Meski Kecil, Nyatanya Ini 7 Manfaat Telur Puyuh yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Kamis, 03 Desember 2020 11:22 Penulis: Dhia Amira
Meski Kecil, Nyatanya Ini 7 Manfaat Telur Puyuh yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang berasal dari burung puyuh dengan bentuk yang sangat kecil, dan corak yang unik. Telur puyuh sendiri menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh berbagai negara, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika. Walaupun memiliki bentuk yang kecil, namun nyatanya manfaat telur puyuh sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh KLovers.

Telur puyuh memiliki kandungan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak, lutein, kolin, dan masih banyak lagi zat penting lainnya. Bahkan jika dibandingkan dengan telur ayam, nilai gizi telur puyuh lebih besar dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional masa kini. Yang mana proses penyembuhan secara alami memang menjadi jalan yang efektif, karena dirasa cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping dalam jangka panjang.

Namun kira-kira apa lagi ya manfaat dari telur puyuh bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah manfaat telur puyuh yang wajib banget kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Nutrisi Telur Puyuh

Sebelum mengetahui manfaat dari telur puyuh, ada baiknya kalian mengetahui apa saja nutrisi yang terdapat dalam telur puyuh tersebut. Dan inilah beberapa nutrisi yang terkandung dalam 5 butir telur puyuh:

Vitamin B2 23%
Vitamin B5 9%
Vitamin B12 9%
Vitamin B9 8%
Vitamin A 5,5%
Selenium 23%
Fosfor 12,5%
Zat besi 10%
Zinc 5%
Vitamin B1
Vitamin B3
Vitamin B6
Vitamin E
Kalsium
Magnesium
Potasium
Mangan
Asam lemak omega 3 13%
Asam lemak omega 6 13%

Semua kandungan tersebut masuk dalam kebutuhan harian kalian. Dengan kandungan gizi yang sangat berlimpah tidak heran bila manfaat telur puyuh bagi kesehatan tubuh juga sangat luar biasa.

 

 

2. Mengatasi Risiko Terkena Alergi

Manfaat telur puyuh yang pertama yaitu, dapat mengatasi risiko terkena alergi. Yup! Alergi dapat menyerang siapa saja, dan hal ini dapat diatasi dengan menggunakan manfaat telur puyuh loh KLovers. Hal itu karena, telur puyuh memiliki kandungan ovomucoid, yang mana berguna untuk melawan gejala timbulnya alergi pada tubuh.

Berbeda dengan telur ayam yang terkadang dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Namun berbeda dengan telur puyuh yang malah bisa mengatasi risiko terkena alergi. Bahkan pada telur puyuh ini juga dipenuhi dengan kandungan kalium dan zat besi yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

3. Memberikan Kesehatan Mata

Kemudian manfaat telur puyuh yang lainnya yaitu, dapat memberikan pada kesehatan mata. Salah satu organ tubuh ini memang sangat perlu selalu diberikan nutrisi. Hal ini karena, mata sangat rentan terkena berbagai macam hal yang mengganggu penglihatan.

Hal itu karena, telur puyuh memiliki kandungan zat berupa zeaksantin dan lutein. Kedua zat tersebut merupakan senyawa alami yang dapat meningkatkan cahaya biru 20 sampai 90 persen. Selain itu telur puyuh juga memberi pigmen warna kuning pada mata dengan meningkatkan kandungan zeaksantin dan lutein yang dibutuhkan oleh retina. Sehingga dengan begitu kondisi mata bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

4. Mencegah Anemia

Bagi kalian yang memiliki penyakit anemia, maka kalian bisa loh mengatasi masalah anemia dengan menggunakan manfaat telur puyuh. Anemia sendiri merupakan salah satu penyakit kekurangan darah yang diakibatkan oleh jumlah hemoglobin yang tidak memadai. Dan untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh, kalian bisa kok menggunakan manfaat telur puyuh.

Ini karena, telur puyuh memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Dengan tingginya asupan zat besi tersebut membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil. Dan menjadikan telur puyuh sebagai salah satu makanan yang mengatasi masalah anemia.

 

 

5. Menguatkan Fungsi Otak

Tak hanya mengatasi masalah anemia saja, nyatanya manfaat telur puyuh yang lainnya yaitu dapat menguatkan fungsi otak. Bukan hanya menguatkan fungsi otak dalam anak-anak dan orang dewasa saja, telur puyuh juga mampu memberikan nutrisi pada otak janin di dalam kandungan.

Hal ini karena, di dalam telur puyuh terdapat kandungan berupa kolin yang berfungsi dalam mempertahankan otak bagi setiap orang di usia produktif. Di mana fungsi otak akan dapat dipertahankan dengan baik, Sehingga otak pun akan bisa tetap bekerja dengan sehat dan maksimal.

 

 

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang penting untuk selalu ditingkatkan. Karena daya tahan tubuh yang lemah mampu membuat orang terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus hingga bakteri.

Kandungan vitamin C dan vitamin A yang terdapat dalam telur puyuh nyatanya dapat menjaga daya tahan tubuh dengan sangat baik. Bahkan telur puyuh juga dapat membersihkan darah dari racun dan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kalian.

 

 

7. Tingkatkan Stamina Pria

Manfaat telur puyuh yang lainnya yaitu, dapat meningkatkan stamina pada pria. mengandung lebih banyak fosfor, kalsium, protein dan beragam vitamin jika dibandingkan telur ayam, membuat telur puyuh mampu meningkatkan stamina terutama pada pria dewasa.

Bahkan kandungan lengkap dalam telur puyuh ini dapat menjadi sumber makanan untuk kelenjar prostat dan membantu meningkatkan stamina pria dewasa. Karena prostat menjadi salah satu penunjang penting dalam kesuburan seorang pria.

 

 

8. Menjaga Kesehatan Gigi

Dan manfaat telur puyuh yang terakhir yaitu, dapat menjaga kesehatan gigi. Gigi memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dijaga kesehatannya. Sama seperti tulang, gigi juga mudah keropos dan kurang kuat. Sehingga hal ini dapat membuat seseorang sering memiliki gigi berlubang, dan ompong walaupun dalam usia muda.

Selain mengonsumsi susu, kalian juga bisa kok menggunakan manfaat telur puyuh dalam menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena, telur puyuh mengandung zinc yang merupakan mineral penting dalam merawat kesehatan gigi, hingga masalah bau mulut. Jadi kalian bisa menutrisi gigi pada anak dengan mengonsumsi telur puyuh.

 

 

9. Konsumsi Telur Puyuh yang Baik

Walaupun telur puyuh memiliki kandungan gizi yang tinggi, hingga memiliki banyak sekali manfaat. Namun nyatanya telur puyuh juga tidak baik loh bila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena, kandungan kolesterol dalam telur puyuh mampu menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Meski mengandung beragam nutrisi, makan telur puyuh terlalu sering juga dianggap sebagai penyebab utama naiknya kolesterol darah loh KLovers. Kalian juga perhatikan pula teknik mengolah makanan yang digunakan. Dan konsumsi telur puyuh dengan cara yang lebih menyehatkan.

Itulah 7 manfaat telur puyuh bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Namun walaupun tinggi akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, ada baiknya kalian mengonsumsi telur puyuh dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan ya KLovers.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI