Mengintip Proses Pembuatan Makanan Versi Mini, Bikin Gemas!

Selasa, 12 September 2017 15:26 Penulis: Tyssa Madelina
Mengintip Proses Pembuatan Makanan Versi Mini, Bikin Gemas!
Source: Tastemade UK

Kapanlagi Plus - Terobsesi dengan konsep makanan 'kawaii' ala Jepang, seorang wanita bernama Kate Murdoch membuat sebuah akun Youtube berjudul Tiny Kitchen. Berbeda dengan akun tutorial memasak lainnya, akun ini ternyata cukup menghebohkan penikmat dunia kuliner. Bagaimana tidak? Kate menggunakan semua bahan dan alat masaknya dengan ukuran mini.

"Ketika kebanyakan orang memasak, mereka akan berkonsentrasi penuh karena takut terbakar atau masakan menjadi gosong. Saya lebih fokus pada tangan karena semua yang saya pakai berukuran sangat kecil. Untuk pengganti api kompor, saya menggunakan lilin, ukuran penggorengan hanya sebesar telunjuk ibu jari dan peralatan memotong tak lebih besar dari jarum." ujarnya seperti dilansir oleh portal berita Mirror.

Miniatur dibuat semirip mungkin dengan versi asliMiniatur dibuat semirip mungkin dengan versi asli


Berawal dari kegemarannya menonton Marry Berry In It! The Great British Bake Off, sebuah acara tutorial memasak di televisi favoritnya, Kate mulai menekuni hobinya dengan serius. Ia membuat akun Youtube "In The Kitchen With Kate" pada tahun 2013 dengan kakaknya, Alex yang pada saat itu merupakan produser. Saat itu, Kate membuat tutorial memasak dengan ukuran alat dan bahan-bahan yang masih normal. Kate tidak berharap videonya saat itu akan dilihat oleh banyak orang, dia hanya menikmati proses memasak dan membuat videonya.

Kemudian salah satu akun video tutorial memasak, Tastemade UK, mulai meliriknya dan mengajak Kate untuk bekerja sama. Tastemade pula yang memperkenalkan Kate pada salah satu tren makanan berukuran mini. Alih-alih merasa senang, Kate pada awalnya mengira ide tersebut cukup gila. Namun pada akhirnya, dia menerima tawaran tersebut karena menurutnya hal itu cukup menantang.


Miniatur dapur dibuat di dalam studio Tastemade dan disusun dengan kardus persis seperti bentuk aslinya lengkap dengan peralatan memasaknya yang berukuran mini. Menurut Kate, dikarenakan ukurannya yang kecil, beberapa bahan masakan dapat diproses dengan sangat cepat. Mendidihkan air butuh waktu kurang dari satu menit, dan untuk memanggang daging burger hanya butuh waktu empat detik di setiap sisinya.

Sedangkan untuk komposisinya, beberapa bahan diganti untuk menyesuaikan dengan ukuran yang mini. Seperti telur ayam yang diganti dengan telur puyuh, atau sayuran berukuran besar yang kemudian harus diukir dan dibentuk ulang.

Membutuhkan kesabaran ekstraMembutuhkan kesabaran ekstra

Bukan hal yang mudah awalnya, Kate mengaku sudah melewati trial and error beberapa kali untuk memproduksi sebuah video. Beberapa prosedur terasa aneh bagi Kate, salah satunya harus menggulung adonan hanya dengan menggunakan satu tangan. Dalam hal ini, untuk satu video berdurasi 90 detik, produksi film bisa berjalan sampai 3 jam tergantung resepnya. Wow!

Menariknya, makanan-makanan berukuran kecil tersebut juga dapat dimakan meskipun porsinya hanya untuk satu suap. Bahkan resep yang telah dibuat oleh Kate juga ditulis dan diproduksi di sebuah buku berjudul Tiny Cookbook yang uniknya juga dicetak dalam ukuran kecil. Bagaimana, tertarik mencobanya?

(kpl/TMD)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI