6 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

Senin, 05 Oktober 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
6 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat pagi hari biasanya kita akan melakukan serangkaian kegiatan rutin untuk mengawali pagi. Namun ternyata ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa menurunkan berat badan loh KLovers. Kebiasaan ini hanya beberapa kebiasaan rutin yang membuat tubuh menjadi sehat dan menurunkan bobot tubuh.

Dan tentu saja kebiasaan ini dapat kalian lakukan dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin di pagi hari. Kira-kira apa saja ya kegiatan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 kebiasaan di pagi hari yang dapat menurunkan berat badan. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Bangun Pagi Tepat Waktu

Kebiasaan bangun pagi yang dapat menurunkan berat badan pertama yaitu dengan bangun tepat waktu. Bangun pagi rutin dengan tepat waktu, dan tidak kesiangan akan menurunkan berat badan loh KLovers. Hal ini karena, tidur lebih dari 10 jam sehari justru dapat meningkatkan indeks massa tubuh.

Selain itu tidur lebih lama malah akan menunda sarapan kalian, sehingga mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Jadi ada baiknya untuk kalian rutin bangun pagi, bukan hanya dapat menurunkan berat badan saja, namun juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Minum Air Putih

Kegiatan baik di pagi hari yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi air putih. Bukan hal yang asing lagi bila mengonsumsi air putih di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat mengatasi dehidrasi selama kita tidur malam, ternyata mengonsumsi air putih di pagi hari juga dapat menurunkan berat badan.

Dalam sebuah study yang telah meneliti 24 orang dewasa dengan mengonsumsi air putih di pagi hari sebanyak 500 ml, mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan. Dalam penelitian tersebut ternyata air putih dapat mengurangi jumlah kalori sebesar 13 persen.

Selain itu dengan mengonsumsi air putih secara baik saat pagi hari maka kalian dapat mengontrol nafsu makan secara berlebihan. Karena air putih dapat mengurangi nafsu makan berlebih, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama di dalam perut.

3. Sarapan

Namun tidak hanya mengonsumsi air putih saja ya KLovers, kalian juga harus dan wajib melakukan kegiatan sarapan. Nyatanya menunda sarapan malah akan membuat berat badan naik. Hal ini karena sarapan yang kaya akan kandungan protein dapat menurunkan kadar ghrelin, atau hormon tubuh yang berfungsi mengirim sinyal lapar ke otak.

Kalian bisa mengonsumsi sarapan dengan kandungan protein dan juga serat yang tinggi. Kalian bisa mengonsumsi telur, yoghurt, oatmeal, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

4. Buang Air Besar

Nyatanya melakukan kegiatan rutin seperti buang air besar dapat menurunkan berat badan loh KLovers. Tentu saja pembuangan kotoran di dalam perut wajib kita lakukan karena hal tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Namun rutin membuang air besar juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menurut Dr Kenneth Koch, seorang spesialis masalah pencernaan di Wake Forest Baptist Medical Center, yang dikutip dari dari Women’s Health mengatakan bahwa, buang air besar idealnya menjadi hal paling pertama yang harus dilakukan setelah bangun pagi. Meskipun tidak selalu rutin harus melakukan hal tersebut di pagi hari, namun melakukan kegiatan buang air besar secara rutin, apalagi di pagi hari memang dapat membuat tubuh sehat dan menurunkan berat badan.

5. Berjemur Sinar Matahari

Nyatanya berjemur di bawah sinar matahari mampu menurunkan berat badan loh KLovers. Bukan hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat saja, nyatanya berjemur juga mampu menurunkan berat badan di dalam tubuh.

Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Feinberg Medical School, Amerika Serikat, orang yang setiap hari terkena paparan sinar matahari mengalami penurunan indeks massa tubuh lebih cepat dibanding mereka yang tidak terkena sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari pagi bisa membantu tubuh mengikuti jam biologis, dengan begitu metabolisme pun lebih lancar dan lemak dalam tubuh dibakar secara lebih efektif.

6. Jalan Kaki

Dan kebiasaan pagi terakhir yang dapat menurunkan berat badan yaitu ada jalan kaki, atau berolahraga dengan ringan. Biasanya banyak dari kalian saat pagi hari berusaha untuk membawa kendaraan pribadi agar terhindar dari keterlambatan. Namun nyatanya memilih jalan kaki pada pagi hari mampu menurunkan berat badan di dalam tubuh loh KLovers.

Walaupun terlihat sepele dan sederhana, namun jalan kaki menjadi cara ringan dan mudah untuk membuat berat badan turun serta mengurangi risiko penambahan berat badan. Kalian bisa berjalan menaiki tangga di pagi hari dan tidak menggunakan lift, atau parkir motor sedikit lebih jauh dari kantor agar kalian bisa berjalan sedikit lebih jauh.

Itulah 6 kebiasaan di pagi hari yang baik dan dapat menurunkan berat badan kalian. Kebiasaan di atas bukan hanya membuat berat badan di dalam tubuh berkurang saja, nyatanya juga membuat tubuh lebih sehat dari berbagai macam penyakit.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI