim digunakan dan terdengar sehari-hari. Seperti beberapa kata ini, sebagai contohnya.

1. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

2. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

3. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4. COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'bayar di tempat'.

5. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

6. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

7. Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

8. OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

9. OTW: Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

10. PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

11. TFL: Adalah singkatan bahasa Inggris dari Thanks For Like. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih karena sudah diberikan sebuah 'like' dalam postingan atau konten media sosialnya.

12. VC: singkatan dari Video Call. Kebanyakan kata ini digunakan olah para pengguna aplikasi whatsapp.

13. LOL: merupakan akronim dalam Bahasa Inggris Laugh Out Loud, yang berarti tertawa terbahak-bahak.

14. XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.

15. TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

Itulah di antaranya arti gabut dan beberapa kata bahasa gaul lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah penguasaan kosa kata kalian sehari-hari.

 

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI