Memahami Arti Wish dan Perbedaannya dengan Hope dalam Kalimat

Minggu, 29 Mei 2022 13:11
Memahami Arti Wish dan Perbedaannya dengan Hope dalam Kalimat
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Istilah wish dan hope merupakan kosakata bahasa Inggris yang mungkin sudah sering kalian dengar. Karena sudah sering digunakan dalam percakapan, arti wish dan hope sering kali dianggap sama, yaitu 'berharap'. Anggapan itu yang membuat kedua kata tersebut dianggap bisa saling menggantikan dalam kalimat.

Padahal, arti wish dan hope sebenarnya memiliki perbedaan makna. Meski begitu, anggapan itu tak sepenuhnya salah karena tetap bisa saling menggantikan saat digunakan dalam rangkaian kalimat.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan makna dan penggunaannya dalam kalimat, tak ada salahnya untuk menyimak informasi di bawah ini. Kalian akan menemukan arti wish dan perbedaannya dengan hope beserta contoh kalimatnya.

1. Arti Wish

Arti wish dalam bahasa Indonesia berarti "mengharapkan". Kata ini digunakan untuk menunjukkan keinginan atau harapan yang tidak bisa terjadi. Kalimat yang menggunakan kata wish perlu ditambahkan dengan conditional sentence type 2 dan conditional sentence type 3.

Perlu kalian ketahui bahwa yang dimaksud sebagai conditional sentence adalah kalimat pengandaian atau imajinasi atas sebuah kejadian yang belum maupun yang tidak mungkin terjadi. Conditional sentence type 2 digunakan saat kemungkinan terwujudnya suatu kejadian sangat kecil. Sementara conditional sentence type 3 digunakan pada pengandaian pada suatu hal atau kondisi tidak bisa terjadi sama sekali.

Jika dilihat dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa kata "wish" digunakan saat seseorang berharap pada suatu hal atau kejadian yang hampir tidak mungkin terjadi.

2. Perbedaan Wish dan Hope

Setelah memahami arti wish beserta maknanya dalam kalimat, kini kalian perlu mengetahui arti hope. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah melihat perbedaan pada keduanya.

Biasanya, penggunaan kata hope diikuti present tense. Present tense adalah tenses yang digunakan ketika suatu kejadian sedang berlangsung, saat ini, atau berlangsung berulang kali. Pasalnya, hope menunjukkan harapan pada suatu hal yang masih mungkin terjadi. Saat menggunakan kata hope, kalian berarti sedang memanjatkan harapan untuk suatu hal yang mungkin atau akan terjadi di masa depan.

Sementara itu, saat kalian menggunakan hope dengan past tense, artinya kalian berharap pada suatu hal yang sudah terjadi pada masa lalu.

Dengan begitu, bukankah jadi lebih jelas makna dari kata ini? Penggunaan kata wish dan hope jelas tak bisa saling menggantikan karena keduanya menunjukkan makna yang tak sepenuhnya sama. Oleh karena itu, kalian perlu mengenali lebih banyak makna kosakata bahasa Inggris agar bisa menggunakannya secara tepat dalam kehidupan sehari-hari.

3. Contoh Kalimat Wish dan Hope

Berdasarkan penjelasan mengenai arti wish di atas, mungkin kalian paham mengenai penggunaannya dalam keseharian. Nah, agar kalian lebih paham lagi, taka da salahnya untuk menyimak contoh kalimat berikut ini.
1. Contoh Kalimat Wish

- Contoh penggunaan wish untuk menunjukkan harapan saat ini.

I wish I had more money (Saya berharap saya punya lebih banyak uang).

I wish I was taller (Saya berharap saya lebih tinggi).

I wish I had billionaire parents (Saya berharap saya memiliki orang tua miliarder).

- Contoh penggunaan wish untuk menunjukkan harapan di masa lalu.

I wish my friends had not forgotten my birthday party (Saya berharap teman-teman saya tidak melupakan pesta ulang tahun saya).

She wishes she had not said something impolite to the teacher (Dia berharap dia tidak mengatakan sesuatu yang tidak sopan kepada guru).

He wishes he had brought an umbrella or a raincoat (Dia berharap dia membawa payung atau jas hujan).

2. Contoh Kalimat Hope

- Present tense (harapan yang mungkin akan terjadi di masa depan)

I hope it doesn't rain today. (Semoga hari ini tidak hujan)

I hope I see you at dinner tonight. (Saya harap saya melihat Anda saat makan malam malam ini)

- Past tense (merujuk pada suatu hal yang sudah terjadi, tetapi harapan itu masih ada hingga saat ini.)

Chandra had to rush to the bus station. I hope he didn't forget his wallet. (Chandra harus buru-buru ke terminal bus. Saya harap dia tidak lupa dompetnya)

Reva, thanks for coming to the workshop yesterday! I hope you had a good time. (Reva, terima kasih sudah datang ke bengkel kemarin! Saya harap Anda memiliki waktu yang baik)

4. Kata-Kata Tentang Harapan

Setelah mengetahui arti wish dan hope beserta penggunaannya, mungkin kalian juga penasaran pada kata-kata yang bisa dipakai sebagai ucapan. Agar lebih jelas, kalian bisa melihat contoh berikut ini.

1. I wish everyone will get along

(saya berharap semua orang bisa akur)

2. I wish my sister can get married soon with the man of her dream

(Aku berharap adik perempuanku dapat menikah segera dengan pria impiannya)

3. Stundents always wish that school recess is has longer

(Murid selalu berharap bahwa waktu istirahat sekolah lebih lama)

4. The polices always hope the crime rates will decrease

(Polisi selalu berharap tingkat kejahatan menurun)

5. I wish I was your blanket, I wish I was your pillow underneath your head, I want to be around you, and I wan to be the lucky person who kisses you goodnight.

(Aku berharap bisa jadi selimut dan jadi bantal di bawah kepalamu. Aku ingin ada di sekitarmu. Aku ingin jadi orang yang beruntung yang menciummu sambil mengucapkan selamat tidur)

6. I hope your wedding party is going well

(Aku berharap resepsi pernikahanmu berlangsung dengan baik)

7. I hope everything works out for you

(saya berharap semua hal berhasil dengan kamu)

8. I hope the weather tomorrow will be brighter

(saya berharap cuaca besok akan lebih cerah)

9. I hope the weather tomorrow will be brighter

(saya berharap cuaca besok akan lebih cerah)

10. I hope your mother get well soon

(saya berharap ibu kamu lekas sembuh)

Nah, KLovers, itulah beberapa arti wish dan hope beserta perbedaan dan penggunaannya dalam kalimat.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI