10 Cara Menurunkan Gula Darah Penyebab Diabetes, Efektif dan Cepat

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

10 Cara Menurunkan Gula Darah Penyebab Diabetes, Efektif dan Cepat
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Bagi penderita diabetes, cara menurunkan gula darah menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Gula darah sendiri merupakan bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi sehingga berguna untuk kerja sistem saraf, otak dan seluruh organ tubuh. Umumnya, gula darah ini berasal dari sumber-sumber makanan yang telah kalian konsumsi. Ya, gula darah memang memiliki peranan penting. Namun, jika kelebihan gula darah akan mengakibatkan menumpuk sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Perlu kalian ketahui pula, jika gula darah dikatakan tinggi ketika gula darah seseorang lebih dari 180 mg/dL. Kadar gula darah yang tinggi bisa berbahaya bagi penderita diabetes atau pun yang tidak. Untuk itulah pentingnya menjaga tekanan gula darah supaya tetap normal sangatlah penting. Nah, ketika kalian mengetahui kadar gula darah tinggi, segeralah lakukan cara menurunkan gula darah berikut ini supaya dapat kembali normal. Yuk langsung saja simak ulasannya.

 

1. Labu

Labu ternyata menjadi salah satu sayuran yang bisa menurunkan gula darah lho. Selain mengandung serat dan antioksidan, labu juga kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida. Polisakarida inilah yang dapat jadi pengatur gula darah. kalian bisa memanfaatkan labu dengan cara dipanggang, maupun di kukus sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang dapat menurunkan kadar gula darah. hal ini lantaran Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga mampu untuk mengendalikan kadar gula darah. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi alpukat ini dapat menurunkan risiko diabetes. Kalian bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dengan cara di jus tanpa menggunakan gula.

 

3. Mengonsumsi Ikan

Cara menurunkan gula darah bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi ikan. Hal tersebut lantaran ikan tidak mengandung karbohidrat sedikit pun. Sehingga tidak ada kandungan gula dan dapat menurunkan kadar gula yang ada dalam tubuh secara alami. 

Kalian bisa mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Adapun jenis ikan yang bisa kalian konsumsi seperti salmon, tuna, dan makarel. Jenis ikan tersebut juga kaya akan asam omega tiga, yang mampu mencegah penyakit jantung. Sebaiknya, jangan mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng.

 

4. Kayu Manis

Kayu manis yang sering dijumpai sebagai penambah rasa makanan ini, ternyata juga ampuh sebagai cara menurunkan gula darah lho. Cara kerja kayu manis dalam menurunkan gula darah adalah dengan membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin.

Dengan begitu, gula bisa diolah menjadi energi dengan lebih baik. Selain itu, kayu manis juga mampu menjaga gula darah agar tidak melonjak drastis lho. Cara mendapatkan manfaatnya, kalian bisa menambahkan kayu manis pada makanan, minuman, maupun camilan rumahan.

 

5. Kakao

Banyak yang belum mengetahui jika kakao mampu menjadi salah satu alternatif sebagai cara menurunkan kadar gula lho. Benih kakao yang mengandung antioksidan, flavonol, dan protein penting bagi tubuh bisa digunakan sebagai cara menurunkan gula darah secara alami. Meski memiliki rasa benih kakao yang pahit, namun rupanya sangat manjur untuk menurunkan glukosa darah.

 

6. Kurangi Asupan Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat menaikkan gula darah. Bagi kalian yang ingin menurunkan kadar gula, ada baiknya untuk mengurangi asupan karbohidrat. Beberapa karbohidrat memang diperlukan dalam makanan. Namun, bagi penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat hanya akan menyebabkan gula darah melonjak.

 

7. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Selanjutnya, cara menurunkan gula darah yaitu dengan memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sebab, indeks glikemik inilah yang berguna mengukur

dan memberi peringkat pada berbagai makanan berdasarkan seberapa banyak makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti ubi jalar, gandum. Kacang polong, susu rendah lemak, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

 

8. Konsumsi Makanan Serat

Makanan serat salah satu cara efektif untuk menurunkan gula darah. Ada baiknya kalian banyak makan serat seperti biji-bijian utuh yang dapat menurunkan kadar gula darah. Serat juga berperan penting dalam mengatur gula darah dengan memperlambat laju karbohidrat yang rusak, dan kecepatan tubuh menyerap gula yang dihasilkan. Oleh sebab itu konsumsi serat seperti sayuran, buah-buahan, kacangan-kacangan, dan biji-bijian.

 

9. Hindari Makanan Cepat Saji

Selain mempunyai rasa yang enak, kebiasaan makan makanan cepat saji memang seringkali sulit dihilangkan lantaran praktis dilakukan bagi yang mempunyai segudang aktivitas padat. Kebiasaan menerapkan pola hidup nggak sehat ini membuat kadar gula darah melonjak secara drastis. Dengan begitu, menghindari untuk makan makanan cepat saji sangat berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kalian.

 

10. Olahraga

Olahraga bisa menjadi satu-satunya kunci untuk menurunkan gula darah nih. Olahraga juga dapat membantu tubuh dalam pemanfaatan gula yang ada dalam darah kalian, agar masuk ke dalam sel tubuh, sehingga ini dapat menjadi efisien dan tak menyebabkan kadar gula melonjak secara signifikan. Tak perlu olahraga yang berat, kalian bisa melakukan olahraga ringan dengan berenang, senam, berjalan, hingga bersepeda. Oleh sebab itu jangan lewatkan olahraga dan lakukan secara rutin.

Itulah sederet cara menurunkan gula darah secara alami yang bisa kalian coba. Selain cara di atas, sudah sebaiknya untuk rutin memantau beberapa kali sehari untuk mengetahui gula darah kalian. Dengan begitu, kalian bisa dengan cepat mengatasinya dengan tepat. Semoga bermanfaat.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending