Arti Drive Thru, Sejarah dan Perkembangannya Serta Jenis Layanan Lainnya

Minggu, 08 Mei 2022 15:11
Arti Drive Thru, Sejarah dan Perkembangannya Serta Jenis Layanan Lainnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Drive thru sepertinya bukan hal yang asing di Indonesia. Sudah banyak pelaku bisnis yang menerapkan sistem ini. Meski begitu, mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui arti drive thru.

Orang yang belum tahu arti drive thru mungkin akan merasa ragu untuk mencoba layanan ini. Padahal, banyak keuntungan yang bisa didapatkan, terutama dalam hal kecepatan.

Nah, bagi kalian yang penasaran mengenai arti drive thru, silakan simak informasi berikut ini. Berisi penjelasan mengenai sejarah drive thru dan jenis layanan lainnya, kalian juga akan mendapatkan pengetahuan lebih lengkap.

 

1. Arti Drive Thru

Arti drive thru bisa dipahami sebagai layanan pesan bawa pulang yang memungkinkan pelanggan untuk bisa membeli produk dengan cepat tanpa perlu turun dari kendaraan. Hal tersebut dilakukan demi mencapai kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Pelanggan pun menyukai layanan ini karena semua bisa dilakukan sendiri tanpa perlu masuk ke dalam restoran atau bangunan bisnis lainnya.

Tak hanya menghasilkan keuntungan bagi pelanggan, sistem drive thru juga disukai oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, saat banyak pelanggan yang memilih layanan drive thru, berarti lebih banyak waktu yang bisa dihemat oleh karyawan untuk memberikan pelayanan. Wajar jika sistem ini pun semakin berkembang di berbagai negara dari tahun ke tahun, termasuk di Indonesia.

Kalian bisa menemukan layanan drive thru yang banyak digunakan oleh restoran makanan cepat saji. Selain itu, sistem ini juga bisa diterapkan pada bisnis lain, seperti mini market atau bisnis yang bergerak di bidang jasa. Bahkan, mungkin kalian merupakan orang yang sudah terbiasa menggunakan layanan ini, jadi sudah tak kesulitan dalam memahami arti drive thru itu sendiri.

 

2. Sejarah Drive Thru

Setelah memahami arti drive thru, mungkin kalian juga penasaran dengan sejarah dan perkembangannya dari waktu ke watu. Nah, kalian bisa menyimak penjelasannya dalam informasi itu.

1. Drive In

Ternyata, drive thru bukan konsep layanan pertama yang tak mengharuskan pelanggan turun dari mobil. Sebelumnya, sudah ada sistem yang dinamakan drive in. Dengan mengikuti konsep ini, pelanggan bisa menikmati makanan tanpa harus meninggalkan mobil.

Saat memasuki parkiran, pelanggan akan disambut pelayan yang menawarkan burger dan kentang goreng yang ditaruh di atas nampan yang dipasang pada jendela mobil. Konsep ini dikenalkan pertama kali oleh Pig Stand, sebuah restoran di Texas, AS. Layanan ini dibuka di jalan raya yang menghubungkan Dallas dan Fort Worth pada tahun 1921.

2. Drive In Mulai Ditinggalkan

Seiring berjalannya waktu, konsep drive in mulai ditinggalkan karena masyarakat Amerika semakin terobsesi dengan kecepatan. Tata cara memarkir mobil untuk makan masih dinilai kurang praktis. Layanan drive in dinilai kurang praktis. Setelah itu, muncul layanan makanan dengan roller skating. Pelanggan pun bisa memesan makanan tanpa mereka harus turun dari mobilnya.

3. Layanan Walk Up Windows

Pada tahun 1948, gerai burger McDonald's dibuka. Gerai ini menyediakan burger seharga 10 sen dari layanan walk up windows. Konsepnya seperti drive thru, tapi pelanggan harus berjalan kaki untuk membeli. Harga yang murah, praktis, dan cepat membuat walk up windows digemari. Sistem ini membuat pelanggan bisa memesan menu, mengantre, dan membayar dengan berdiri. Hal ini menuntut pelayan untuk memasak makanan dengan lebih cepat.

4. Drive Thru Pada Tahun 1947

McDonald's sekarang ini memang terkenal dengan layanan drive thru. Namun, mereka bukan yang pertama kali mengenalkan drive thru ke masyarakat. Sistem ini mulai dikenalkan pada tahun 1947 oleh restoran Red's Giant Hamburg di Route 66 di Springfield, Missouri, AS.

Pada tahun 1984 restoran ini tutup. Selain itu, pada tahun 1948, sistem In-N-Out pertama kali dibuka oleh Harry Synder dan istrinya, Ester di Baldwin Park. Karena tak mampu membeli lahan parkir yang luas, pasangan ini pun menerapkan layanan drive thru.

5. Layanan Drive Thru McDonald's Pada 1975

Setelah hampir 3 dekade berlalu, McDonald's pun membuka drive thru pertama di tahun 1975 di Sierra Vista, Arizona, AS. Lokasi ini dekat dengan pangkalan militer Arizona dan banyak pelanggannya merupakan prajurit yang tak boleh keluar dari mobil sambil memakai seragam.

6. Drive Thru Merambah ke Bidang Lain

Bukan hanya milik restoran cepat saji, drive thru juga diterapkan pada berbagai bisnis. Kalian bisa melihatnya pada layanan bank yang menerapkan ATM drive thru, supermarket, bahkan Samsat pun menerapkan sistem ini.

Dan ternyata, drive thru di bidang non-makanan sudah lebih dahulu dilakukan. Hal ini bisa diketahui dari layanan drive up window pada tahun 1928. Selain itu, ada pula supermarket milik Harold Willis dan Robert Willis yang menerapkan drive thru pada awal tahun 1940.

 

3. Jenis Drive Thru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa layanan drive thru juga banyak diterapkan di bidang non-makanan. Penjelasan mengenai beberapa jenis drive thru tersebut bisa kalian simak pada informasi berikut ini.

1. Pembelian Tiket Kereta Api

Proses pembelian tiket kereta api di Indonesia pernah menerapkan sistem drive thru. Layanan ini memang tak tersedia di semua stasiun. Stasiun yang menerapkannya antara lain, Stasiun Gambir, Jakarta dan Stasiun Prujakan, Cirebon.

2. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Tak hanya pada bisnis, bahkan SAMSAT Polda Metro Jaya juga menerapkan layanan drive thru untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

3. Bank

Meski belum tersedia di seluruh kota di Indonesia, kini sudah banyak bank yang menyediakan ATM drive thru untuk penarikan uang atau transaksi lain yang dilakukan secara mandiri

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti drive thru, sejarah drive thru, dan penerapannya di berbagai bidang.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI