Memahami Arti Masif Beserta Makna dan Contoh Penggunaan dalam Kalimat

Jum'at, 01 Juli 2022 15:22
Memahami Arti Masif Beserta Makna dan Contoh Penggunaan dalam Kalimat
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Banyak kosakata bahasa Indonesia yang belum terlalu familier karena tak sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Salah satunya adalah kata masif. Jadi wajar saja jika kalian merasa belum terlalu paham dengan arti masif.

Meski begitu, kata ini sering digunakan dalam wacana media, seperti berita, artikel, atau karya ilmiah. Arti masif sendiri sebenarnya sudah tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Itu berarti, kata ini sudah baku.

Arti masif adalah utuh dan padat atau di dalamnya tidak berongga. Bisa juga diartikan sebagai kata sifat kuat atau kukuh. Nah, bagi kalian yang masih penasaran dengan arti masif, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kalian akan menemukan penjelasan mengenai makna beserta contoh penggunaan dalam kalimat yang akan mempermudah proses pemahaman.

1. Arti Masif dalam Wacana

Meski arti masif belum diketahui secara umum, istilah ini bisa menjadi salah satu contoh kata sifat yang sering digunakan dalam sebuah wacana, artikel, ataupun karya ilmiah. Sekali lagi, penggunaannya dalam percakapan sehari-hari memang jarang di dengar.

KBBI mendefinisikan kata masif sebagai kata yang berarti utuh, padat, tidak berongga, dan murni. Masif juga berarti kuat atau besar. Ejaan kata masif memang dilafalkan dengan vokal yang sama, tapi bisa mengandung makna yang berbeda. Ada empat arti masif yang dicantumkan di KBBI. Perbedaan ini bisa dilihat pada penggunaan kalimatnya. Dengan begitu, penggunaan kata masif harus memperhatikan konteks supaya maksud atau maknanya dapat tersampaikan dengan baik.

2. Makna Masif dalam KBBI

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa arti masif dalam KBBI adalah kokoh, utuh, kuat, dan murni. Kali ini akan dibahas mengenai makna dari kata tersebut.

Penjelasan arti atau makna dari kata masif adalah sebagai berikut:

1. Utuh dan solid atau padat, tidak berlubang di dalamnya. Utuh dan solid bisa bermakna sebagai benda atau barang yang penuh. Contohnya isi cokelat di dalam roti itu terlihat masif.

2. Kuat atau kokoh. Contoh seperti bangunan yang terlihat masif. Menunjukkan bahwa suatu bangunan tidak bisa bertahan cukup lama karena kekuatannya.

3. Murni, biasanya mengacu pada logam mulia, masif berarti kadar logam mulia murni.

Kata masif, sering kali dianggap sebagai kata serapan dari Bahasa Inggris, massive. Namun, sebenarnya dua kata ini mempunyai arti yang berbeda meskipun hampir mirip. Kata masif jelas berarti kuat, kokoh, utuh, atau murni.

Sementara kata massive memiliki makna besar atau raksasa. Dalam penggunaannya kata massive biasa digunakan untuk menunjukkan ukuran. Melalui penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa masif dan massive memiliki makna yang berbeda.
Agar lebih jelas, kalian bisa menyimak contoh penggunaan kata massive di bawah ini:

1. She looked around at the quiet foyer of a massive house.

(Dia melihat sekeliling ke serambi yang tenang dari sebuah rumah besar.)

2. The faded signs of massive scarring were on one side of her neck while there was blood on the other, as if someone had just hurt her.

(Tanda-tanda memudar dari bekas luka besar ada di satu sisi lehernya sementara ada darah di sisi lain, seolah-olah seseorang baru saja menyakitinya.)

3. He stood in front of the glass French doors of the balcony, taking up the whole space with his massive frame and heavy trench coat.

(Dia berdiri di depan pintu kaca Prancis di balkon, memenuhi seluruh ruangan dengan bingkai besar dan jas hujannya)

3. Contoh Penggunaan Kata Masif dalam Kalimat

Agar lebih memahami arti masif, kalian memerlukan beberapa contoh kalimat yang. Dari contoh kalimat ini, kalian bisa membedakan makna dan konteks bagaimana makna masif itu digunakan. Langsung saja, simak contoh penggunaan kata masif di bawah ini.

1. Kondisi lalu lintas hari ini cukup masif, terlebih lagi pada pukul 09.00 tadi terjadi pengalihan jalur lalu lintas ke arah jalan Diponegoro.

2. Gedung olahraga yang baru saja dibangun, tampak sangat masif.

3. Hubungan organisasi yang masif akan memberikan dampak yang baik dan luar biasa pada kinerja program kerja yang akan dilakukan.

4. Terlihat ikatan keledai di pohon itu kurang masif.

5. Serangan masif dari Israel, belum mampu meruntuhkan semangat Pemuda Palestina.

6. Pelaku Korupsi Masif di sektor pajak negara, sampai saat ini belum diketahui kepastian hukumnya.

7. Tsunami yang terjadi pada Aceh tahun 2004 lalu sangat masif hingga berdampak guncangan di beberapa negara tetangga sekitar.

8. Strategi marketing yang pas membuka gerai fisik efektif sebagai mesin pengeruk rupiah masif.

9. Kehidupan modern yang individualis membawa aspek negatif dalam hubungan keluarga, menghancurkan ikatan keluarga lebih masif dibanding peperangan.

10. Korupsi itu tumor ganas yang mematikan secara masif dan pelan-pelan. Lapar dulu, stres dulu, baru depresi dan mati.

Nah, KLovers, itulah arti masif yang bisa kalian pelajari.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI