10 Macam-macam Cabang Olahraga Atletik Paling Populer

Selasa, 29 Desember 2020 16:44 Penulis: Dita Tamara
10 Macam-macam Cabang Olahraga Atletik Paling Populer
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sudahkah kalian tahu apa saja macam-macam cabang olahraga atletik? Olahraga atletik sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang yang ada di dunia dan dipertandingkan di event olahraga internasional. Mungkin kalian hanya mengetahui beberapa saja yang memang populer di dunia olahraga. Namun, sebenarnya ada banyak cabang olahraga atletik yang mungkin luput dari perhatian kalian. Meskipun beberapa orang hanya mengetahui beberapa olahraga ternama saja, namun, olahraga atletik juga nggak kalah menarik untuk dibahas lho.

Diketahui cabang olahraga atletik merupakan olahraga pertama yang dipertandingkan dalam olimpiade. Oleh sebab itulah, olahraga atletik menjadi salah satu olahraga tertua saat ini. Olahraga atletik sendiri ada beberapa macamnya. Lalu, olahraga apa saja yang termasuk olahraga atletik? Berikut ini daftar cabang olahraga atletik terpopuler yang perlu kalian ketahui.

1. Lempar Lembing

Jenis cabang olahraga atletik yang pertama yaitu lempar lembing. Jenis olahraga ini menuntut kecekatan dan kekuatan dalam melempar sejauh mungkin. Dalam pertandingan olahraga lempar lembing, ukuran, bentuk, berat minimum, dan pusat gravitasi harus sesuai dengan aturan dari International Association of Athletics Federations (IAAF). Para atlet diharuskan untuk memegang serta melempar lembing sejauh mungkin, dengan menggunakan satu tangan.

2. Lompat Tinggi

Selanjutnya, olahraga yang termasuk ke dalam olahraga atletik yaitu lompat tali. Jenis olahraga yang satu ini juga sudah sangat populer lakukan oleh sebagian orang. Teknik dalam melakukan olahraga ini adalah dengan cara melompati bilah yang telah diletakkan pada tiang yang telah disediakan dan telah memiliki ukuran tinggi. Semakin tinggi jarak yang dilompati, maka atlet pun semakin baik mendapatkan nilai.

3. Lompat Jauh

Tak hanya lompat tinggi, lompat jauh juga menjadi salah satu jenis olahraga atletik. Olahraga yang satu ini mempertandingkan jarak terjauh lompatan sebagai pemenangnya. Tak heran jika para atlet harus lari sekencang mungkin sebelum akhirnya melompat dengan mendarat di atas bak yang berisi pasir. Ada beberapa gaya untuk lompat jauh, gaya jingkok, gaya menggantung/jingkat, dan gaya berjalan di udara (walking in the air).

4. Lompat Galah

Lompat galah bisa dikatakan mirip dengan lompat tinggi. dimana sama-sama melompati bilah dengan ukuran tinggi yang telah ditentukan. Namun yang sedikit membedakan dari kedua cabang olahraga ini adalah jika lompat galah tidak menggunakan kaki ketika melakukan lompatan, melainkan dengan menggunakan galah sebagai sarana untuk melakukan lompatan tersebut.

5. Tolak Peluru

Selanjutnya, jenis olahraga yang termasuk atletik adalah tolak peluru. Olahraga yang satu ini yaitu atlet harus melakukan tolakan peluru. Bola atau peluru yang digunakan juga memiliki berat beragam tergantung nomor olahraga tolak peluru yang dipertandingkan. Tujuan dari olahraga ini adalah menolak peluru sejauh mungkin dengan teknik yang benar.

6. Lempar Cakram

Lempar cakram menjadi salah satu cabang olahraga atletik yang sering juga dilombakan. Jenis olahraga ini yaitu dengan melemparkan cakram yang berbentuk seperti piringan dan dilakukan dengan menggunakan lapangan yang berkriteria khusus. Tujuan dari lempar cakram yaitu mengukur hasil lemparan sejauh mungkin sesuai tatacara yang sudah ditentukan. Bukan hanya membutuhkan kecepatan serta kekuatan tangan dalam melempar cakram, olahraga ini juga membutuhkan penguasaan teknik yang baik.

7. Panahan

Panahan menjadi salah satu jenis olahraga yang termasuk cabang olahraga atletik. Panahan sendiri merupakan olahraga yang tak kalah populer dibandingkan dengan olahraga lainnya. Tujuan dari panahan sendiri yaitu menggunakan teknik yang tepat dan ketetapan atlet mengarahkan anak panah untuk bisa menembak ke titik tengah papan target merupakan aspek penting dan penentu dalam menentukan pemenang dalam pertandingan olahraga panahan.

8. Lari Estafet

Lari estafet juga termasuk ke dalam jenis olahraga atletik yang sudah banyak diketahui. Tidak hanya membutuhkan lari yang benar, akan tetapi juga kerjasama tim yang kompak. Lari estafet sendiri merupakan salah satu ajang olahraga dan perlombaan yang memungkinkan anggotanya secara bergiliran menyerahkan tongkat ke pelari berikutnya di zona tertentu. Sama seperti olahraga lainnya, lari estafet juga memiliki beragam teknik yang disesuaikan oleh jumlah tim hingga arena yang digunakan.

9. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek atau lari sprint adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan berlari secepat mungkin ke depan dan harus menempuh jarak tertentu. Ada lima nomor ada lari jarak pendek yang dikompetisikan, yakni 100 meter, 4 x 100 meter, 200 meter, 4 x 400 meter dan 400 meter. Lari jarak pendek sangat membutuhkan penguasaan teknik serta performa yang baik.

10. Lari Jarak Jauh

Tak hanya lari jarak pendek saja yang populer, lari jarak jauh juga nggak kalah populer. Lari jarak jauh sendiri merupakan bentuk lari terus menerus pada jarak setidaknya 3 kilometer. Olahraga lari jarak jauh ini tentu saja memerlukan stamina serta kekuatan mental.

Itulah sederet jenis olahraga atletik populer yang perlu kalian ketahui. Macam-macam jenis olahraga di atas juga paling sering dilombakan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI