8 Aktivitas di Waktu Pagi yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Seharian, Lakukan Rutin

Rabu, 18 November 2020 20:11
8 Aktivitas di Waktu Pagi yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Seharian, Lakukan Rutin
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pagi jadi momen penting yang mengawali hari baru. Pasalnya, setiap harinya kita akan memulai aktivitas di pagi hari sejak bangun dari tidur. Namun, siapa sangka ternyata aktivitas yang kita lakukan di pagi hari, bisa berpengaruh terhadap mood dan produktivitas kita seharian penuh. Itulah sebabnya, pagi hari jadi waktu yang penting untuk mengumpulkan semangat dan mengatur jadwal aktivitas seharian.

Beberapa aktivitas di pagi hari ternyata memang terbukti bisa tingkatkan semangat dan produktivitas kita sepanjang hari. Untuk meningkatkan mood, sebaiknya berbagai aktivitas ini dilakukan saat matahari sedang naik, atau kira-kira sebelum jam 9 pagi. Lantas, apa sajakah aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian.

 

1. Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi mungkin jadi hal yang cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang. Padahal, meskipun sepele hal ini bisa memberi dampak yang luar biasa. Buktinya, beberapa orang sukses diketahui melakukan kebiasaan ini.

Walaupun terbilang sulit, ternyata bangun lebih pagi bisa dilatih hingga menjadi kebiasaan. Bangun lebih pagi terbukti membawa banyak manfaat, seperti tubuh yang terasa segar dan tidur yang akan jadi lebih nyenyak. Dampaknya, kita akan lebih semangat beraktivitas seharian.

 

2. Bersyukur

Pagi hari jadi momen membuka hari baru. Artinya, satu hari yang lalu telah berhasil dilalui, sehingga penting untuk disyukuri. Pagi hari ibarat jadi kesempatan baru untuk dijalani secara lebih baik dibanding hari sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk bersyukur di setiap pagi. Selain itu, bersyukur di pagi hari juga dipercaya bakal memberikan energi yang positif pada tubuh kita selama seharian penuh.

 

3. Meditasi

Aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian berikutnya ialah meditasi. Tentu sudah jadi rahasia umum bahwa meditasi bisa memberi banyak sekali manfaat. Dengan meditasi, stres, gangguan kecemasan, dan depresi akan lebih teratasi. Akibatnya, kita akan lebih merasa tenang dan bisa berpikir positif. Tak perlu lama-lama, meditasi di pagi hari cukup dilakukan kurang lebih 10 menit saja.

 

4. Olahraga Kecil

Selain meditasi, olahraga juga bisa jadi salah satu pilihan aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian. Berbagai olahraga ringan bisa jadi pilihan, seperti jalan kaki, jogging, atau yoga. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan menjaga suasana hati tetap dalam kondisi bahagia.

 

5. Minum Air Putih

Air merupakan asupan yang penting bagi tubuh. Dalam tubuh, keseimbangan cairan harus tetap terjaga. Jika tidak berbagai masalah bisa timbul seperti hilang konsentrasi, terganggunya metabolisme tubuh, hingga gangguan kesehatan kulit. Oleh karena itu, meminum dua gelas air putih saat bangun tidur dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih fit.

 

6. Sarapan Pagi

Makan pagi atau sarapan sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, beberapa orang juga diketahui terbiasa melewatkan sarapan. Padahal sarapan merupakan hal yang penting, karena jadi asupan pertama tubuh untuk energi beraktivitas sepanjang hari. Agar manfaat sarapan bisa maksimal, tentunya harus dipilih menu sarapan yang bernutrisi.

 

7. Kegiatan Mengasah Otak

Selain berolahraga kecil, ternyata di pagi hari kita juga perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang mengasah otak. Kegiatan seperti membaca buku atau mendengarkan radio atau podcast bisa jadi pilihannya. Kegiatan semacam ini dijamin bisa jadi aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian.

 

8. Menyusun Rencana

Agar aktivitasmu berjalan dengan lancar, tak ada salahnya untuk menyusun rencana atau agenda seharian. Tujuannya, agar kegiatanmu selama satu hari penuh lebih tertata dan terarah. Sebab dengan begitu, produktivitas kalian juga akan lebih terjaga.

Itulah di antaranya beberapa aktivitas di waktu pagi yang bisa tingkatkan produktivitas seharian. Bagaimana, tertarik mencobanya?

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI