12 Rekomendasi Asam Folat untuk Promil yang Alami, dari Sayuran - Hidangan Laut

Sabtu, 07 Mei 2022 15:33 Penulis: Dhia Amira
12 Rekomendasi Asam Folat untuk Promil yang Alami, dari Sayuran - Hidangan Laut
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali cara sehat dan alami yang bisa KLovers lakukan, bila sedang melakukan promil atau program hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang alami dan sehat. Ada loh rekomendasi asam folat untuk promil yang alami.

Ya, kandungan asam folat kesuburan dan juga baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan karena mencegah bayi lahir cacat tulang belakang dan otak. Sehingga, bagi pasangan yang sedang promil dan ibu yang sedang mengandung, bisa mengonsumsi rekomendasi asam folat untuk promil yang alami ini.

Apa saja ya rekomendasi asam folat untuk promil yang alami tersebut? Berikut ini 12 rekomendasi asam folat untuk promil yang alami dari sayuran hingga hidangan laut. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Buah Sitrus

Rekomendasi asam folat untuk promil yang pertama yaitu, ada buah sitrus. Ya, ada banyak buah-buahan yang mengandung asam folat, tetapi buah sitrus berada di peringkat tertinggi. Buah sitrus merupakan sumber asam folat yang sangat tinggi loh KLovers.

Ada banyak jenis buah sitrus yang bisa kalian pilih, misalnya saja jeruk yang mengandung sekitar 50 mcg, dan segelas besar jus jeruk berisi lebih banyak asam folat. Buah kaya folat lainnya ada pepaya, jeruk, anggur, pisang, melon dan stroberi.

2. Kuaci

Kemudian rekomendasi asam folat untuk promil yang alami kedua ada kuaci. Ya, siapa sangka cemilan sehat ini ternyata mengandung banyak sekali asam folat. Melansir Verywell Family, kuaci atau biji bunga matahari panggang tanpa garam adalah sumber makanan kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang ditunjukkan untuk meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

Selain itu, biji bunga matahari atau kuaci kaya akan kandungan zat gizi seng, asam folat, dan selenium, yang semuanya penting bagi kesuburan pria dan wanita dan cocok untuk promil. Kemudian, biji bunga matahari juga merupakan sumber nabati omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan.

3. Alpukat

Alpukat juga menjadi buah selanjutnya yang jadi rekomendasi asam folat untuk promil. Ya, di dalam buah alpukat menyediakan sekitar 22% dari kebutuhan asam folat harian kalian. Ya, tentu saja kandungan asam folat dalam buah alpukat ini sangat banyak.

Selain memiliki kandungan asam folat, buah ini juga merupakan sumber asam lemak, vitamin K dan serat makanan. Sehingga, bisa banget jadi makanan yang sehat. Bagi KLovers yang sedang ingin promil hingga sedang mengandung, akan sangat bagus untuk mengonsumsi alpukat.

4. Kacang

Kacang-kacangan memang menjadi salah satu makanan sehat dan banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Ada beberapa kacang yang mengandung asam folat, salah satunya kacang koro. Di dalam satu cangkir kacang koro memiliki kandungan asam folat sebanyak 358 mikrogram Asparagus.

Tidak hanya kacang koro saja, ada pula jenis kacang lentil. Satu cangkir kacang lentil memiliki kandungan asam folat sebanyak 181 mikrogram, kemudian ada pula kacang tanah, dan di dalam satu cangkir kacang tanah memiliki kandungan asam folat sebanyak 120 mikrogram.

5. Wortel

Rekomendasi asam folat untuk promil yang lainnya ada pula wortel. Wortel menyediakan 5 persen dari kebutuhan asam folat harian kalian loh KLovers. Jenis makanan dengan warna yang cerah ini juga memiliki banyak sekali kandungan lainnya yang baik untuk mata. Kalian bisa mengonsumsi wortel sebagai salah satu rekomendasi asam folat untuk promil.

6. Sayuran Hijau

Bukan hanya sayuran berwarna seperti wortel saja, sayuran hijau juga banyak mengandung asam folat loh KLovers. Ya, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, lobak, selada, kucai, bisa menjadi pilihan karena sayuran ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga sangat bagus untuk pencernaan kalian.

7. Jagung

Makanan yang mengandung asam folat yang lainnya ada juga jagung. Jagung mengandung banyak sekali asam folat. Di dalam jagung, terdapat hampir 20% dari kebutuhan asam folat harian kalian loh KLovers. Namun, hindari membeli jagung kaleng ya KLovers. Akan lebih bagus bila kalian menggunakan jagung yang alami. Kalian bisa mengonsumsi langsung setelah di rebus, ataupun dibuat makanan lain seperti sup atau campuran dalam sayur.

8. Hati Sapi

Hati khususnya hati sapi, termasuk makanan untuk meningkatkan kesuburan loh KLovers. Hati sapi sarat dengan vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A yang sulit diperoleh di jenis makanan lainnya. Selain menjadi sumber utama vitamin A alami, hati sapi juga kaya akan kandungan zat besi yang sangat mudah diserap tubuh.

Bahkan, kandungan ini juga membantu mencegah keguguran dan anemia pada wanita. Hati sapi juga mengandung vitamin B12 yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA yang tepat. Untuk semakin menunjang kesuburan, hati sapi juga menawarkan kolin, asam lemak omega-3, dan asam folat.

9. Seledri

Rekomendasi asam folat untuk promil yang lainnya yaitu ada seledri. Ya, seledri umumnya dianggap sebagai makanan untuk menghilangkan batu ginjal, tetapi nyatanya jenis sayuran ini juga cocok banget untuk meningkatkan kesuburan loh KLovers.

Ternyata, di dalam daun seledri terdapat banyak sekali kandungan asam folat. Seledri menyediakan sekitar 8% dari kebutuhan asam folat harian kalian. Sehingga jenis sayuran yang satu ini cocok banget jadi salah satu rekomendasi asam folat untuk promil.

10. Asparagus

Menjadi salah satu sayuran yang suka digunakan untuk diet. Bahkan, dalam sayuran jenis ini banyak sekali kandungan yang baik untuk kalian yang sedang promil. Asparagus adalah makanan super yang penuh nutrisi, termasuk dapat meningkatkan kesuburan.

Dalam 1 gelas sajiannya, asparagus menawarkan 100 persen kebutuhan vitamin K harian, 60 persen kebutuhan asam folat harian, dan lebih dari 20 persen nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B tiamin.

11. Kuning Telur

Kuning telur terbukti akan kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, kandungan tersebut seperti, zat besi, kalsium, seng, vitamin B6, asam folat, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk peningkatan kesuburan. Kuning telur dari ayam yang dipelihara bebas, bahkan dianggap sangat kaya akan zat penambah kesuburan.

Ya, hal ini karena kandungan dalam telur ayam yang dipelihara bebas memiliki banyak kandungan seperti, asam lemak omega-3 EPA dan DHA, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K2 yang larut dalam lemak. Alasan lain yang baik untuk makan telur, adalah termasuk bahan makanan sumber protein yang juga terbukti baik untuk kesuburan pria dan wanita.

12. Ikan Laut

Rekomendasi asam folat untuk promil yang terakhir yaitu ada ikan laut. Ya, jenis makanan laut seperti salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pada pria dan wanita. Asam lemak esensial pada ikan berlemak dapat berpengaruh pada sintesa prostaglandin.

Prostaglandin adalah jenis hormon yang dapat memengaruhi kuantitas dan kualitas sperma. Tak hanya itu, salmon juga merupakan sumber selenium. Selenium adalah vitamin esensial untuk sperma yang sehat. Sementara, lemak omega 3 dalam ikan berlemak dapat meningkatkan kualitas sel telur dan menunda penuaan indung telur pada wanita.

Itulah beberapa rekomendasi asam folat untuk promil yang alami dan baik untuk kesehatan. Bukan hanya dapat menambah kesuburan saja, beberapa rekomendasi asam folat untuk promil ini juga bisa menambah kesehatan pada tubuh kalian.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI