Memahami Arti Yaumul Milad, Simak Juga Referensi Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Lainnya

Sabtu, 27 November 2021 10:22
Memahami Arti Yaumul Milad, Simak Juga Referensi Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Saat ada orang terdekat berulang tahun, memberi ucapan selamat dan doa mungkin sudah jadi hal yang biasa dilakukan. Ada beragam cara untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun, salah satunya melalui kata-kata yang islami. Dalam ucapan ulang tahun islami itulah kita sering menjumpai istilah yaumul milad. Lantas, apa sebenarnya arti yaumul milad?

Bagi sebagian umat muslim, yaumul milad mungkin sudah jadi istilah yang tak begitu asing di telinga. Sebab seperti yang disinggung sebelumnya, kata ini biasa muncul dalam suatu ucapan selamat ulang tahun. Meski demikian, masih banyak orang yang tidak tahu arti yaumul milad. Tak sedikit yang menyangka, yaumul milad merupakan bagian dari doa khusus di hari ulang tahun, benarkah demikian?

Untuk tahu lebih mendalam arti yaumul milad yang biasa muncul di ucapan selamat ulang tahun islami, langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Arti Yaumul Milad

Arti yaumul milad sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "selamat ulang tahun". Itulah sebabnya, kata ini sering kali muncul dalam momen pertambahan usia. Meski berasal dari bahasa Arab, kini kata yaumul milad sudah biasa dipakai dalam bahasa Indonesia.

Kata yaumul milad sering kali muncul dalam berbagai bentuk ucapan selamat ulang tahun yang bernuansa islami. Terlebih, belakangan ucapan selamat ulang tahun islami khususnya dalam bahasa Arab, cukup populer dan digemari.

Biasanya, istilah dan arti yaumul milad dalam ucapan selamat ulang tahun sering diikuti dengan ungkapan "barakallah fii umrik" atau "barakallah fiikum". Sehingga, sederhananya ucapan selamat ulang tahun "yaumul milad barakallah fii umrik" adalah "selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas umurmu."

2. Hukum Merayakan Ulang Tahun

Dalam agama Islam sendiri, merayakan ulang tahun sebenarnya masih menjadi pro dan kontra. Ada beberapa ulama yang melarang, namun tak sedikit pula yang memperbolehkan dengan syarat.

Dilansir dari merdeka.com, ulama yang melarang perayaan ulang tahun beranggapan, bahwa perayaan ulang tahun seperti potong kue dan tiup lilin merupakan bentuk pengaruh dari budaya orang kafir. Sementara, Nabi shallallahu alaihi wasallam telah bersabda dalam hadits Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma: "Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka".

Sementara di sisi lain, ada pula ulama yang memperbolehkan dengan hadis:

Dari Abu Qotadah al-Anshory R.A yang menyataka bahwa Rasulullah SAW. Pernah ditanya mengenai puasa hari 'Arafah, lalu beliau menjawab: "Ia menghapus dosa-dosa tahun lalu dan yang akan datang." Beliau juga ditanya tentang puasa hari 'Asyura, lalu beliau menjawab: "Ia menghapus dosa-dosa tahun yang lalu." Dan ketika ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab: "Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus dan hari diturunkan al-Qur'an padaku." (HR. Muslim) (Imam Abi Dzakariya bin Yahya, Shahih Muslim, Bab Puasa)

Terlepas dari pro dan kontra, arti yaumul milad tetap jadi pengetahuan yang cukup penting untuk diketahui. Sebab, diakui atau tidak perayaan ulang tahun kini telah jadi budaya populer yang dirayakan siapa saja tanpa memandang latar belakang agama tertentu. Selain itu, baik tidaknya perayaan ulang tahun juga dinilai tergantung pada niat dan cara perayaannya.

Apalagi saat ini ada banyak cara untuk merayakan yaumul milad atau ulang tahun secara positif. Misalnya, dengan melakukan instrospeksi diri, berdoa, hingga berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

3. Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Mengucapkan selamat ulang tahun secara islami kini cukup populer di kalangan anak muda. Pasalnya, arti yaumul milad atau ucapan selamat ulang tahun islami mengandung makna dan doa yang mendalam. Tertarik memberikan ucapan selamat ulang tahun yang bernuansa islami untuk orang terdekat? Berikut beberapa kata-kata ucapan selamat ulang tahun islami berikut yang punya makna mendalam.

1) "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

2) "Barakallah fii umrik teman, tetaplah menjadi orang yang kuat untuk terus berdakwah di jalan Allah SWT."

3) "Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat."

4) "Barakallahu fii umrik ukhti (saudara/sahabat perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn."

5) "Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikanNya, semoga dapat menjadi seseorang yang dirindukan oleh surga. Amin."

6) "Barakallah fii umrik, semoga apa pun yang kamu harapkan akan segera terwujud."

7) "Miladuki sa'idy sahabatku. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya. Amin."

8) "Tidak ada nikmat yang paling indah selain umur yang panjang dan berkah yang telah Tuhan berikan untukmu. Semoga di usiamu yang sekarang, umurmu makin berkah dan segala yang kamu cita-citakan bisa terwujud."

9) "Milad mubarak, Barakallah fii umrik, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah."

10) "Selamat ulang tahun wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat."

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti yaumul milad. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI