Mengenal Jenis Kerajinan Tekstil Paling Kreatif, Beserta Contoh Produk dan Fungsinya

Minggu, 07 Februari 2021 10:11 Penulis: Dita Tamara
Mengenal Jenis Kerajinan Tekstil Paling Kreatif, Beserta Contoh Produk dan Fungsinya
(credit: flicker)


Kapanlagi Plus - Sebutkan bentuk kerajinan yang ada di rumah kalian? Tentu banyak sekali ya, mulai dari taplak meja, keranjang rotan, sampai dengan baju batik yang biasa kalian pakai merupakan contoh dari hasil kerajinan. Bagi orangtua yang bisa membuat kerajinan, bisa mengajak anak belajar untuk membuatnya. Karena faktanya membuat kerajinan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Bagus atau tidak hasil yang didapatkannya bukanlah hal terpenting karena karya yang dibuat oleh anak adalah hasil dari imajinasinya.

Ada banyak sekali jenis-jenis kerajinan di Indonesia, salah satunya adalah kerajinan tekstil. Kerajinan tekstil adalah kerajinan yang dibuat dari bahan tekstil seperti wol, kain, benang, dan lainnya. Indonesia memiliki dua jenis kerajinan tekstil, yaitu kerajinan tekstil tradisional dan kerajinan tekstil modern.

 

 

1. Jenis Kerajinan Tekstil

-Kerajinan tekstil tradisional

Kerajinan tekstil tradisional adalah kerajinan yang dibuat secara manual menggunakan tenaga manusia tanpa adanya bantuan mesin. Kerajinan ini memiliki harga dan nilai seni yang tinggi. Selain itu, kerajinan tekstil ini juga unggul pada daya tahannya yang sangat bagus dan bisa bertahan lama. Tapi jenis kerajinan tekstil tradisional memiliki kelemahan, seperti proses produksi yang cukup lama dan karena menggunakan tenaga manusia membuat jumlah yang dibuat terbatas.

-Kerajinan tekstil modern

Jenis kerajinan tekstil berikutnya adalah kerajinan tekstil modern. Seperti namanya, bisa diketahui bahwa kerajinan ini menggunakan mesin canggih sebagai alat untuk membuatnya. Jenis kerajinan ini memiliki kelebihan seperti efisien, tidak terlalu menguras banyak tenaga kerja, dan dengan peralatan canggih tersebut membuat kerajinan tekstil dapat diproduksi dalam jumlah banyak. Selain kelebihan, tekstil modern juga memiliki kelemahan seperti kualitas bahan yang kurang baik dan juga daya tahan produk yang lemah.

 

 

2. Contoh Produk Kerajinan Tekstil

Setelah mengetahui dua jenis kerajinan tekstil, kalian juga wajib mengetahui contoh produk dari kerajinan tekstil. Berikut ada 10 contoh kerajinan tekstil yang ada di Indonesia:

-Kerajinan batik

Batik adalah bentuk karya seni khas Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi dan banyak diminati di mancanegara. Ada beberapa lat untuk membuat batik, seperti canting untuk membuat pola gambar dan lilin panas. Setelah itu batik diberi warna dengan menggunakan teknik tutup celup untuk batik tradisional dan cap untuk batik modern.

-Kerajinan Sulam

Kerajinan sulam adalah sebuah kerajinan hias di kain atau bahan lainnya dengan menggunakan benang dan jarum. Seiring perkembangan teknologi, kerajinan ini bisa dibuat dengan manual atau bisa menggunakan mesin.

-Kerajinan kain perca

Dinamakan kain perca karena diambil dari sisa-sisa kain yang digunakan untuk membuat pakaian. Kerajinan ini dibuat dengan cara menggabungkan kain perca lalu dijahit dengan pola yang sudah dibuat

-Kerajinan Jahit tindas

Jahit tindas dibuat dengan menggunakan teknik menghias permukaan kain menggunakan bahan pelapis yang kemudian di jahit tindas pada permukaannya.

-Kerajinan tapestry

Kerajina tapestry adalah salah satu kerajinan tekstil tertua yang ada di dunia. Konsep kerajinan ini adalah penenunan yang menjadikan dua buah benang yang dibentuk saling bersilangan.

-Kerajinan cetak saring

Kerajinan ini menggunakan layar berbahan nilon dengan pola kerapatan yang telah ditentukan sebagai media cetaknya. Kerajinan tekstil cetak saring ini sudah berkontribusi pada industri tekstil modern.

-Kerajinan tenun

Kerajinan tenun merupakan kerajinan dengan teknik membuat sebuah kain. Indonesia memiliki berbagai macam corak tenun dari masing-masing daerah.

-Kerajinan makrame

Makrame adalah seni kerajinan simpul dengan mengerjakan rantaian benang awal dan juga akhir sampai membentuk tenunan pada rantai benang. Ada beberapa cara dalam membuat makrame, seperti dengan cara rajut, pilin, dan juga simpu.

-Kerajinan rajut

Merajut berarti merangkai benang atau tali dengan menggunakan dua jarum yang mirip sumpit di tangan kiri dan tangan kanan, dan dapat menghasilkan suatu hasil yang indah.

-Kerajinan renda

Renda adalah kerajinan dengan menggunakan teknik menautkan benang atau tali dengan menggunakan satu jarum berbentuk pengait sehingga menjadi suatu bentuk rangkaian tertentu. Kerajinan renda digunakan sebagai suatu bidang seperti taplak meja, tatakan gelas, hiasan, dan lain-lain.

 

 

3. Fungsi Kerajinan Tekstil

Berdasarkan jenis dan contohnya, semua kerajinan tekstil dibuat dengan tujuan dan beberapa alasan berdasarkan fungsinya. Berikut fungsi-fungsi kerajinan tekstil yang harus kalian ketahui:

-Berfungsi sebagai simbolik, kerajinan tekstil melambangkan suatu hal tertentu yang berhubungan dengan nilai-nilai sepiritual.

-Berfungsi sebagai kelengkapan ritual, kerajinan tekstil mengandung suatu simbol dan magis yang berkaitan dengan sepiritual. Contohnya kain batik motif doa, ikat celup Indonesia Timur, dan lain-lain.

-Berfungsi sebagai mainan, seperti yoyo dan boneka.

-Berfungsi sebagai benda pakai, contohnya adalah kursi dan meja, tas dan ikat pinggang, yang bisa digunakan secara fungsionalnya.

-Berfungsi sebagai dekorasi, untuk memperindah ruangan seperti guci, makram, dan lain-lain.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI